Ini 7 Fungsi Genset (Generator Set) yang Harus Kamu Tahu!

Pernahkah kalian membayangkan bagaimana jika di zaman yang modern ini kita hidup tanpa adanya listrik? Atau bagaimana jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik berkepanjangan oleh PLN? Di sinilah fungsi genset yang akan banyak membantu kita dalam kehidupan sehari-hari.

Sekarang, kebutuhan akan listrik menjadi sebuah hal yang utama. Bahkan, hampir setiap aktivitas yang dilakukan di kota membutuhkan yang namanya listrik. Maka, tidak sedikit orang yang membeli genset untuk berjaga-jaga ketika terjadi pemadaman.

Namun tahukah kalian apa itu genset dan fungsinya di kehidupan kita? Artikel ini akan membahas hal tersebut, simak!

Apa Itu Genset?

pengertian generator set
Apa itu generator set?

Generator set atau Genset adalah sebuah alat dengan generator listrik yang mampu mengubah energi mekanik menjadi listrik. Di dalam genset terdapat komponen seperti motor dan alternator yang akan membantu menjalankan kerjanya.

Biasanya, genset baru terasa manfaatnya saat terjadi pemadaman dan kalian bawa ke daerah yang tidak mempunyai sumber listrik. Namun, genset juga dapat dijadikan sebagai suplai energi utama dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Lantas apa saja fungsi genset di kehidupan kita?

Fungsi Utama Genset (Generator Set)

fungsi genset
Fungsi generator set (genset)

Berikut adalah fungsi genset yang perlu kalian ketahui:

1. Pemasok Listrik Utama di Daerah yang tidak Mempunyai Sumber Listrik

Ada suatu keadaan di mana kita harus bekerja atau mengambil proyek di daerah pedalaman. Yang mana daerah tersebut tidak mempunyai sumber listrik.

Maka, saat sedang pergi ke daerah tersebut, genset merupakan solusi. Karena genset menggunakan bensin/diesel sebagai bahan bakarnya. Maka genset bisa dinyalakan dimanapun khususnya daerah yang tidak mempunyai sumber listrik.

2. Sebagai Cadangan Listrik ketika terjadi Pemadaman

Pernahkah terjadi pemadaman listrik di daerah kalian? Meskipun hampir semua tempat mati, namun tempat seperti minimarket, mall, hotel dan rumah sakit tidak ikut mati. Karena, mereka menggunakan genset sebagai pembangkit listrik ketika terjadi pemadaman. Akibatnya sektor mereka dapat tetap berjalan dan berfungsi seperti biasanya.

Rekomendasi baca: Bagaimana cara genset bekerja?

3. Mengurangi Efek Pemadaman pada Aktivitas Ekonomi

Sebagai implikasi dari fungsi ke-2. Terbayang tidak, kalau misalnya sebuah toko es krim mengalami mati listrik. Berapa eskrim yang akan meleleh dan berapa kerugian dirasakan? atau mungkin rental PlayStation yang terdampak oleh pemadaman? Maka dari itu, fungsi genset yang satu ini untuk menjaga listrik tetap hidup. Terutama pada sektor-sektor ekonomi dan kritis agar tetap produktif dan bisa berjalan.

4. Sebagai Penambah Daya

Genset juga dapat berfungsi sebagai penambah daya pada kondisi yang memerlukan tegangan listrik lebih.

Misalnya, pada acara pernikahan yang diadakan di kawasan perumahan atau gang. Daya listrik dari rumah pastinya tidak akan mampu menanggung beban daya seperti sound system, alat masak, dan lampu-lampu. Maka dari itu persiapkanlah genset. Genset dapat menambah daya sehingga konsumsi listrik yang lebih banyak dari biasanya dapat tercukupi.

5. Pembangkit Daya pada Tempat Tinggal Seperti Rumah atau Apartemen

Fungsi genset yang satu ini mungkin relatif. Karena biasanya, konsumsi daya dari rumah kelas menengah tidak terlalu besar. Maka genset masih sanggup untuk menjaga agar listrik tetap hidup.

Lebih penting lagi jika sebuah rumah memiliki bayi atau orang tua. Pastinya banyak benda dalam kulkas atau barang elektronik yang harus tetap hidup. Inilah fungsi genset untuk berjaga-jaga ketika terjadi pemadaman sehingga mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

6. Mengubah Energi Mekanik menjadi Listrik

Genset tidak memerlukan colokan atau energi listrik lainnya. Karena genset bekerja dengan bahan bakar baik diesel maupun bensin. Sehingga ketika genset diberi bahan bakar dan alternator diberi tegangan, genset akan bekerja dan menghasilkan energi listrik yang bermanfaat bagi kehidupan.

7. Mencegah Kerusakan Komponen karena Listrik yang Mati Tiba-tiba

Terkadang, barang-barang elektronik tidak boleh mati dalam keadaan mendadak. Sebab, dapat menyebabkan baterai tidak awet atau komponen di dalamnya rusak.

Sehingga, ketika ada pemberitahuan bahwa akan terjadi pemadaman, rumah ataupun tempat-tempat yang memerlukan energi listrik mampu mempersiapkan genset lebih dulu.

Baca juga: Cara mengatur RPM genset

Ringkasan Kegunaan Genset

Sebagai pembangkit listrik yang merupakan hasil dari energi mekanik, genset mempunyai beberapa manfaat dalam kehidupan. Mengingat kita hidup di zaman yang serba elektronik dan memerlukan listrik sebagai sumber dayanya. Dari yang kami rangkum di atas, genset memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Sebagai pemasok listrik utama di daerah yang tidak memiliki sumber daya listrik.
  2. Pembangkit listrik ketika terjadi pemadaman
  3. Mencegah gangguan pemadaman pada sektor kritis.
  4. Penambah daya
  5. Pembangkit daya untuk tempat tinggal
  6. Mengubah energi mekanik menjadi listrik
  7. Mencegah kerusakan komponen elektronik

Tinggalkan komentar