Mengapa Kita Perlu Menghemat Energi? Ini 7 Alasannya!

Pernahkah kalian terpikirkan bagaimana jika kita hidup tanpa air? Atau mungkin tanpa listrik? Pastinya akan merepotkan, ya. Namun tahukah kalian alasan sebenarnya mengapa kita perlu menghemat energi?

Perlu kita ketahui bahwa sumber energi di dunia ini ada dua. Yaitu sumber energi yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui. Keduanya harus kita atur penggunaannya dan sebisa mungkin menghemat energi yang ada.

Di bawah ini kami akan membahas apa alasan kalian harus menghemat energi yang ada beserta caranya.

Energi yang dapat diperbaharui dan tidak, apa bedanya?

energi terbarukan vs tak terbarukan
Energi terbarukan vs tak terbarukan

Sebelum membahas pentingnya menghemat energi, sangat penting untuk memahami perbedaan energi yang dapat diperbaharui dan yang tidak diperbaharui.

Energi yang dapat diperbaharui merupakan energi yang dapat pulih secara alami dan jumlahnya tidak terbatas. Jadi, energi ini akan terus ada selamanya. Oh ya, energi yang dapat terbarukan juga bisa kita temui di lingkungan sekitar, seperti;

Sedangkan energi yang tidak dapat diperbaharui adalah energi yang proses pembentukannya sangat lama. Biasanya berasal dari fosil hewan dan tumbuhan yang asalnya dari ratusan bahkan jutaan tahun lalu. Contoh dari energi yang tidak dapat diperbaharui adalah:

7 Alasan Mengapa Kita Perlu Hemat Energi

mengapa kalian perlu hemat energi
Mengapa kalian perlu hemat energi?

Setelah mengetahui perbedaan sumber energi yang terbarukan dan tidak terbarukan, kalian akan lebih mudah memahami alasan dibalik pentingnya penghematan energi. Berikut adalah alasan mengapa kalian perlu menghemat energi:

1. Pembentukannya Butuh Waktu yang Sangat Lama

Tahukah kalian bahwa listrik yang kalian pakai selama ini kebanyakan berasal dari fosil hewan (energi yang tidak dapat diperbaharui) yang umurnya ratusan juta tahun? Tentunya jika kalian terus menerus memakai energi tanpa henti, bahan bakar untuk menghasilkan energi tersebut akan habis. Sehingga butuh waktu yang sangat lama untuk kembali menggunakannya.

2. Mengurangi Polusi dan Pencemaran Tanah, Laut dan Udara

Tanpa kalian sadari dengan menghemat energi kita sudah berhasil mengurangi pencemaran tanah, laut dan udara. Pencemaran tanah berasal dari limbah-limbah hasil pembakaran batu bara dan pengambilan gas bumi. Lalu pencemaran laut berasal dari pengambilan minyak bumi yang biasa kalian pakai sebagai bahan bakar minyak atau bensin. Sedangkan pencemaran udara berasal dari gas hasil pembakaran batu bara yang mengeluarkan gas beracun.

3. Meminimalisir Biaya dan Pengeluaran

Selain mengurangi dampak kepada alam, menghemat energi juga membuat kita lebih hemat dan tidak mengeluarkan biaya berlebih. Terkhususnya untuk air, listrik dan bensin yang biasa kalian gunakan sehari-hari di dalam rumah.

4. Mencegah Terjadinya Kelangkaan di Kemudian Hari

Dengan menghemat energi di masa sekarang, secara tidak langsung kita telah menabung cadangan energi untuk masa mendatang. Hasilnya, generasi masa depan dapat menggunakan fasilitas yang sama seperti yang kita gunakan saat ini.

Baca Juga: Mengapa Kita Memerlukan Energi Alternatif?

5. Memperlambat Penipisan Atmosfer dan Pengasaman Air Laut

Selama ini, kita menggunakan bahan bakar yang bersumber dari minyak bumi untuk menjalankan mobil dan peralatan lainnya. Tahukah bahwa sebenarnya kita sudah menambah gas karbondioksia dan metana yang menyebabkan naiknya suhu bumi dan perubahan cuaca. Sehingga atmosfer menjadi tipis dan air laut mengasam.

6. Mengurangi Resiko Global Warming

Sebagai implikasi dampak di atas, menipisnya atmosfer akan menyebabkan global warming. Yang mana dampaknya sangat berbahaya bagi kehidupan di bumi. Yaitu panas bumi yang meningkat dan kenaikan permukaan air laut akibat mencairnya gletser.

Jika terus menerus terjadi global warming akan berdampak pada kepunahan makhluk hidup di bumi. Ini sebabnya kita harus mulai dari hal yang kecil dalam menghemat energi.

7. Menjaga Keseimbangan Ekosistem

Dalam sebuah ekosistem, tidak hanya manusia yang hidup namun juga hewan dan tumbuhan lainnya. Mereka juga perlu air dan energi lainnya untuk tetap hidup. Sehingga kita tetap perlu menghemat energi, yang tentunya berguna agar tetap bisa hidup berdampingan dengan makhluk hidup yang ada di bumi.

Kesimpulan

Selain memiliki dampak positif kepada alam, penghematan energi juga memberikan dampak positif kepada diri kita sendiri. Karena dengan menghemat energi artinya kalian juga menghemat biaya yang biasa kalian keluarkan sehari-hari, seperti untuk listrik, air dan bahan bakar.

Juga, dengan menghemat energi artinya kita telah menabung untuk generasi mendatang. Sehingga ekosistem bumi tetap terjaga kelestariannya dan juga mereka dapat menggunakan energinya.

Kebiasaan menghemat energi dapat kita lakukan seperti hal kecil dari rumah masing-masing. Bahkan bisa kalian praktekkan saat ini juga. Maka, mari menghemat energi untuk bumi yang lebih baik!

Tinggalkan komentar