Kulkas Merk AQUA Bagus Tidak? Ini Kelebihan Dan Kekurangannya!

Dalam memilih kulkas, pastinya kita harus mempertimbangkan beberapa hal. Antara lain ukuran, build quality, harga, konsumsi daya dan fitur yang ada. Begitu juga dengan tampilan dan desain kulkas.

Beberapa waktu lalu kita telah banyak membahas kelebihan dan kekurangan  kulkas Aqua dari berbagai macam tipe. Pastinya bukan tanpa alasan, kulkas Aqua memang sedang laris manis di pasaran dan mampu bersaing dengan beberapa merk besar seperti LG, Samsung dan Panasonic.

Lalu pasti muncul pertanyaan, apakah kulkas merk Aqua bagus dan worth it? Untuk menemukan jawabannya, kalian bisa melihat kelebihan dan kekurangan kulkas Aqua berikut, simak yuk!

Kelebihan Kulkas Brand Aqua

kelebihan kulkas AQUA
Kelebihan kulkas AQUA

Berikut adalah beberapa keunggulan umum dari kulkas AQUA:

1. Kapasitas yang luas dan ruang penyimpanan yang beragam

Ketika anda membeli kulkas Aqua, tidak perlu takut jika ruang penyimpanannya sempit. Karena kebanyakan kulkas Aqua menyediakan ruang penyimpanan yang cukup luas baik di kulkas 1 pintu maupun kulkas 2 pintunya.

Selain itu, di dalam kulkas Aqua juga terdapat rak penyimpanan dengan beragam fungsi. Mulai dari chiller yang terpisah, vegetable box yang luas, tempat telur, hingga box untuk menyimpan obat-obatan dan kosmetik.

2. Fitur yang beragam

Soal fitur dan teknologi, kalian juga tidak perlu meragukan teknologi dari Aqua. Kulkas Aqua sudah memiliki berbagai macam teknologi yang akan membantu kalian dalam mendinginkan sesuatu. Seperti Full Insulation, ruang penyimpanan anti-bau, pengaturan pendinginan dan juga teknologi no-frost yang membuat freezer kalian mendinginkan tanpa adanya bunga es.

3. Konsumsi daya yang rendah

Aqua juga cukup paham dengan bagaimana cara agar tagihan listrik anda tidak membengkak di akhir bulan. Karena, kebanyakan dari kulkas Aqua sudah berteknologi inverter yang membuat konsumsi dayanya lebih awet.

Selain itu, ada juga kulkas Aqua yang menyematkan teknologi AFS (Active Fresher Sensor). Teknologi ini berfungsi untuk mendeteksi suhu dalam kulkas dan makanan tidak terus menerus didinginkan.

4. Merk dan nama yang sudah besar dari pendahulunya

Asal usul nama Aqua mungkin masih terdengar awam bagi sebagian orang. Namun, Aqua merupakan nama baru dari Sanyo yang baru berubah nama pada tahun 2015. Ditambah lagi, Sanyo merupakan produsen elektronik asal jepang yang sudah ada sejak tahun 1950. Jadi, tidak perlu meragukan Aqua soal teknologi dan nama besarnya.

5. Build Quality Eksterior yang baik

Sekalipun di lini terjangkaunya seperti AQR D191 dan AQR D181, kulkas Aqua tetap menghadirkan produk dengan design dan build quality yang baik. Jika diperlukan, bagian atasnya juga sudah terdapat table top untuk menaruh barang kalian.

Bagaimana dengan bagian dalamnya? Kulkas Aqua juga sudah menyematkan tray dengan bahan tempered glass pada setiap lininya, yang lebih kuat dari plastik biasa dan lebih mudah untuk membersihkannya.

6. Garansi yang panjang

Di setiap produk kulkasnya, Aqua menyertakan garansi 7 tahun yang mana itu sangatlah panjang. Jika terjadi kerusakan, Aqua juga akan mendatangkan teknisi ahli untuk segera memperbaiki kulkas anda. Kemudian, jika produk anda rusak total dan tidak bisa diperbaiki oleh teknisi, anda bisa minta pengembalian produk dan segera ditukar dengan yang baru.

Baca juga: Prinsip Cara Kerja Kulkas 2 Pintu: Sama Dengan Kulkas 1 Pintu?

Kekurangan Kulkas Merk Aqua

kekurangan kulkas AQUA
Kekurangan kulkas AQUA

Sebagai counter dari keunggulan yang telah dipaparkan sebelumnya, berikut beberapa kekurangan kulkas Aqua yang harus dipertimbangkan:

1. Keluhan muatan listrik berlebihan dan menyetrum penggunanya

Dilansir dari laman mediakonsumen.com, banyak keluhan bahwa produk mereka menyetrum dan memiliki panas berlebih. Ini biasa pada terjadi karena beberapa produk elektronik sebenarnya memang memerlukan grounding atau pembumian.

Grounding diperlukan agar muatan listrik di dalam kulkas dapat dialirkan ke tanah. Sehingga tidak terjadi tegangan yang bocor sampai ke badan kulkas. Perlu dicatat, semahal apapun produknya, grounding merupakan hal yang wajib saat anda menginstalasi kulkas di rumah kalian.

2. Bunyi kompresor dan kipas yang cukup berisik serta freezer yang kurang dingin

Masih dari laman yang sama, banyak juga konsumen yang mengeluhkan bahwa kompresor kulkas dan kipas freezer sangat berisik di malam hari. Bahkan ada beberapa yang mengeluh bahwa esnya tidak membeku dan bahan makanan mereka membusuk.

Solusi datang dari seorang pengguna yang mengatakan hal itu terjadi karena gesekan dari material es yang menempel pada sekitar kipas. Kemudian, es yang membeku berasal dari isi freezer terlalu penuh dan menghalangi sirkulasi udara dingin.

Ini banyak terjadi karena teknologi no-frost menggunakan dry ice menyebarkan udara ke semua ruangan. Beda dari teknologi bunga es yang pembekuan esnya terjadi di dinding kulkas.

Sebagai solusi agar lebih dingin, coba untuk membersihkan bagian lubang untuk penutup kipas dan juga karet pintunya. Serta tunggu lebih lama agar fitur full insulationnya bekerja dengan baik.

3. Di beberapa kasus layanan purna jual Aqua lumayan mengecewakan

Selain masalah dari produknya, kekurangan juga datang dari Customer Service dan layanan teknisi dari Aqua.

Banyak yang mengeluhkan bahwa teknisi yang datang sangatlah lama. Lalu beberapa oknum dari customer service juga menjawab keluhan pelanggan dengan kurang mengenakan atau terkesan “jutek”.

Baca juga:

Spesifikasi, Kelebihan Dan Kekurangan Kulkas AQUA AQR D270
Spesifikasi, Kelebihan Dan Kekurangan Kulkas AQUA AQR D251
Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Kulkas AQUA AQR D240

Kesimpulan: Apakah Kulkas AQUA Worth It?

Pastinya, bagus atau tidaknya suatu merek itu bersifat relatif dan tergantung bijak atau tidaknya kalian dalam menggunakan produk kulkas dari merek masing-masing.

Jadi, bagaimana dengan pertanyaan kulkas Aqua bagus tidak? Jika anda mencari kulkas dengan fitur yang berlimpah, hemat konsumsi daya, design yang keren dan ruang penyimpanan yang luas, kami sangat merekomendasikan kulkas ini. Overall, kulkas brand AQUA terbilang bagus.

Namun, kelebihan tersebut tidak lepas dari kekurangan dan solusi dari permasalahan yang telah kami sebutkan di atas. Karena memang, setiap merk pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kita hanya bisa berharap bahwa keluhan yang ada dapat sampai ke merk Aqua agar segera memperbaiki kekurangan yang ada.

Atau jika anda takut akan layanan after sales Aqua yang mengecewakan, anda bisa membeli kulkas dari merk ternama namun dengan harga yang sedikit lebih mahal. Seperti LG, Samsung, Panasonic atau Sharp. Ada juga pilihan dengan harga yang lebih murah dan buatan lokal seperti Polytron dan Sanken.

Sumber Referensi:

Aquajapanid.com

https://m.facebook.com/aquajapanid/photos/a.1776290132590676/1968993123320375/?type=3&locale2=ko_KR

https://mediakonsumen.com/2019/03/28/surat-pembaca/aftersales-kulkas-aqua-japan-mengecewakan

Tinggalkan komentar