Cara Kerja Mesin 2 Tak Menggerakkan Kendaraan – Dijamin Paham!

Mesin pembakaran dalam 2-tak menghasilkan tenaga lebih besar yang membuatnya populer di kalangan komunitas motor balap. Tetapi karena alasan seperti tidak ramah lingkungan, tipe mesin (two-stroke engine) ini pun sudah jarang diproduksi lagi. Cara kerja motor bakar 2 tak pada juga pada dasarnya adalah penyederhanaan dari motor bakar 4-tak, tidak heran jika desain mesin 2-tak lebih sederhana dari yang 4-tak.

Apa itu “tak”?

Banyak yang mengira kalau tak ini berkaitan langsung dengan performa mesin. Banyak orang yang membanding bandingkan motor bakar 2 tak dengan 4 tak berdasarkan kecepatannya. Padahal letak perbedaannya bukan di aspek kecepatan, melainkan pada proses engine untuk menyelesaikan satu pembakaran. Dengan kata lain, “tak” ini adalah proses yang engine butuhkan untuk menghasilkan power.

cara kerja mesin 2 tak
Cara kerja mesin 2 tak

Motor pembakaran dua-tak membutuhkan dua langkah/proses untuk bisa melakukan satu pembakaran (combustion). Hasil dari pembakaran ini akan mendorong piston (torak) untuk bergerak turun yang pada akhirnya diubah menjadi gaya putar untuk menggerakkan kendaraan. Mesin akan membutuhkan udara dan minyak (bensin) serta busi sebagai percikan agar pembakaran bisa terjadi.

Prinsip Cara Kerja Mesin 2 Tak

Berikut adalah cara kerja mesin pembakaran 2 tak secara mendetail dan dijamin sangat mudah untuk dipahami:

#Tak 1 – Kompresi dan Isap

tak 1 kompresi dan isap
tak 1 kompresi dan isap

Pada proses ini, piston akan bergerak dari bawah ke atas:

  1. Port masuk terbuka sehingga udara, bensin dan oli bisa masuk ke dalam mesin (bagian bawah)
  2. Piston bergerak ke atas dan mengkompres (menekan) campuran udara dan bensin yang sebelumnya sudah masuk
  3. Proses kompresi (compression) meningkatkan tekanan dan suhu campuran udara-bensin
  4. Busi akan memberi percikan pada campuran udara bensin yang terkompres
  5. Proses berlanjut di #tak-2

#Tak 2 – Pembakaran dan Buang

tak 2 pembakaran dan buang
Tak 2 pembakaran dan buang

Pada proses ini, piston akan bergerak dari atas ke bawah:

  1. Percikan dari busi menyebabkan terjadinya pembakaran dimana secara signifikan meningkatkan tekanan dan suhu udara
  2. Pembakaran mendorong piston ke bawah karena tekanan yang sangat kuat. Semakin kuat tekanan yang dihasilkan setelah pembakaran, maka semakin bertenaga mesin motor tersebut.
  3. Hasil pembakaran keluar dari mesin berupa asap. Pada saat yang sama, campuran baru udara-bensin mengisi ruang pembakaran menggantikan asap tadi melalui saluran samping
  4. Piston (torak) yang bergerak ke bawah kemudian memutar poros engkol (crankshaft)
  5. Putaran poros engkol ini kemudian menggerakkan kendaraan
  6. Piston bersiap bergerak ke atas lagi dan mengulangi proses #tak 1

Analogi biar paham!

  • Coba pikir, kalau campuran udara dan bensin ditempatkan di suatu wadah dengan komposisi yang pas (agar bisa terbakar,kalau komposisinya tidak pas, tentu tidak bisa terbakar), kemudian dipercikkan api? tentu akan terbakar!
  • Bagaimana jika campuran tersebut dikompres terlebih dahulu, kemudian dibakar? Terbakar dan daya bakar nya akan lebih besar, bahkan hampir seperti meledak
  • Kalau kalian meletakkan sesuatu di dekat ledakan, apa yang terjadi? Sesuatu tersebut akan terlempar karena daya ledak. Seperti itulah proses mesin pembakaran ini (internal combustion engine), karena adanya daya ledak dari pembakaran udara-bensin, maka piston (torak) di dalam mesin bisa didorong ke bawah dengan kekuatan dan kecepatan tertentu hingga pada akhirnya menjadi sumber tenaga dari kendaraan
  • Kalau kekuatan dari daya ledak (bakar) tidak begitu kuat, lantas bagaimana sampai menggerakkan kendaraan?
  • Karena itu, motor racing biasanya memakai mesin yang 2 tak. Tapi dampaknya pada lingkungan juga besar
  • Jika ada istilah yang kurang dipahami, misalnya “kompres”, kalian bisa memikirkan udara yang ada di dalam ban. Bayangkan partikel udara tersebut saling berhimpitan karena ditekan oleh ban. Bagaimana jika ban tersebut lebih ditekan? Tentu takanan udara dalam ban akan meningkat

Sebenarnya masih banyak istilah istilah yang berhubungan dengan termodinamika dalam kasus ini. Menulis semua istilah bisa saja membuat pembaca bingung. Cukup penjelasan yang bisa diterima oleh orang awam saja dulu.

Baca juga: Bagaimana Cara Kerja Mesin 4 Tak Pada Kendaraan? Penjelasan Mudah!

Pro Kontra Penggunaan Motor Pembakaran 2 tak

pembakaran dalam ruang bakar
pembakaran dalam ruang bakar

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari mesin 2 tak adalah sebagai berikut:

  • Tidak adanya sistem katup membuat mesin ini lebih ringan dengan mekanisme sederhana.
  • Lebih bertenaga karena proses pembakaran yang terjadi sekali dalam dua-tak. Tapi asap yang dihasilkan cenderung lebih banyak dan sangat tidak ramah lingkungan, karena itu beberapa negara berhenti memproduksi tipe mesin ini.
  • Lebih murah, tapi suaranya bising

Itu saja dulu untuk postingan kali ini. Semoga membuka wawasan dan bermanfaat.  Kalau ada pertanyaan tentang teori apapun dalam dunia per mesinan, langsung request dan tanyakan saja langsung via komentar yah!

Tinggalkan komentar