Breaking News

Bagaimana Bunyi Kulkas yang Normal? Tenang, Ini Penjelasannya!

Tulisan kali ini akan membahas tentang bagaimana bunyi kulkas yang sebenarnya normal, namun banyak yang salah kaprah, bahkan mengira kalau kulkas mereka bermasalah saat mendengar bunyi-bunyi tertentu. Saya setidaknya pernah belajar bagaimana cara kerja kulkas, jadi bisa dengan mudah menjelaskan asal muasal bunyi tersebut.

Kalau kalian sudah tahu cara kerja kulkas secara mendasar, kalian tentu bisa lebih cepat faham dengan konten tulisan ini. Jika tidak Silahkan baca terlebih dahulu prinsip cara kerja kulkas.

Seperti Apa Bunyi Kulkas yang Normal?

Bunyi Kulkas yang Normal
Ilustrasi membuka pintu kulkas

Salah satu keluhan paling umum ialah kulkas yang terlalu berisik, atau kulkas yang baru dibeli mengeluarkan suara yang berbeda dengan kulkas sebelumnya.

Ternyata, 99% bunyi tersebut adalah normal. Suara-suara tersebut dikeluarkan oleh komponen yang ada pada kulkas. Kita akan menjelaskannya, sehingga kalian tidak perlu khawatir lagi.

1. Suara kulkas dari bagian kompresor

Saat kompresor dinyalakan, biasanya akan terdengar suara dengungan. Beberapa tipe kompresor bekerja dengan kecepatan bervariasi, seperti pada teknologi inverter. Karena itu, terkadang bunyi dengung tadi menjadi sedikit lebih keras beberapa saat.

Ketika kompresor menggerakkan zat pendingin refrigerant, kontraksi dan ekspansi termal yang terjadi terkadang menghasilkan bunyi seperti klik, letupan, atau bahkan benturan. Zat pendingin yang bergerak melalui saluran pun terdengar seperti suara gemericik atau aliran air.

Selain itu, bunyi klik mungkin akan terdengar setelah listrik padam. Suara ini berasal dari kompresor dan bisa berlangsung selama 3 sampai 5 menit.

See also  7 Alasan Kulkas Haier Tidak Mendingin

2. Suara pada evaporator kulkas

Saat es menumpuk di sekitar evaporator, kulkas kadang-kadang mengeluarkan suara berderak. Terkadang zat pendingin yang mengalir melalui saluran bahkan mengeluarkan bunyi seperti detak.

Ketika kulkas mencairkan semua es beku tersebut, kalian mungkin mendengar suara benturan atau letupan dari evaporator. Sekali lagi, hal ini disebabkan oleh proses ekspansi dan kontraksi termal. Kalian juga mungkin mendengar suara mendesis saat es menetes ke pemanas evaporator, suara tetesan dan aliran air saat es mencair dari evaporator dan berubah menjadi air.

Suara retak atau letupan juga dapat terdengar saat kumparan evaporator pada model kulkas tipe top freezer dan no-frost mendingin setelah siklus pencairan.

3. Suara dari alat pembuat es

Jika kulkas dibarengi dengan mesin pembuat es, maka saat alat pembuat es ini terisi oleh air, kalian mungkin mendengar suara aliran listrik mengalir melalui katup air saat dihidupkan. Pada saat yang sama, biasanya juga terdengar bunyi aliran air melalui kulkas. Kebisingan itu biasanya berlangsung sekitar 5 hingga 10 detik.

Bagian pembuat es ini akan mengeluarkan suara keras saat es yang membeku jatuh ke wadah penyimpanan es. Di sisi lain, dengungan atau bunyi klik juga dapat terdengar saat pembuat es diisi dengan air. Suara ini mungkin terdengar sekali atau beberapa kali.

Pembuat es akan mengeluarkan suara mendengung saat mencoba mengisi air kira-kira setiap 15 menit. Periksa dan pastikan air dihidupkan ke pembuat es.

Suara berderak atau bergetar akan terdengar jika pembuat es dihidupkan sedangkan air tidak dialirkan. Jika unit pembuat es tidak terhubung ke air, sebaiknya kalian mematikan mesin pembuat es kulkas.

See also  Membuat Strategi Channel Gaming Ala Youtuber Terkenal

4. Bunyi normal lainnya yang dikeluarkan kulkas

suara pada kulkas yang normal
Ilustrasi isi kulkas

Penggunaan kulkas normalnya akan menghasilkan suara atau bunyi tertentu. Berikut adalah beberapa suara yang dikeluarkan oleh komponen kulkas.

  • Perubahan kecepatan kipas saat kulkas menyesuaikan perubahan suhu saat pintu terbuka
  • Kulkas biasanya memiliki setidaknya dua kipas di bagian atas. Jadi, kalian mungkin mendengar bunyi motor kipas saat lemari es mulai mendinginkan
  • Bunyi klik/tik-tok terdengar saat pengatur waktu pencairan es dinyalakan dan dimatikan
  • Terdengar bunyi klik saat unit pengontrol suhu menghidupkan dan mematikan lemari es
  • Suara mendidih, gemericik, atau ketukan disebabkan oleh sirkulasi refrigerant
  • Suara gemericik di pintu terdengar sesaat setelah pintu ditutup karena adanya air di area perangkap tabung pembuang
  • Tetesan mungkin terdengar saat air pencairan es menetes ke dalam panci pembuangan di bawah kulkas
  • Suara mendengung dapat terdengar selama dan setelah mengambil air dari pintu dispenser
  • Suara gertakan akan terdengar sekitar 4 detik setelah mengeluarkan gelas dari dispenser, yang merupakan suara penutup saluran dispenser
  • Suara mendesis atau mendengung mungkin terdengar pada kulkas dengan pencairan sendiri, yang terjadi saat air menetes pada pemanas defrost
  • Saluran air dapat mengeluarkan suara keras seperti ketukan atau benturan ketika katup air terbuka dan tertutup. Hal ini disebabkan oleh tekanan air pada saluran pasokan air yang tinggi

Itulah beberapa suara umum yang akan kalian dengar dari komponen-komponen tertentu kulkas. Hal ini juga tergantung pada desain dan tipe kulkas.

Jadi ya, jika kalian baru membeli kulkas, suara-suara tadi mungkin akan terdengar sedikit lebih keras dari biasanya, dan hal tersebut sejatinya normal. Selama kulkas dan freezer bekerja dengan baik dalam mendinginkan makanan saat kalian mendengar suara-suara mirip dengan yang saya jelaskan, maka kalian tidak perlu khawatir.

See also  Pengertian Alternator: Komponen, Fungsi, Jensi Serta Prinsip Kerjanya

Check Also

Cek Harga Dan Spesifikasi Laptop Acer Swift X (SFX14-41G) Dengan Performa Maksimal

Cek Harga Dan Spesifikasi Laptop Acer Swift X (SFX14-41G) Dengan Performa Maksimal

caramesin.com - Cek harga dan spesifikasi laptop Acer Swift X Maximum Performance (SFX14-41G). Ketika datang ke laptop, saya pasti mencari komputer yang ringan. Namun, performanya harus sangat tinggi dan Acer memperkenalkan SwiftX. Untuk Acer SwiftX (SFX14-41G) yang sudah memiliki line ID. Swift ini tipis, ringan, elegan dan memiliki karakter yang sangat bertenaga. Acer Swift X [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.