Perbandingan Kulkas Sharp vs Aqua, Bagusan Mana?

Kulkas merupakan salah satu perabotan rumah tangga yang wajib dimiliki. Tempat pendingin dan penyimpanan makanan ini terdiri dari berbagai merk dan brand. Tentu tiap brand, baik itu kulkas Aqua ataupun Sharp punya kelebihan dan kekurangannya masing masing.

Karena itu, perlu pertimbangan yang matang saat hendak membeli salah satu dari kedua brand terkenal tersebut. Artikel ini akan memberi ulasan dan spesifikasi kulkas sharp vs aqua serta perbandingannya, mengingat kedua merk ini memiliki banyak peminat.

Perbandingan Spesifikasi Kulkas Sharp VS Aqua

Unsur Pembanding Kulkas AQUA Kulkas SHARP
Kisaran harga 1,6 – 13,5 jt 1,6 – 21 jt
Variasi warna Silver dan hitam Pink, biru, silver, dan hitam
Pilihan corak Polos dan bunga Polos, bunga, dan abstrak
Konsumsi listrik 53 -190 watt 84-234 watt
Bahan eksternal Metal tahan karat Tempered glass
Kapasitas utama 100-602 L 128-604 L
Varian Satu pintu, dua pintu, multidoor Satu pintu, dua pintu, multidoor, side by side

Berikut penjelasan terkait perbandingan fitur dari kedua kulkas di atas:

1. Teknologi Pencegah Bau

teknologi penghilang bau
Teknologi penghilang bau

Beberapa jenis kulkas AQUA mempunyai fitur yang membagi penempatan makanan pada interiornya. Fitur ini disebut magic room, dimana terdapat tempat untuk makanan kering dan makanan basah yang terpisah. Dengan kata lain, magic room ialah kompartemen khusus bersuhu sekitar 5°C hingga -18°C yang dapat mencegah timbulnya bau tidak sedap seisi kulkas karena campuran makanan.

Sementara itu, kulkas Sharp belum memiliki fitur kompartemen khusus tersebut. Namun sebagai gantunya, kulkas Sharp mempunya teknologi Ion Plasmacluster. Teknologi ini dapat memproduksi ion positif dan negatif yang menyebar secara aktif dan merata ke seluruh area lemari es. Fungsi kedua ion ini adalah untuk menyingkirkan berbagai jamur, bakteri, dan bau tidak sedap.

Keduanya sama-sama memiliki fitur yang mampu mengantisipasi bau dalam kulkas. Dengan adanya teknologi penghilang bau, baik Sharp maupun Aqua bisa membuat bahan makanan jadi lebih tahan lama dan terjaga kesegarannya.

2. Pendinginan

Dalam hal teknologi pendinginan (cooling technology), kulkas Aqua mempunyai fitur direct cooling yang mendukung proses pendinginan makanan secara cepat. Di sisi lain, kulkas Sharp punya fitur hybrid cooling system, express freezing, extra cool yang mampu mendinginkan isi kulkas secara merata, optimal, dan cepat.

Terlepas dari teknologi ini, perlu diketahui bahwa suhu terdingin yang bisa dijangkau oleh kulkas Sharp sekitar 0-2° C, sedangkan Aqua bisa menjangkau hingga -15° C.

3. Konsumsi Daya

Jika dilihat dari besarnya daya listrik yang dikonsumsi, kulkas Aqua lebih unggul daripada kulkas Sharp. Dengan variasi listrik yang dikonsumsi sekitar: 39, 53, 60, 70, 80, 180 hingga 190 watt, menjadikan Kulkas Aqua lebih irit dibandingkan Sharp.

Sedangkan Kulkas Sharp memiliki variasi daya sekitar 84, 97, 100, 148, 173, hingga 234 watt. Hal ini membuat kulkas Sharp lebih banyak menghabiskan daya listrik atau boros. Namun perlu dipahami kalau ini adalah perbandingan umu, bukan jenis atau tipe kulkas tertentu.

4. Desain

Kulkas Aqua (kiri) dan Sharp (kanan)
Kulkas Aqua (kiri) dan Sharp (kanan)

Desain kulkas Aqua lebih elegan dengan warna netral dan cenderung polos meski ada juga yang corak bunga, serta terdapat fitur tampilan berupa pintu kaca dan gagang tersembunyi. Sedangkan kulkas Sharp hadir dengan pilihan tampilan warna yang lebih variatif serta bercorak, termasuk ada warna netralnya.

Hal ini bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Jika anda menyukai tampilan netral nan elegan, bisa memilih Kulkas Aqua. Namun jika anda lebih suka yang lebih berwarna, anda lebih cocok memilih kulkas Sharp yang lebih bercorak dan berwarna variatif.

Baca juga: Ulasan kelebihan dan kekurangan kulkas Aqua 2 pintu

5. Fitur Pendukung Tambahan

Kulkas Aqua punya beberapa fitur unik lainnya pada tipe tertentu. Seperti misalnya fitur top table yang memungkinkan bagian atas kulkas menjadi meja kuat, suhu digital yang bisa diatur, serta ruangan kering tambahan pada bagian bawah kulkas.

Sedangkan Kulkas Sharp juga memiliki fitur tambahan berupa: Ice pack, extra big freezer, dan bunga es yang bisa langsung bersih dengan automatic defrost system yang lebih unggul. Kulkas ini cocok untuk Anda yang menginginkan kemudahan ekstra dan tak perlu membersihkan wadah penampungan kulkas.

Jadi, Mana yang Lebih Bagus?

Perbandingan fitur kulkas sharp vs aqua di atas tidak dapat menyimpulkan brand mana kah yang lebih baik. Di sisi lain, penjelasan yang tertera belum cukup untuk menggambarkan keadaan fisik kulkas. Karena itu, Anda bisa langsung mendatangi toko elektronik demi mendapat pengalaman sekaligus mengamati kulkas yang hendak dibeli.

Tentu, brand, tipe, spesifikasi serta tipe kulkas yang baik ialah yang paling cocok dengan kebutuhan dan preferensi kita. Jangan lupa untuk melihat faktor lainnya seperti harga, ruangan yang tersedia, kapasitas dan lain sebagainya. Perlu difahami kalau membeli kulkas tidak lah semudah yang kita pikirkan, melainkan banyak pertimbangannya.

Tinggalkan komentar