Fungsi Fuse Pada Kulkas 2 Pintu yang Tak Bisa Disepelekan!

Apa fungsi fuse pada kulkas 2 pintu? Bagi Anda yang pernah memiliki kulkas 1 pintu, tentu Anda tahu betapa merepotkannya keberadaan bunga es yang harus dibersihkan secara berkala.

Saat akhirnya beralih ke tipe dua pintu, persoalan tersebut tak akan membuat Anda pusing lagi. Mengapa demikian?

Sebab pada dasarnya, perbedaan antar kedua tipe kulkas tersebut memang bukan hanya dari luas dan besar ruang yang ditawarkan. Kulkas dengan dua pintu juga menawarkan sistem yang lebih canggih seperti defrost.

es di kulkas
Sistem defrost mencegah masalah seperti pada gambar

Defrost sebagaimana namanya akan memastikan bunga es tidak terbentuk. Meskipun fitur ini sangat membantu pengguna, namun pemakaiannya membutuhkan fitur pengaman tersendiri. Dan di situlah peranan thermal fuse atau fuse menjadi sangat penting.

Apa itu Thermal Fuse?

Secara sederhana, thermal fuse adalah sebuah komponen pada kulkas yang terdiri dari bimetal dengan terminal dua kabel. Bimetal yang digunakan memiliki karakter yang sensitif terhadap naiknya suhu kulkas.

Komponen tersebut dapat mengalami perubahan bentuk ketika terpapar suhu panas dari heater.Perubahan tersebut pada akhirnya akan memengaruhi kontak antar 2 kabel. Dan sebagai dampaknya, sistem defrost akan berhenti bekerja.

Fungsi Fuse pada Kulkas 2 Pintu Terkait Safety

Fungsi Fuse pada Kulkas 2 Pintu
Fungsi fuse pada kulkas 2 pintu sangat krusial

Sampai pada penjelasan di atas, Anda mungkin ingin mengajukan beberapa pertanyaan. Misalnya, kenapa sistem defrost perlu dihentikan? Padahal sistem inilah yang mencegah pembentukan bunga es.

Secara umum, sistem defrost hanya akan dihentikan apabila suhu yang dikeluarkan terlalu tinggi. Ingat, untuk mencegah bunga es, defrost bekerja dengan meningkatkan suhu. Namun karena satu atau lain sebab, dapat terjadi overheating atau pemanasan berlebih.

Padahal, overheating dapat menyebabkan performa kulkas menurun, kerusakan sistemik yang memerlukan perbaikan dari teknisi, dan yang paling berbahaya ialah overheating dapat memicu kebakaran.

Dengan mencegah terjadinya overheating, thermofuse pada dasarnya bekerja sebagai fitur safety atau pengaman yang penting. Selain itu, fitur ini juga bisa menghindarkan Anda dari kerugian lebih besar yang harus diderita akibat kerusakan yang lebih parah.

Cara Kerja Thermofuse

Fungsi fuse pada kulkas 2 pintu telah dijelaskan di atas secara general. Adapun pada kulkas sendiri, gambaran interaksi antara fitur defrost dengan fuse adalah sebagai berikut.

  • Pendeteksian suhu oleh thermodefrost. Bila suhu sudah terlalu dingin, heater defrost akan bekerja untuk mencegah pembentukan bunga es.
  • Bila suhu sudah tidak terlalu dingin, heater akan berhenti bekerja sehingga tak terjadi overheating.
  • Akan tetapi bila terjadi kerusakan pada salah satu komponen, overheating bisa terjadi. Pada suhu 75 derajat, misalnya, kondisi tersebut akan memicu thermal fuse menghentikan kerja heater.

Memastikan Fuse pada Kulkas 2 Pintu Berfungsi

Fuse tidak bisa direset ketika sudah terbakar. Oleh sebab itu, komponen ini perlu diganti bila sudah tak berfungsi lagi. Penggantiannya pun harus tepat dan tak bisa dilakukan secara asal.

Untuk mengetes apakah thermofuse masih berfungsi sendiri cukup sederhana. Anda bisa menggunakan multimeter dengan langkah sebagai berikut:

  • Tempelkan ujung multimeter kanan dengan bagian kanan fuse
  • Tempelkan ujung multimeter kiri dengan bagian kiri fuse
  • Bila jarum penunjuk tak bergerak, berarti komponen tersebut sudah harus diganti

Kadang-kadang, kealpaan fungsi fuse pada kulkas 2 pintu juga bisa dilihat dari performa kulkas. Sebab pada banyak kasus, kerusakan komponen ini akan membuat kulkas tak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Tinggalkan komentar