Bagaimana Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu? Ini Jawabannya!

Hampir semua merk kulkas memiliki skema kelistrikan yang sama. Begitu juga dengan skema kelistrikan kulkas 2 pintu, hampir semua merk menggunakan skema yang tidak jauh berbeda.

Pada dasarnya, skema kulkas 2 pintu punya kesamaan dengan diagram kulkas 1 pintu. Bedanya, ada komponen tambahan berupa defrost dan heater pada kulkas dua pintu yang berfungsi untuk menghilangkan bunga es secara otomatis.

Pada tulisan kali ini kami akan membahas tentang  skema kelistrikan kulkas 2 pintu, silakan disimak.

Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu dan Fungsi Tiap Komponennya

diagram rangkaian kulkas 2 pintu
Gambar skema kelistrikan kulkas 2 pintu

Kami akan menjelaskan bagian-bagian dari skema di atas, berikut penjelasannya:

Kompresor

Kompresor berbentuk tabung tertutup rapat yang terletak di bagian belakang kulkas. Fungsi dari komponen ini adalah sebagai pompa listrik yang berfungsi untuk menghisap dan mengalirkan gas freon atau refrigerant ke dalam pipa pendingin.

PTC

PTC adalah sejenis resistor yang nilai hambatannya mengikuti perubahan suhu. Semakin panas nilai hambatan PTC akan semakin tinggi. PTC akan mengalirkan arus listrik ke kumparan bantu kompresor ketika kulkas pertama kali dinyalakan dan kompresor bekerja untuk pertama kali.

Kumparan bantu berfungsi untuk membantu kumparan utama kompresor saat memutar rotor untuk pertama kali, karena di saat rotor pertama kali diputar membutuhkan daya yang cukup besar. Ketika putaran rotor sudah stabil, panas yang dilepas oleh kumparan kompresor membuat suhu pada PTC naik. Hambatannya pun ikut naik sehingga arus yang mengalir ke kumparan bantu terhambat dan komponen tersebut berhenti bekerja.

Door switch refrigerator

Switch atau saklar pada pintu kulkas ini berfungsi untuk mengendalikan aliran arus listrik antara ke lampu kulkas atau ke kipas evaporator. Saat pintu tertutup, posisi switch terhubung dan mengalirkan arus listrik ke kipas evaporator melalui door switch freezer.

Ketika pintu kulkas terbuka, switch akan mengalihkan listrik yang mengalir ke kipas evaporator ke lampu kulkas. Lampu kulkas pun akan menyala dan kipas evaporator berhenti beroperasi, sehingga penggunaani listrik menjadi lebih hemat.

Door switch freezer

Fungsi door switch freezer adalah untuk mengalirkan listrik ke kipas evaporator. Jika pintu freezer box tidak tertutup dengan baik switch ini tidak bisa terhubung dan mengalirkan listrik. Karena itu setelah membuka freezer box, pastikan pintu freezer tertutup dengan benar agar pendinginan berjalan dengan baik.

Overload protektor

Komponen berfungsi melindungi kompresor dari panas yang berlebihan. komponen ini secara otomatis akan aktif dan memutus arus listrik ke kompresor saat kompresor menghasilkan panas yang berlebih.

Thermo fuse

Thermo fuse berfungsi untuk mencegah heater menghasilkan panas yang berlebih. Batas suhu maksimum thermo fuse adalah sekitar 72°C. Ketika suhu heater di atas angka tersebut,  fuse akan terputus dan menghentikan arus listrik yang mengalir ke heater.

Kipas evaporator

Fungsi kipas evaporator ini adalah untuk menghembuskan udara dingin dari evaporator ke lemari pendingin, terutama pada bagian freezer box. Kipas evaporator biasanya hanya ditemukan pada kulkas yang menggunakan sistem defrost, yaitu sisitem untuk menghilangkan bunga es di dalam freezer.

Lampu

Lampu kulkas akan menyala saat pintu terbuka dan berfungsi untuk menerangi isi kulkas dan memudahkan pengguna mengambil makanan atau apapun yang dia simpan di kulkas.

Heater

Heater atau elemen pemanas ini fungsinya adalah memanaskan suhu freezer untuk mencegah munculnya bunga es. Pada kulkas 2 pintu memiliki dua buah heater untuk sistem defrost dan pemanasan.

Komponen heater biasanya tidak ada di kulkas 1 pintu, karena itu pada kulkas 1 pintu cara menghilangkan bunga es dilakukan secara manual dengan mematikan atau menaikkan suhu kulkas beberapa saat hingga bunga es mencair.

Thermo defrost

Thermo defrost adalah komponen yang berperan untuk mengaktifkan heater setiap 7 jam sekali. Atau ketika suhu freezer telah mencapai 13 °C, sensor thermo defrost akan otomatis menghubungkan heater ke arus listrik yang berasal dari timer defrost.

Timer defrost

Timer defrost adalah komponen yang mengatur kerja kompresor dan heater dengan memindahkan aliran arus diantara keduanya. Perpindahan arus listrik tersebut dilakukan timer defrost sesuai dengan instruksi dari sensor thermostat yang mendeteksi suhu di dalam kulkas.

Ketika kulkas telah mencapai suhu yang tertentu sesuai dengan yang sudah diatur oleh pengguna, maka thermostat akan memberikan instruksi pada timer defrost untuk memindahkan arus listrik dari kompresor ke sistem heater atau defrost.

Thermostat

Seperti sudah disinggung di atas, thermostat adalah sensor suhu yang mendeteksi suhu di dalam kulkas. Komponen ini mengendalikan kerja kompresor dan heater atau sistem defrost dengan memberikan instruksi pemutusan dan penyambungan arus pada timer defrost.

Nah itulah penjelasan skema kelistrikan kulkas 2 pintu dan fungsi dari masing masing komponen yang digunakan. Semoga artikel ini dapat membantumu merawat kulkas di rumah atau bahkan mungkin menjadi teknisi kulkas ke depannya.

Tinggalkan komentar