Refrigerator Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

Refrigerator adalah salah satu perabot rumah tangga yang paling populer. Di Indonesia, produk ini biasa disebut dengan nama kulkas atau lemari es.

Sejak zaman Belanda, perabot tersebut sudah masuk dan digunakan oleh masyarakat setempat. Hingga kini pun, jumlah kepemilikan refrigerator terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Bahkan pada tahun 2020 yang lalu, salah satu brand kulkas ternama, Sharp, mencatatkan pertumbuhan penjualan hingga 20% di tengah pandemi covid-19.

Apa sebenarnya definisi refrigerator ini? Dan apa saja fungsi serta tipe-tipenya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Refrigerator Adalah? Ini Kata Para Ahli

pengertian refrigerator
Apa itu refrigerator?

Berikut beberapa definisi refrigerator berdasarkan penuturan para ahli:

  • Collins Dictionary. Refrigerator sebagai sebuah kontainer besar yang bisa mempertahankan suhu dingin di dalamnya menggunakan listrik sehingga makanan dan minuman tetap segar.
  • Amrit Kumar. Refrigerator merupakan sebuah perabot pendingin yang bekerja dengan menghilangkan panas dengan menggunakan pompa panas sehingga bagian dalamnya bersuhu lebih rendah dari temperatur ruangan.
  • Degeng dan Santoso. Lemari es adalah salah satu alat rumah tangga yang dipakai sehari-hari untuk menyimpan makanan agar tetap segar.
  • Christian James, Stephen James, dan Onarinde. Pengertian refrigerator adalah perabot rumah tangga yang hampir selalu ditemukan di tiap rumah di negara maju untuk menyimpan makanan dingin.
  • Saputra, Sari, dan Mesran. Kulkas atau lemari pendingin ialah alat rumah tangga elektrik yang menggunakan proses pendingin untuk mengawetkan makanan.

Berdasarkan definisi dari para ahli tersebut, bisa dikatakan bahwa refrigerator atau kulkas adalah sebuah perabot rumah tangga yang dijalankan dengan listrik untuk menjaga makanan serta minuman dalam kondisi dingin dan segar dengan cara memompa panas keluar.

Struktur kulkas sendiri umumnya bisa dibagi menjadi beberapa bagian, yakni freezer, kompartemen penyimpanan, crisper atau kotak paling bawah, rak telur, hingga tempat botol. Berdasarkan suhunya, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat menyatakan bahwa bagian freezer harus bersuhu -17 derajat celcius sedangkan bagian non freezer idealnya bersuhu 4 derajat celcius.

Fungsi Refrigerator

fungsi refrigerator
Fungsi penting refrigerator

Secara umum, terdapat 2 alasan utama mengapa orang membeli kulkas, yakni untuk mendinginkan dan membekukan makanan. Selebihnya akan dijelaskan di bawah ini:

1. Mendinginkan

Proses pendinginan pada kulkas akan membantu mengawetkan berbagai jenis makanan dan minuman. Sayur, buah, dan berbagai macam kue bisa bertahan selama berhari-hari tatkala disimpan dalam lemari ini.

Contohnya saja apel yang bisa bertahan hingga 6 minggu bila disimpan di kulkas. Sedangkan bila tidak disimpan di kulkas, apel hanya bisa bertahan selama 1 minggu.

Fungsi pendinginan juga bisa membuat beberapa makanan dan minuman terasa lebih lezat. Misalnya saja puding, es buah, hingga mousse yang akan terasa enak setelah didinginkan.

2. Membekukan

Selain memiliki fungsi pendinginan, kulkas juga memiliki fungsi pembekuan. Manfaat tersebut bisa Anda dapati di bagian freezer-nya.

Umumnya, orang-orang memanfaatkan freezer untuk membekukan daging, ikan, hingga beberapa jenis makanan yang mudah membusuk. Namun di luar itu, freezer juga bisa digunakan untuk membuat es batu dan beberapa makanan beku lainnya.

Jenis-Jenis Refrigerator

Hingga hari ini tersedia sangat banyak pilihan kulkas. Varian brand, harga, hingga ukuran yang beragam bisa Anda dapati di pasaran. Menurut desainnya sendiri, pada umumnya kulkas bisa dibedakan menjadi tipe-tipe di bawah ini.

1. Kulkas Mini

refrigerator mini
Refrigerator mini

Kulkas mini sebagaimana namanya merupakan refrigerator yang bentuknya paling kecil. Acap kali, tipe ini hanya bisa mendinginkan karena tidak dilengkapi dengan freezer. Meskipun demikian, ada juga beberapa varian yang sudah dilengkapi dengan freezer dan bahkan memiliki 2 pintu.

Kulkas mini cocok bagi mereka yang memiliki dapur kecil atau hidup berpindah-pindah. Selain itu, jenis ini juga bisa digunakan sebagai fasilitas tambahan untuk mereka yang membuka stand minuman hingga usaha guest house.

2. Top Freezer 1 Pintu

top freezer refrigerator 1 pintu
Refrigerator model top freezer

Kulkas 1 pintu dengan freezer di bagian atas merupakan pilihan yang ramah di kantong. Varian ini juga telah menyediakan 2 fungsi kulkas yang paling fundamental, yakni fungsi pendingin dan fungsi pembekuan.

Namun kulkas 1 pintu juga memiliki kekurangan. Selain ukurannya yang masih mungil, kulkas 1 pintu juga selalu menghasilkan bunga es. Dus, pemilik harus senantiasa membersihkan bunga es secara berkala sebab tidak ada sistem defrost yang bersifat otomatis.

3. Top Freezer 2 Pintu

top freezer 2 pintu
Tipe top freezer 2 pintu

Top freezer 2 door refrigerator adalah tipe kulkas yang memisahkan antara bagian freezer dengan non freezer. Jadi, meski sama-sama menempatkan freezer di bagian atas seperti kulkas 1 pintu, namun tipe ini memiliki struktur yang berbeda.

Selain itu, tipe ini juga memiliki suatu sistem khusus untuk mencegah pembentukan bunga es. Dengan beberapa keunggulan tersebut, harga kulkas 2 pintu biasanya lebih mahal dibanding yang 1 pintu.

Baca ulasan tentang refrigerator double door:

4. Bottom Freezer

bottom freezer refrigerator
Bottom freezer refrigerator

Dengan desain non konvensional, bottom freezer adalah tipe yang mulai populer belakangan ini. Peletakan freezer di bagian bawah sendiri dilakukan supaya kulkas lebih nyaman digunakan terutama bagi mereka yang berpostur tubuh tinggi.

Pengguna tidak perlu membungkuk-bungkuk ketika mencari bahan makanan. Namun dari segi harga, tipe ini jelas lebih mahal dibanding 3 varian sebelumnya.

5. Side by Side

side by side refrigerator
Side by side refrigerator

Side by side refrigerator adalah kulkas yang memiliki struktur bukaan pintu sebagaimana almari biasa. Bagian kulkas terbagi menjadi 2 secara vertikal.

Satu sisi merupakan freezer sedangkan satu sisi yang lain adalah kompartemen penyimpanan. Meskipun secara desain menarik, namun area penyimpanan kulkas biasanya lebih kecil. Pengguna yang cocok dengan tipe kulkas ini adalah yang memerlukan freezer dalam ukuran lebih besar.

6. Counter Depth Refrigerator

Counter Depth Refrigerator
Counter Depth Refrigerator

Kebanyakan kulkas memiliki ukuran lebar 75 cm. Sedangkan kebanyakan kabinet dapur memiliki ukuran lebar 60 hingga 62,5 cm. Perbedaan ukuran ini membuat kulkas terlihat tidak sinkron ketika diletakkan bersebelahan dengan furniture dapur tersebut. Alhasil, estetika dapur terlihat kurang.

Untungnya, masalah ini teratasi dengan keberadaan counter depth refrigerator. Lebar kulkas didesain setara dengan lebar kabinet dapur sehingga membuatnya bisa diletakkan dalam 1 garis lurus dengan mebel tersebut.

Baca juga: Kulkas Merk AQUA Bagus Tidak? Ini Kelebihan Dan Kekurangannya!

7. French Door Refrigerator

French Door Refrigerator
French Door Refrigerator

French door refrigerator adalah kulkas yang memiliki desain paling modern dibanding yang lain. Freezer terletak di bagian bawah dan pintu kulkas terbagi menjadi 2.

Dus, ketika pengguna ingin membuka perabot tersebut, mereka tinggal membuka salah satu daun pintu saja. Selain terlihat elegan, desain tersebut juga lebih hemat energi. Sebab, pelepasan udara dingin di kulkas bisa diminimalisir.

Tinggalkan komentar