4 Fungsi Kepala Silinder Dan Permasalahan yang Sering Terjadi

Fungsi kepala silinder bisa dikatakan sangat vital. Kepala silinder atau cylinder head bisa dibilang sebagai salah satu komponen utama mesin kendaraan. Sementara itu posisinya berada pada blok silinder yang diikat dengan menggunakan baut.

Kepala silinder sendiri merupakan komponen penutup blok silinder pada mesin kendaraan. Tugas utamanya adalah untuk menutup rongga silinder pada ruang pembakaran. Bahkan bisa dikatakan jika pembakaran pada mesin bisa terjadi berkat adanya cylinder head ini.

Sebagai pemilik kendaraan paling tidak penting untuk tahu hal se-urgen ini. Paling tidak tahu apa saja fungsi dan permasalahan yang sering dialami oleh komponen mesin yang satu ini. Terlebih lagi ada beberapa indikasi yang bisa dilihat jika ada permasalahan pada kepala silinder.

Fungsi Utama Kepala Silinder

kepala silinder
Gambar: kepala sislinder

Bisa dikatakan jika cylinder head (kepala silinder) merupakan komponen paling inti pada mesin kendaraan. Dinamakan cylinder head sebab posisinya berada di atas blok silinder. Dikatakan sebagai komponen paling inti pada mesin pastinya memiliki fungsi yang sangat penting. Pertanyaannya kemudian adalah apa sebenarnya fungsi kepala silinder ini?

1. Tempat Berlangsungnya Pembakaran

Fungsi utama dari kepala silinder adalah sebagai tempat berlangsungnya pembakaran pada mesin. Sebab ruang bakar pada mesin kendaraan memang terletak pada kepala silinder ini. Pada ruang bakar tersebut terjadi peledakan campuran udara dan bahan bakar yang membuat mesin kendaraan bisa berjalan.

Pada dasarnya bentuk dari ruang bakar sangat bergantung pada model serta jenis mesin itu sendiri. Tetapi umumnya dikenal ada tiga bentuk ruang bakar pada cylinder head. Pertama adalah tipe wedge. Kedua adalah tipe parabola. Dan yang ketiga adalah tipe segitiga.

2. Jalur Keluar Masuknya Material Kedalam Silinder

Fungsi kepala silinder yang kedua adalah sebagai tempat jalur masuk keluarnya material kedalam silinder. Hal ini disebabkan jika material yang dibutuhkan mesin kendaraan tidak hanya bensin saja. Tetapi ternyata juga membutuhkan udara.

Selain itu pada saat proses pembakaran sudah selesai, secara otomatis ada gas atau emisi dari sisa pembakaran. Nah, gas atau emisi ini harus dibuang. Kondisi inilah yang mengharuskan ada dua jalur di dalam cylinder head.

Itulah alasannya kenapa pada kepala silinder ada dua saluran yang mengarah ke samping. Pada saluran tersebut selanjutnya akan dipasang intake manifold dan exhaust manifold.

Intake manifold ini merupakan saluran lanjutan untuk udara bersih yang masuk ke mesin. Sementara itu exhaust manifold ini merupakan saluran lanjutan gas atau emisi kotor yang selanjutnya akan dibuang melalui knalpot kendaraan.

3. Tempat Kelengkapan Mekanisme Katup

Mekanisme katup dalam istilah lain sering disebut dengan valve train mechanism. Mekanisme katup ini fungsinya untuk mengontrol kapan udara masuk serta kapan gas sisa pembakaran dibuang. Atau dalam bahasa sederhananya kapan waktunya katup terbuka dan tertutup.

Komponen mekanisme katup sendiri bisa dikatakan berbeda-beda. Perbedaan tersebut sangat tergantung pada model kepala silinder yang digunakan. Contoh dari mekanisme katup misalnya saja seperti OHC (Over Head Cam), DOHC (Double Over Head Cam), OHV (Over Head Valve), dan lain sebagainya.

4. Tempat Pemasangan Busi

kepala silinder dan busi

Fungsi kepala silinder selanjutnya adalah sebagai tempat pemasangan busi. Busi sendiri bisa dikatakan memiliki fungsi yang cukup penting. Utamanya pada proses pembakaran.

Hal ini dikarenakan busi ini memiliki fungsi sebagai pemicu pembakaran yang ada di dalam ruang bakar. Nah, dikarenakan ruang bakarnya sendiri terletak di dalam cylinder head, maka secara otomatis busi pun dipasang di cylinder head juga.

Sebenarnya fungsi kepala cylinder head ini sangatlah beragam. Artinya tidak hanya sebatas itu saja. Namun jika berbicara mengenai fungsi utamanya, bisa dikatakan 4 fungsi yang sudah diulas di atas tadi.

Masalah Kerusakan Kepala Silinder yang Sering Terjadi

bentuk kepala silinder
Gambar: bentuk kepala silinder

Ada beberapa jenis kerusakan atau masalah yang sering dialami oleh cylinder head. Wajar saja sebab fungsi kepala silinder bisa dikatakan sangat vital pada mesin kendaraan. Berikut ini adalah beberapa permasalahan yang sampai membuat kepala silinder tidak berfungsi secara maksimal:

– Katup Mengalami Kebocoran

Permasalahan utama yang sering dialami oleh kepala silinder adalah terjadinya kebocoran pada katupnya. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh aus. Jika katup mengalami kebocoran umumnya tenaga mesin kendaraan menjadi berkurang.

– Kepala Silinder Memuai

Kepala silinder memuai ini seringnya disebabkan oleh mesin kendaraan yang terlalu panas. Ada beberapa faktor yang menyebabkan mesin kendaraan terlalu panas. Bisa jadi karena pendingin mesin sudah rusak. Atau bisa jadi disebabkan kekurangan air pendingin atau air radiator.

– Packing Bagian Kepala Silinder Rusak

Packing bagian kepala silinder rusak bisa disebabkan karana kepala silinder sudah berumur. Namun bisa juga disebabkan karena pemasangannya yang salah. Kerusakan ini bisa berakibat air dan oli menjadi tercampur.

– Kepala Silinder Retak

Kepala silinder sampai mengalami keretakan ini pun seringnya disebabkan oleh mesin kendaraan yang terlalu panas.

Itulah beberapa permasalahan atau kerusakan yang sering terjadi pada cylinder head. Pertanyaannya kemudian adalah bagaimana cara mengetahui jika komponen ini mengalami kerusakan?

Cara Mengetahui Kerusakan Kepala Silinder

kepala silinder rusak
Gambar: Cara Mengetahui Kerusakan Kepala Silinder

Fungsi kepala silinder yang begitu vital, membuat Anda harus selalu membuatnya dalam keadaan terbaik. Meskipun demikian, bukan tidak mungkin komponen ini mengalami kerusakan. Pertanyaannya, bagaimana cara mengetahuinya?

Sebenarnya ada beberapa indikasi yang bisa dijadikan patokan jika terjadi kerusakan pada kepala silinder. Misalnya saja seperti:

Performa Kendaraan

Jika tiba-tiba performa kendaraan Anda menurun, bisa jadi hal ini disebabkan karena ada permasalahan pada kepala silinder. Sebab keretakan pada kepala silinder memiliki pengaruh terhadap performa kendaraan. Yang umumnya ditandai dengan penurunan terhadap performanya. Bahkan di beberapa kasus mesin kendaraan sampai mati.

Minyak Bocor

Jika minyak yang ada pada kepala silinder bocor, besar kemungkinan komponen ini mengalami kerusakan. Umumnya kebocoran ini terjadi karena ada retak pada kepala silinder. Cara mengeceknya tinggal buka kap mesin lalu lihat kepala silindernya. Cek apakah ada kebocoran ataukah tidak.

Air Radiator Bocor

Untuk memastikan apakah kepala silinder rusak ataukah tidak bisa dengan cara seperti ini. Cek apakah ada kebocoran pada air radiator ataukah tidak. Jika ada kebocoran besar kemungkinan ada keretakan pada kepala silindernya.

Mesin Mengeluarkan Asap

Meskipun bisa dikatakan cukup jarang terjadi, namun ada beberapa kasus seperti ini yang terjadi. Yakni mesin mengeluarkan asap. Kondisi ini biasanya disebabkan karena kepala silinder mengalami keretakan. Karena retak, gas buangan yang seharusnya keluar melalui knalpot berubah melalui mesin.

Itulah beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai patokan apakah kepala silinder mengalami kerusakan ataukah tidak. Ingat, selalu periksa secara berkala. Jangan sampai ada kerusakan pada komponen penting ini. Mengingat fungsi kepala silinder yang bisa dibilang sangat urgen ini.

Tinggalkan komentar