Berapa Watt Penggunaan Listrik Kulkas? Ini Jawabannya!

Kulkas berfungsi sebagai pendingin dan pengawet bahan makanan. Yang tentunya akan digunakan setiap hari. Jadi, pembeli perlu memperhatikan spesifikasi kulkas yang akan dibeli. Apalagi soal konsumsi dayanya, hal tersebut sangat perlu diperhatikan sebab kulkas termasuk salah satu alat dalam rumah tangga yang memakan biaya listrik paling banyak.

Tidak mau kan, saat sudah membeli kulkas yang diinginkan, namun konsumsi dayanya boros dan membuat tagihan listrik membengkak? Maka perencanaan ketika memilih kulkas haruslah benar-benar teliti. Berikut adalah informasi yang akan menjawab berapa watt kulkas yang biasanya ada di pasaran, simak yuk!

Istilah Watt pada Kulkas

konsumsi listrik kulkas berapa watt
Berapa konsumsi listrik watt kulkas?

Istilah watt adalah satuan yang digunakan untuk mengukur seberapa banyak konsumsi listrik yang dipakai pada suatu alat elektronik. Maka dari itu, semakin besar kapasitas kulkas dan ukurannya, semakin besar juga konsumsi daya yang dibutuhkan. Otomatis semakin besar biaya tagihan listrik yang musti dibayar. Biasanya, watt pada kulkas terpampang jelas pada spesifikasi yang ada di brosur atau keterangan kulkas.

Konsumsi Listrik Kulkas Berapa Watt?

Secara umum, kulkas dibagi menjadi tiga jenis. Yaitu fridge series, showcase series, dan freezer series. Fridge series yang biasa dijual adalah model satu pintu dan dua pintu.

Kegunaan ketiganya pun sungguh berbeda. Fridge adalah jenis yang paling umum digunakan pada rumah tangga, showcase series untuk pebisnis yang ingin memperlihatkan makanan dan minuman tanpa harus membuka pintunya. Sedangkan freezer series untuk menyimpan bahan makanan/minuman yang perlu dibekukan di freezer agar lebih awet.

Perbedaan fungsi ketiganya pun mempengaruhi konsumsi dayanya. Maka dari itu simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui watt dari masing-masing jenis kulkas, ya!

Kulkas Satu Pintu Berapa Watt?

konsumsi watt daya kulkas 1 pintu
Konsumsi watt daya kulkas 1 pintu

Kulkas satu pintu sesuai dengan namanya hanya memiliki satu pintu. Kompartmen utama dan freezer serta vegetable box dibuat menyatu dalam satu bagian. Sehingga kulkas yang satu ini cenderung memiliki bentuk yang paling kecil.

See also  Daya Kulkas Mini Berapa Watt? Simak Jawabannya!

Sesuai dengan yang telah disebutkan di atas, bahwa semakin kecil kapasitas dan ukuran suatu kulkas, maka konsumsi dayanya juga semakin hemat. Begitulah yang ada pada kulkas satu pintu. Bahkan jika kulkas satu pintu punya teknologi inverter, efisiensi konsumsi daya bisa jauh lebih baik. Sehingga penggunaan listrik akan jauh lebih hemat.

Berikut telah kami rangkum beberapa konsumsi watt kulkas 1 pintu yang ada di pasaran Indonesia saat ini.

Konsumsi Daya Kulkas Satu Pintu
Panasonic NR-199AN SS  80 watt
Polytron Belleza Pra 17 HORF 80 watt
Aqua AQR-D191 36 watt
Sharp Kireii II SJN-166F 84 watt
LG GN-201CK  60 watt
Sanken SK-V161A-SB 72 watt
Samsung RR18T1001SA  113 watt

Dengan data di atas, dapat kita simpulkan bahwa kulkas satu pintu memiliki konsumsi daya dari 40 watt – 90 watt. Sangat jarang kulkas 1 pintu yang memiliki daya di atas 100 watt. Kalau pun di atas 100 watt, biasanya kulkas tersebut punya kapasitas yang cukup besar, mendekati kulkas 2 pintu.

Jika ada yang bertanya, kulkas sharp 1 pintu berapa watt, seperti yang bisa kalian lihat, konsumsinya sekitar 84 watt. Kalau kulkas polytron 1 pintu berapa watt? Hampir sama, yaitu sekitar 80 watt.

Kulkas Dua Pintu Berapa Watt?

watt kulkas dua pintu
Penggunaan watt kulkas dua pintu

Sedangkan kulkas dua pintu, butuh daya yang lebih besar untuk membuatnya bekerja. Namun daya yang besar tersebut biasanya juga ditunjang dengan kapasitas dan fitur yang lebih canggih dibandingkan kulkas satu pintu.

Berikut adalah beberapa data dari konsumsi daya kulkas 2 pintu.

Konsumsi Daya Kulkas Dua Pintu
Sharp SJ-246GC-SR 100 watt
Samsung RT38 100 watt
Aqua AQR D261 53 watt
Sanken SK-V231A-CB 116 watt
Polytron Belleza 3 114 watt
LG GN-B215SQMT 70 watt
Panasonic NR-B229S 97 watt

 

Bisa kita lihat dari beberapa merk di atas, konsumsi daya dari kulkas 2 pintu lebih tinggi 30-40% dari kulkas 2 pintu. Yaitu kulkas dua pintu punya konsumsi daya 70 hingga 116 watt Maka dari itu kami sarankan kulkas 2 pintu hanya digunakan pada rumah yang memiliki daya listrik cukup tinggi.

See also  Apa Fungsi MCB: Pengertian, Bagian, Cara Kerja Serta Tipenya

Selain yang satu pintu, banyak juga yang bertanya kulkas sharp dan polytron 2 pintu berapa watt? Jawabannya yakni sekitar 100 hingga 114 watt.

Berapa Watt Kulkas Showcase?

konsumsi watt showcase
Konsumsi watt showcase

Sebenarnya, kulkas showcase cenderung punya konsumsi daya yang lebih besar dari pada kulkas jenis fridge satu pintu maupun dua pintu. Penyebabnya adalah adanya LED dalam kulkas yang harus menyala setiap saat. Karena biasanya, kulkas jenis showcase digunakan untuk display bahan makanan di mana bagian dalamnya harus terlihat jelas oleh yang pembeli.

Maka berikut telah kami rangkum konsumsi daya kulkas showcase dari berbagai macam e-commerce yang ada.

Konsumsi Daya Kulkas Showcase
Sharp SCH-170PS 185 watt
Aqua AQB-345AB 270 watt
Sanken SRS-279 170 watt
Polytron SCN230L 180 watt
Moderna Finestra SC 2691 L 450 watt
GEA EXPO 26FC 180 watt
Maspion USG218 Uchida 155 watt

Nah, sudah mulai terlihat bukan perbedaannya? Konsumsi daya kulkas showcase berkisar antara 150 watt hingga 270 watt. Sebab memang kulkas ini dibuat khusus untuk pebisnis atau bagi yang ingin berjualan. Tentunya tidak kami sarankan untuk menggunakan kulkas ini jika untuk keperluan rumah tangga karena tagihan listrik akan membengkak pastinya.

Berapa Watt Kulkas Freezer?

watt kulkas freezer
Berapa watt kulkas freezer

Terakhir, jenis kulkas yang punya kemampuan mendinginkan di bawah 0°. Kulkas ini sangat baik dalam hal mengawetkan bahan makanan atau minuman karena kemampuan mendinginkan di bawah titik bekunya tersebut.

Inilah beberapa konsumsi daya dari kulkas freezer agar anda dapat membandingkannya dengan kulkas-kulkas lainnya.

Konsumsi Daya Kulkas Freezer
Aqua AQF 100 80 watt
Star Cool SF 100 77 watt
Electrolux ECM 1450 100 watt
GEA AB 226 R 90 watt
Changhong CBD-105 75 watt
Moderna Conserva 123 watt
Frigigate F 300 190 watt
See also  Pengertian Scanner Dan 10 Fungsinya yang Harus Kamu Tahu!

 

Dapat disimpulkan bahwa konsumsi watt dari kulkas freezer mulai dari 75 watt hingga 190 watt. Tentunya, semakin besar kapasitas dari freezer tersebut maka semakin besar juga konsumsi daya yang perlu digunakan.

Kulkas freezer ini sangat cocok untuk tempat menyimpan makanan jangka panjang karena memang fungsinya untuk membekukan bahan makanan, es batu, atau bahkan es krim.

Cara Menghitung Konsumsi Daya Kulkas

menghitung konsumsi watt kulkas
Menghitung konsumsi watt kulkas

Setelah mengetahui berapa konsumsi daya pada kulkas, maka sekarang saatnya untuk mengkonversi dari spesifikasi hingga menjadi berapa uang yang harus anda keluarkan untuk menggunakan kulkas tersebut.

1. Cek Spesifikasi

Pada contoh ini, kami akan mengambil contoh dari kulkas Polytron Belleza 3 yang menurut spesifikasinya, punya konsumsi daya sebesar 114 watt. Sebetulnya, 114 watt ini adalah konsumsi daya di mana kulkas akan bekerja secara maksimal. Jadi konsumsi daya kulkas tidak akan selalu di angka tersebut.

2. Hitung Menjadi Kwh

Dengan asumsi kulkas akan menyala sepanjang hari, maka penggunaan akan berlangsung selama 24 jam per harinya. Maka jika 114 watt x 24 = 2736 watt hours atau 2,736 Kwh.

3. Kali Sebulan dan Hitung Berdasarkan Tarif Dasar

Setelah mengetahui Kwh per harinya yaitu 2,736 Kwh, kali dengan sebulan yaitu 30 hari. Jadi 2,736 x 30 = 82,08 Kwh per bulan. Kalikan lagi dengan tarif dasar listrik 1300A yaitu Rp 1.444,70/Kwh, maka konsumsi kulkas Polytron Belleza 3 perbulannya dapat kita simpulkan sebesar Rp.118.580.

Cukup besar bukan? Maka dari itu perlu pertimbangan yang benar-benar matang ketika akan memilih kulkas untuk digunakan di rumah.

Demikian ulasan kami seputar berapa watt kulkas dari tiap jenisnya. Semoga dapat membantu anda ketika ingin membeli kulkas, ya! Tentunya jangan lupa untuk perhatikan setiap spesifikasi dan hitung konsumsi dayanya seperti cara di atas.

Related posts