Breaking News

Perawatan Wajib Pada Mobil Saat Musim Hujan

      Langkah perawatan mobil yang wajib dilakukan saat mendekati musim hujan

Cara Merawat Mobil Saat Hujan – Hujan yang mulai turun di banyak kota jelas merupakan pertanda bahwa intensitas perawatan mobil harus ditingkatkan. Termasuk merawat mobil saat hujan.

Bukan tanpa alasan, mengingat saat musim hujan, masalah mobil biasanya muncul silih berganti.

Ini adalah kondisi yang harus Anda waspadai. Karena jika dibiarkan, kemungkinan mobil rusak lebih besar. Terutama pada bagian samping bodi yang mudah dibentuk oleh air hujan. Begitu juga dengan sistem rangka kendaraan berpotensi menimbulkan korosi.

Belum lagi hal-hal lain yang pasti erat kaitannya dengan status performa mesin mobil itu sendiri.

Oleh karena itu tak heran jika perawatan mobil saat musim hujan datang menjadi hal wajib yang tidak boleh ditinggalkan oleh pemiliknya.

Berikut ini Mas Sena akan memberikan langkah mudah dan tepat cara merawat mobil saat musim hujan. Berikut ulasan lengkapnya.

tps rawat mobil saat hujan

Tips perawatan saat musim hujan

  • Rutinitas cuci mobil
  • Gunakan silikon untuk memoles tubuh
  • Kaca mobil Polandia
  • Periksa dan bersihkan kaki-kaki kendaraan
  • Periksa ban dan roda
  • Tips perawatan saat musim hujan

Tidak perlu sering-sering ke dealer mobil, perawatan mobil di musim hujan bisa Anda terapkan secara mandiri di rumah dengan langkah yang tepat dan mudah. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

Rutinitas cuci mobil
Mencuci mobil merupakan langkah wajib yang harus Anda lakukan secara rutin saat musim hujan tiba.

Mengapa? Tentu saja, ada banyak alasan logis.

Salah satunya adalah pencegahan jamur pada eksterior mobil yang dapat menyebabkan jamur pada saat hujan.

See also  Cara Kerja NOS Di Mobil

Tidak sampai di situ, air hujan yang bersifat basa pun berpotensi mengurangi warna cat mobil.

Jika dibiarkan, kerak dan kotoran air hujan perlahan akan saling menempel dan memaksa untuk dibersihkan.

Karena itulah Anda harus selalu dan rajin mencuci mobil Anda. Tentunya dengan menggunakan sabun cuci mobil/motor khusus.

Hindari menggunakan bahan pembersih atau sabun lainnya. Ingatlah bahwa ini akan merusak cat mobil.

Jika tidak punya waktu, Anda juga bisa cukup mencuci mobil dengan air bersih tanpa sabun. Hanya segera keringkan dengan pengering atau chamois setelah dicuci secara menyeluruh. Karena jika air bilasan tidak bersih justru akan memicu timbulnya plak pada permukaan cat mobil Anda. Setelah Anda melakukan ini, akan sulit untuk membersihkannya nanti.

Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki intensitas penggunaan mobil yang tinggi di musim hujan, tidak dapat dipungkiri Anda harus sering-sering mencuci mobil, meskipun hanya mencuci dengan air bersih.

Karena merupakan tindakan preventif yang efektif untuk mencegah atau membatasi terjadinya atau mengurangi terjadinya permukaan cat body yang luntur atau berjamur akibat air hujan.

Gunakan silikon untuk memoles tubuh
Di sisi lain, cara melindungi tubuh dari air hujan adalah dengan rutin menyikat tubuh. Pemolesan bodi dengan silikon pada dasarnya adalah cara untuk melindungi cat.

Langkah pemolesan ini digunakan untuk menghilangkan noda membandel dan kotoran dari lapisan atas cat mobil, sekaligus untuk meningkatkan kilau, dan tentunya bertujuan untuk melindungi cat dari pengaruh lingkungan.

Dengan memoles mobil bisa dikatakan disini anda membuat pelindung untuk cat mobil agar tidak mudah berjamur atau luntur karena terkena air hujan.

Apalagi jika terkena lumpur. Tentu saja, masalah seperti itu bisa dikurangi dengan memoles bodi mobil. Jadi bisa dilakukan minimal seminggu sekali sebagai tindakan preventif atau untuk melindungi cat mobil dari perubahan lingkungan luar, termasuk dalam hal ini lumpur atau air hujan saat musim hujan.

See also  Berikut Penyebab Lampu Motor Mati dan Cara Mengatasinya

Kaca mobil Polandia

Maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan untuk merawat mobil Anda di musim hujan adalah membersihkan kaca depan.

Karena tidak bisa dipungkiri kaca mobil memiliki peran yang sangat penting dan penting dalam hal visibilitas.

Jika kaca terus menerus terkena air hujan, namun jarang dibersihkan, tentu akan menghalangi pandangan pengemudi saat mengemudikan mobil.

Salah satu solusi preventif yang dapat diterapkan adalah penggunaan penolak hujan. Sedangkan rain protector sendiri menjalankan fungsi lapisan yang melindungi permukaan kaca mobil dari jamur yang sering terlihat saat musim hujan.

Selain untuk merawat kaca, rain protection ini sangat memudahkan wiper untuk menyeka kaca untuk sementara saat ada debu atau hujan. Jadi jika Anda berkendara di saat hujan deras, Anda masih bisa dengan mudah melihat pemandangan di jalan.

cara merawat mobil

Periksa dan bersihkan kaki-kaki kendaraan

Tentu saja, saat hujan, mobil selalu berakhir di genangan air. Di beberapa tempat, mobil tidak bisa menghindari genangan lumpur. Komponen yang berpeluang tinggi terkena air adalah suspensi. Yang mana jika komponen ini dibiarkan, berdampak buruk pada penurunan kualitas suspensi.

Tanda-tanda masalah kaki mobil dapat dilihat dengan munculnya suara memekik saat mobil melewati jalan bergelombang.

Di satu sisi, kotoran seperti lumpur kemungkinan akan mengenai sisi kaki trailing mobil. Jika dibiarkan seperti ini, tenaga kaki akan terputus, terutama di bagian suspensi mobil yang akan kesulitan menavigasi medan bergelombang. Untuk itu, disarankan untuk mencuci kaki mobil saat mencuci mobil segera setelah digunakan untuk berkendara.

Setelah digunakan dalam hujan, disarankan untuk mencuci kaki mobil dengan air bertekanan tinggi.

Hal ini untuk memungkinkan kotoran atau lumpur yang lengket hilang setelah air mengalir.

See also  Kabar Berita Marc Marquez Terancam Pensiun

Periksa ban dan roda

Siapa sangka, ternyata dampak hujan yang menerpa jelas akan berdampak pada ban dan velg juga.

Dimana ada kemungkinan hujan atau lumpur masuk ke sisi ban kendaraan. Kegagalan untuk memeriksa ini akan menyebabkan ban kempes.

Hal ini jelas sangat merugikan Anda sebagai pengemudi. Ingatlah bahwa biasanya gejala kebocoran udara tidak langsung terjadi, tetapi kebocoran yang lambat atau lancar.

Dalam kasus seperti itu, disarankan untuk membersihkan atau mencuci ban, terutama di setiap sisi dan celah antara ban karet dan ban, dengan air. Untuk membersihkan lumpur atau kotoran yang menempel padanya. Jika kita cermati beberapa langkah di atas, sepertinya tidak terlalu sulit.

Ingatlah bahwa Anda hanya perlu melakukan beberapa tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Nah, itulah sekilas tentang cara merawat mobil saat musim hujan, yang bisa Anda terapkan secara proaktif untuk mengurangi kerusakan lebih lanjut akibat air hujan.

Check Also

The Mazda CX-60 Sports Coupe takes a virtual swing at the Lexus LC

The Mazda CX-60 Sports Coupe takes a virtual swing at the Lexus LC

caramesin.com – The Mazda CX-60 Sports Coupe takes a virtual swing at the Lexus LC, Mazda’s …