Breaking News

Perawatan Motor Matic Baru yang Tepat Agar Awet

       Jelaskan cara merawat dan merawat motor matic yang baru dibeli dengan benar agar tetap dalam kondisi baik.

cara perawatan motor metik

Perawatan Motor Matic Baru – Perawatan kendaraan motor merupakan hal yang wajib dan penting dilakukan oleh setiap pemilik. Tak terkecuali sepeda motor matic yang menjadi idola masyarakat Indonesia.

Padahal, kondisi mesin matic ini perlu dijaga sejak pertama kali dibeli atau dalam kondisi baru. Karena akan mempengaruhi kondisi sepeda motor kedepannya.

Logikanya, jika pembelian pertama baik dan benar, kondisi dan performa mesin matic akan lebih tinggi. Di sisi lain. Jika pemeliharaan tidak mencukupi atau buruk, kinerja dan kualitas masing-masing komponen akan menurun efektivitasnya.

Oleh karena itu, perawatan sepeda motor matic baru sangat penting dan memegang peranan pertama dalam menjaga performa sepeda motor. Oleh karena itu, merawat mobil matic ini merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap pemilik mobil ini.

Sehingga banyak pemilik skutik ini yang masih belum paham bagaimana cara membeli konsep dan langkah teknis merawat skutik atau motor matic baru. Nah untuk lebih jelas dan lengkapnya mari kita simak langkah-langkah perawatan motor matic baru.

Perawatan Motor Matic yang baru dibeli

  • Berkendara dengan kecepatan konstan
  • Perlahan lepaskan throttle
  • Mesin selalu hangat di pagi hari
  • Hindari aplikasi rem mendadak
  • Servis rutin sesuai petunjuk
  • Hindari membawa beban
  • Periksa tekanan ban
  • Perawatan Motor Matic yang baru dibeli

Ada banyak yang bisa dikatakan untuk perawatan sepeda motor matic baru. Antara lain seperti ulasan yang Mas Sena ungkapkan di bawah ini.

See also  Jajal Mobil Ikonik James Bond, Lance Stroll dan Sebastian Vettel Minta Tambah Waktu

Berkendara dengan kecepatan konstan
Hal pertama yang harus dilakukan saat memulai langkah baru dalam perawatan sepeda motor matic adalah berkendara dengan kecepatan tetap.

Artinya, cobalah untuk mengendarai motor matic, titik kecepatan. Misalnya 40 km/jam maka cobalah untuk mencapai kecepatan maksimum pada titik tersebut.

Lakukan ini hingga interval servis rutin berikutnya yang direkomendasikan oleh pabrikan melalui manual.

Cara ini dimaksudkan agar mesin dapat mengatur gesekan antar komponen pada saat mesin bekerja.

Selain itu juga sebagai langkah kelancaran sirkulasi oli mesin untuk melumasi setiap lubang komponen mesin secara merata.

Pada tahap ini sebisa mungkin menghindari mengemudikan kendaraan bermotor dengan kecepatan di atas 40 km/jam, karena mesin masih dalam kondisi baru, tentunya perlu dilakukan penyetelan saat berjalan. Perlahan lepaskan throttle
Kedua, saat mengemudi dengan mesin otomatis yang baru dibeli, cobalah menstabilkan throttle.

Ini adalah perawatan sepeda motor matic baru, yang jelas sangat penting. Tentu saja, menarik throttle memiliki efek pada kecepatan mesin itu sendiri.

Jika siklus gas ditarik secara tiba-tiba atau tiba-tiba, maka akan merusak sistem mesin itu sendiri. Karena mesin masih dalam kondisi baru, gesekan putaran mesin cenderung menimbulkan goresan. Selain itu, jika kondisi oli tidak terlumasi dengan sempurna, setiap lubang dari bagian-bagian mesin.

Bagi Anda yang baru saja membeli mesin matic baru, maka sangat disarankan agar Anda selalu menjaga throttle tetap stabil saat berkendara.

Coba dorong perlahan sampai motor mur mulai berputar.

perawatan motor metik yang benar

Mesin selalu hangat di pagi hari
Maka perawatan mesin matic baru yang bisa dan harus Anda lakukan adalah selalu melakukan pemanasan mesin saat menggunakan mesin terutama di pagi hari.

Hidupkan mesin pada posisi rendah dan biarkan selama minimal 5 menit agar oli menyebar dengan cepat dan melumasi setiap bagian mesin itu sendiri. Cobalah untuk menghindari penggunaan motor starter untuk memanaskan mesin, karena perilaku seperti ini (jika mesin tidak dipanaskan) justru akan memicu pengurasan otomatis pada baterai mesin.

See also  Warna Kutek Atau Cat Kuku Yang Lagi Tren Di Tahun 2022

Lakukan hal ini secara rutin agar tenaga putaran mesin selalu mulus saat digunakan atau dikendarai.

Hindari aplikasi rem mendadak
Tidak hanya pengolahan, perawatan motor matic baru yang tidak lepas landas adalah memantau kondisi rem.

Usahakan untuk tidak terlalu sering menggunakan rem, terutama saat mengerem mendadak. Karena kampas rem cepat aus dan cakram cepat aus. Oleh karena itu, stabilkan kecepatan pada posisi stabil, tidak terlalu cepat, tetapi juga tidak terlalu lambat.

Lakukan ini selama bagian inreyen mesin otomatis Anda sehingga penyesuaian setiap bagian sempurna.

Ke depan, kondisi mesin akan lebih baik dan tidak menimbulkan kendala lebih lanjut.

Servis rutin sesuai petunjuk
Perawatan sepeda motor mobil baru yang harus Anda perhatikan dan lakukan adalah melakukan perawatan rutin secara rutin sesuai prosedur di buku manual.

Ini adalah cara atau langkah yang tidak boleh ditinggalkan oleh pemilik sepeda motor matic. Selain itu, kondisi mesin dalam kondisi baru, sehingga harus dilakukan servis pendahuluan.

Dari arti pentingnya, jelas dan tidak bisa dipungkiri bahwa kondisi mesin matic baru sangat perlu diservis secara berkala agar tetap terjaga.

Hindari membawa beban
Di sisi lain, hal perawatan mobil baru yang perlu dipertimbangkan adalah beban bantalan.

Dimana pada sepeda motor baru dengan matic, usahakan untuk tidak membawa kargo atau menggunakannya untuk berpergian. Sebisa mungkin di fase awal inreyen. Pasalnya, kondisi kaki-kaki atau suspensi mesin masih dalam keadaan penyetelan untuk menjaga kestabilan beban.

Selain itu, penting untuk diperhatikan bahwa mesin yang masih dalam kondisi tidak stabil tentunya membutuhkan penyesuaian. Ingatlah bahwa beban motor yang berat juga mempengaruhi kondisi motor, yang juga memerlukan penyesuaian.

See also  Lagu 'Hurdle' Suho EXO Bakal Diputar di Acara Imagine Show Dubai

Jadi saat ini, modifikasi diperlukan pada tahap ini untuk memungkinkan mesin beradaptasi ketika mesin membawa beban berat.

Periksa tekanan ban

Hal kedua yang harus dilakukan dalam proses perawatan sepeda motor matic baru adalah selalu menjaga tekanan angin ban. Pastikan tekanan ban dalam kondisi standar atau sesuai standar pabrikan. Tidak terlalu kaku tapi tidak terlalu rendah.

Tidak hanya itu, kondisi tekanan ban yang selalu terjaga juga menjamin kestabilan berkendara, sehingga mesin juga berjalan lebih lancar.

Ini jelas merupakan salah satu langkah terbaik untuk membuat putaran mesin otomatis lebih menarik dan nyaman.

Dari sekian banyak langkah diatas, jika dilakukan dengan baik dan benar maka langkah perawatan mesin otomatis baru yang tertera diatas akan membuat kondisi mesin menjadi lebih baik dan tentunya lebih stabil kedepannya. Tidak akan berhenti dengan memperhatikan perawatan awal, ketika mesin sangat kotor, kedepannya kondisi mesin otomatis tidak akan mudah rusak, terutama beberapa bagian dapur pengganti.

Berikut adalah beberapa langkah teknis untuk merawat motor matic baru Anda yang perlu Anda bayar untuk menjaga skuter Anda dalam kondisi baik. Semoga ulasan tips mobil Mas Sena ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

Check Also

semut

Beberapa Bumbu Dapur Ini Bisa Untuk Mengusir Semut di Rumah Anda

caramesin.com – Semut Bersarang di Rumah Auto Minggat, Cuma Taburkan 1 Bahan Dapur Ini, Ampuh …