Apa itu Dehumidifier, Fungsi dan Harganya? Ini 5 Rekomendasi Buat Kamu!

Permasalahan yang kerap terjadi di negara tropis adalah tingginya tingkat kelembaban udara. Masalah seperti ini terkadang diabaikan oleh banyak orang. Padahal, kelempaban udara yang tidak terkontrol dan terlampau tinggi berpotensi mengakibatkan tingginya aktivitas mikroorganisme seperti bakteri dan jamur.

Bahkan, dilansir dari Health and Wellness Alerts, kerusakan bagian rumah yang disebabkan oleh air, lantai yang lembab, bekas-bekas jamur di dinding bisa akibatkan penyakit rinosinusitis kronis. Penyakit tersebut ditandai oleh peradangan kronis di sinus dan adanya pertumbuhan polip di hidung meski tidak terasa nyeri.

Untuk mengatasi masalah tersebut, banyak orang kemudian melirik suatu alat yang dinamakan dehumidifier. Secara sekilas, konsep alat ini adalah membuat udara di rumah jadi lebih kering, sehingga masalah kelembaban udara bisa teratasi.

Penjelasan lengkap tentang dehumidifier akan kami bahas dalam artikel ini. Pastikan Anda tahu apa fungsi lengkap dan harganya setelah membaca tulisan ini.

Pengertian Dehumidifier

Dehumidifier adalah alat yang digunakan untuk menurunkan tingkat humidifikasi (kelembaban) dari udara. Kelembapan sendiri bisa didefinisikan sebagai jumlah kadar air yang terdapat pada udara. Banyak orang yang salah kaprah menganggap alat ini sama dengan humidifier. Padahal keduanya memiliki kontras yang sangat jelas. Humidifier merupakan alat yang berfungsi untuk meningkatkan kelembaban udara, sementara dehumidifier adalah kebalikannya.

Perbedaan Dehumidifier dengan Air Purifier

fungsi Dehumidifier
Infografis fungsi Dehumidifier

Air purifier difungsikan sebagai alat pembersih udara. Alat ini digunakan untuk mengatur sirkulasi udara dalam ruangan. Jadi jika Anda berada di dalam ruangan yang banyak debu, ataupun Anda memiliki penyakit asma dan alergi debu, maka air purifier adalah solusi yang tepat.

Namun berbeda halnya, jika rumah/ruangan yang Anda tempati sekarang ini, terkesan terlalu lembab. Bahkan membuat kondisi ruangan terlihat lebih dingin dari biasanya, dikarenakan udara yang lembab tadi. Maka dehumidifier adalah pilihan yang tepat.

Karena jika dibiarkan, udara lembab bisa mengakibatkan kerusakan pada furnitur yang berbahan kayu, buku-buku, bahkan pada pakaian sekalipun. Berbeda dengan di kawasan negara yang memiliki 4 musim, udara lembab ini sering terjadi pada negara yang beriklim tropis, seperti Indonesia. Dengan alasan itu pula, mengapa akhirnya para ahli menyimpulkan, bahwa dehumidifier lebih cocok untuk digunakan di Indonesia. Dibandingkan dengan humidifier.

Apa Fungsi Dehumidifier?

Secara umum, fungsi utama dari dehumidifier adalah untuk mengurangi kelembaban, tetapi ada beberapa fungsi turunan lain yang bisa Anda dapatkan. Diantaranya :

  • Fungsi dehumidifier yang paling penting yaitu untuk mengurangi kemungkinan tumbuhnya beragam jamur dan bakteri dalam ruangan.
  • Mengurangi tingkat alergi pada orang yang tidak tahan udara lembab, maupun saluran pernapasan karena udara lembab.
  • Mengurangi iritasi pada kulit, yang biasa disebabkan oleh udara yang terlalu lembab.
  • Selain yang telah disebutkan diatas, fungsi dehumidifier yang lainnya yaitu bisa membuat sayuran, buah-buahan dan bahan makanan lainnya menjadi lebih awet dan tetap fresh.
  • Menghindari kerusakan pada furnitur kayu, buku dan pakaian, yang biasanya terjadi dikarenakan tungau dan kutu yang banyak berkerumun, pada ruangan dengan suhu dan udara yang lembab.
  • Bagi Anda yang kerepotan dalam mengeringkan pakaian saat musim hujan. Dehumidifier adalah pilihan yang tepat untuk mengeringkan pakaian. Hal ini tentunya, dikarenakan dengan komponen pengurang udara lembab yang ada pada alat ini, bisa digunakan untuk mengeringkan pakaian, dan yang lainnya.

Dari fungsi dehumidifier diatas, bisa disimpulkan bahwa alat ini bukan hanya sekedar mengurangi kelembaban pada udara saja. Namun fungsinya menjadi lebih kompleks dengan mengurangi dan menghindari segala sesuatu yang biasanya terjadi, karena adanya udara yang terlalu lembab tersebut.

Baca juga: Bagaimana cara kerja dehumidifier? simak

Rekomendasi Dan Harga Dehumidifier Terbaik

Saat ini, ada banyak dehumidifier dengan banyak dijual di pasaran. Dimana dehumidifier ini dijual dengan brand dan harga dehumidifier bervariasi. Sebagai referensi, berikut ini akan kami berikan rekomendasi mengenai brand-brand dehumidifier terbaik, berikut harganya. Diantaranya :

1. Xiaomi Deerma Electric Mini Dehumidifier, DEM-CS90M

Xiaomi Deerma Electric Mini Dehumidifier, DEM-CS90M
Electric Mini Dehumidifier, DEM-CS90M. Source: shopee

Dehumidifier mini dengan brand Xiaomi Deerma Electric Mini Dehumidifier DEM-CS90M bisa digunakan untuk membuat bahan makanan seperti kacang-kacangan, beras dan yang lainnya bisa bertahan lama dan tetap awet. Tentu ini sangat bermanfaat bagi ibu rumah tangga yang ingin bahan makanannya tetap awet.

Harga Dehumidifier ini dibanderol sekitar 220 ribu hingga 400 ribu rupiah. Dengan kapasitas sekitar 0,15 liter dan ukuran sekitar 20,6 cm x 7,5cm x 7,5cm. Memungkinkan Anda bisa menyimpan alat ini di atas lemari dapur, ataupun di tempat lain, yang tidak membutuhkan tempat penyimpanan dengan kapasitas besar. Bukan itu saja, alat ini memiliki fitur tambahan berupa sensor infra merah dan memiliki cakupan area hingga 5 meter persegi.

2. Electron Dehumidifier Air Dryer

Invitop Mini Home Dehumidifier T8
Invitop Mini Home Dehumidifier T8. Source: Bangood

Dehumidifier lainnya yang bisa menjadi pilihan yaitu Electron Dehumidifier Air Dryer. Sama halnya dengan Xiaomi Deerma Electric Mini Dehumidifier, alat ini adalah jenis penurun kelembaban udara yang berukuran kecil.

Kapasitas alat ini hanya sebesar 0,5 liter cakupan area sekitar 10 hingga 20 meter persegi, dan ukuran 16cm x 12cm x 21cm. Dehumidifier ini bisa diletakkan diatas meja maupun di atas lemari.

Bukan itu saja, dehumidifier ini terbilang tidak boros listrik. Karena dalam pengoperasiannya, dehumidifier ini hanya memerlukan tenaga listrik sebesar 22 watt saja.

Dengan harga dehumidifier sekitar Rp 651.899,- hingga Rp751.000,- ini, Electron Dehumidifier Air Dryer ini dirancang dengan beberapa fitur tambahan. Seperti adanya fitur low noise, serta beberapa fitur lainnya.

3. Invitop Mini Home Dehumidifier T8

Invitop Mini Home Dehumidifier T8
Invitop Mini Home Dehumidifier T8. Source: Shopee

Apakah Anda menginginkan dehumidifier yang multifungsi ? Mungkin dehumidifier dari Invitop Mini Home Dehumidifier T8 ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda. Karena dehumidifier dengan brand ini memiliki kemampuan untuk mengekstrak kelembaban udara hingga 300 ml per hari.

Selain itu, dengan kapasitas penyimpanan hingga 0,7 liter dan cakupan area hingga lebih dari 15 meter persegi. Alat ini termasuk dehumidifier yang irit listrik dan juga tidak mengeluarkan suara bising ( low noise ). Bukan itu saja, dengan ukuran sekitar 16,3 cm x 10,7 cm x 26,7cm, memungkinkan alat ini bisa ditempatkan di tempat-tempat yang tidak memerlukan tempat penyimpanan yang luas.

Keunggulan lainnya dari alat ini yaitu bisa mengubah bau tidak sedap yang ada dalam ruangan menjadi udara yang lebih segar. Untuk harga dehumidifier ini yaitu sekitar Rp 1.347.000,-. Anda bisa mendapatkan alat ini, di tempat-tempat penjualan dehumidifier yang ada di seluruh Indonesia.

4. Notale Dehumidifier NTL-DH1

Notale Dehumidifier NTL-DH1
Notale Dehumidifier NTL-DH1. Source: Shopee

Dehumidifier jenis ini adalah alat yang bisa menurunkan kelembaban udara yang bisa digunakan untuk menemani tidur Anda. Bahkan bisa membuat Anda tidur dengan lebih nyenyak.

Mengapa bisa disebut demikian?

Karena dehumidifier jenis ini dilengkapi dengan fitur night light. Sehingga membuat tidur Anda menjadi lebih nyaman. Selain itu, dehumidifier ini juga dilengkapi fitur ultra quite, yang membuat Anda bisa tertidur pulas, tanpa terganggu suara bising.

Karena alasan itu pula, Notale Dehumidifier NTL-DH1 ini memang sangat cocok jika diletakkan di kamar tidur Anda. untuk harganya sendiri, dehumidifier dengan brand ini dibanderol dari mulai harga Rp 749.000,-.

Selain fitur-fitur tersebut, dehumidifier dengan ukuran sekitar 14,6 cm x 14,6 cm x 22,6cm ini juga dilengkapi dengan fitur tambahan lainnya. Seperti fitur auto off dan juga fitur auto defrost. Sementara kapasitas yang dimiliki yaitu hingga 0,6 liter dan cakupan area hingga 15 meter persegi.

5. Dehumidifier sultan: Krisbow Dehumidifier 105l Swivelwheel

dehumidifier krisbow
Gambar: Dehumidifier krisbow

Kelebihan dehumidifier krisbow ini adalah lebih mudah untuk dioperasikan dan suara yang ditimbulkan kecil sehingga lebih tenang. Fitur yang disediakan oleh brand ini mulai dari kontrol secara elektronik, LED display with push button, mudah dipindahkan dengan caster dan air filter yang dapat dicuci.

Kapasitas dehumidifying  105L/day (30 Deg C RH 80%)65L/day (27 Deg C RH 60%), supply power 220-240V/50 Hz, konsumsi listrik 1160 W, Noise Level: 60 dB, temperatur: 5-35 Deg C, berat: 51 kg. Harga dehumidifier krisbow ini sekitar 16 jutaan (harga sultan). Tapi harga tentu datang dengan kualitas.

Itu dia beberapa informasi seputar dehumidifier. Dari penjelasan diatas, kiranya Anda sudah memperoleh gambaran lengkap tentang alat serbaguna ini. Selain dari 5 produk yang direkomendasikan, masih banyak kok brand dehumidifier lainnya yang tidak kalah bagus dan terjangkau, seperti dehumudifier brand sharp dan lainnya.

Dehumidifier adalah alat yang cocok Anda miliki di negara tropis seperti Indonesia. Membantu mengurangi kelembaban, dan menyehatkan lingkungan Anda.

Tinggalkan komentar