12 Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar Serta Cara Memperbaikinya

Untuk dapat mengeringkan pakaian setelah dibilas, pengering mesin cuci memanfaatkan putaran untuk mengeluarkan dan mengurangi kandungan air pada pakaian. Jika tidak berputar dan hanya mendengung saat dinyalakan, itu artinya ada masalah dengan mesin pengering dan perlu adanya tindakan perbaikan. Kemungkinan paling buruknya adalah kerusakan ini bisa sampai menyebabkan kebakaran.

Selain itu, kalian juga bisa memperhatikan pakaian yang hendak diambil dari pengering, apakah sudah betul-betul kering atau masih basah. Jika ternyata masih basah, berarti sudah jelas ada masalah dengan mesin pengeringnya.

pengering mesin cuci tidak berputar
Ilustrasi pengering mesin cuci tidak berputar

Artikel ini akan memaparkan beberapa sebab pengering mesin cuci tidak bekerja sebagaimana semestinya, serta beberapa tindakan yang bisa kalian ambil saat berada dalam situasi seperti ini. Mesin cuci dalam kasus ini bersifat umum, baik dari segi brand seperti mesin cuci Polytron dan Sharp, atau berdasarkan jenis mesin cuci seperti 1 tabung atau 2 tabung. Kami harap kalian bisa mendapat manfaat dari tulisan ini.

Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar

Idealnya, kalian perlu bantuan dari seorang teknisi untuk mencari tahu kenapa pengering mesin cuci tidak berputar serta melakukan troubleshooting. Namun demikian, kalian tetap bisa mencoba mengidentifikasi beberapa masalah umum yang mengakibatkan pengering tidak bekerja semestinya.

1. Rol drum pengering sudah aus

drum roller mesin cuci
Gambar drum roller mesin cuci

Rol drum yang aus akan mengurangi gaya gesekan yang membuat drum pengering bisa berputar secara efektif. Selain itu, aus-nya rol drum dapat membuat komponen ini macet dan tidak bergerak sama sekali.

2. Sabuk penggerak rusak

sabuk penggerak mesin cuci
Gambar belt mesin cuci

Sabuk penggerak umumnya terbuat dari karet. Bagian ini dipasang melingkari bak pengering dan menghubungkannya dengan motor penggerak dengan memanfaatkan gaya gesekan.

Apabila pengering tidak berputar, mungkin sabuk penggeraknya terlalu rentang sehingga tidak cukup untuk membuat drum berputar. Kemungkinan lainnya ialah sabuk penggeraknya sudah rusak dan tidak layak pakai lagi.

See also  14 Alat Instalasi Listrik Dan Fungsinya yang Harus Diketahui

3. Roller Axle sudah aus

gambar roller axle mesin cuci
Gambar roller axle mesin cuci

Gandar rol atau roller axle adalah bagian yang memungkinkan drum pengering berputar. Jika gandar ini aus atau tidak berputar, pengering bisa berhenti dan macet.

Baca juga: Berapa Kapasitas Mesin Cuci: Tips Memilih Berdasarkan Kebutuhan

4. Drum glide-nya yang sudah usang

drum glide
Gambar drum glide

Gulungan drum alias drum glide menutup pengering mesin cuci di sepanjang tepi. Gulungan drum yang aus dapat menyebabkan pengering menempel pada roller dan akhirnya berhenti berputar.

5. Bantalan drum aus

bantalan atau bearing
Bantalan atau bearing mesin cuci

Bantalan drum menahan dan menopang bagian belakang drum pengering. Jika bantalan ini aus, rusak, atau hilang, maka harus segera diperbaiki. Jika tidak, drum yang tertopang akan memberikan beban yang terlalu berat (overload) pada motor.

Selain yang telah dipaparkan, ada juga sebab lainnya yang juga membuat pengering mesin cuci tidak berputar:

  1. Tidak tercolok. Hal pertama yang harus kalian pastikan ialah mesin cuci sudah tercolok dengan benar. Pasitikan juga tidak ada masalah dengan sumber listrik di rumah kalian.
  2. Sakelar pintu yang rusak. Kerusakan sakelar pintu bisa dilihat dari lampu drum yang terus menyala. Dalam hal ini, pengering tidak akan menjalankan proses pengeringannya.
  3. Drum tersangkut. Periksa apakah drum sulit digerakkan secara manual. Jika kesulitan untuk memutarnya, kemungkinan drum nya sudah kesat.
  4. Sekering termal tidak berfungsi. Bagian ini terpasang di ruang pemanas pengering sebagai mekanisme pengaman (safety). Jika sekering termal putus (biasanya putus jika suhu terlalu tinggi), hal tersebut akan mengganggu catu daya utama.
  5. Sabuk pengering rusak. Seiring waktu, keausan dapat menyebabkan sabuk pengering rusak. Jika bagian ini bermasalah, motor penggerak tidak akan bisa memutar drum pengering.
  6. Motor penggerak bermasalah. Seperti yang telah dijelaskan, sumber penggerak mesin cuci menggunakan motor dengan bantuan sabuk sebagai alat transmisi. Apabila motor penggerak rusak, drum pengering jelas tidak akan berputar.
  7. Rol drum tidak berfungsi. Jika rol drum tidak berputar alias macet, motor akan kelebihan beban dan pengering akan sulit bergerak. Untuk mengeceknya, kalian bisa melepaskan sabuk pengering dan coba putar drum dengan tangan. Jika drum sulit berputar atau tidak berputar dengan leluasa, periksa kondisi roller. Saat memeriksa rol drum, pastikan juga untuk memeriksa gandar rol drum. Jika rol penyangga drum goyah dan tidak dalam kondisi baik, maka gandar roda perlu diganti.
See also  Jangan Diremehkan! Ini Penyebab Tarikan Motor Bebek Berat

Baca juga: 5 Cara Memperbaiki Mesin Cuci Tidak Berputar Dengan Mudah

Cara Mengatasi Pengering yang Tidak Berputar?

teknisi profesional mesin cuci
Teknisi profesional mesin cuci

Cara termudah untuk memperbaiki pengering mesin cuci yang rusak adalah dengan memanggil seorang teknisi profesional. Berikut beberapa tindakan perbaikan lainnya yang bisa diambil:

1. Periksa sumber daya

Hal yang sebaiknya kalian lakukan adalah dengan memeriksa sumber daya mesin cuci. Pertama, cek apakah steker masuk ke stopkontak dengan benar. Selanjutnya jika sanggup, coba gunakan multimeter untuk memeriksa kontinuitas stopkontak, sekring pada pengering, dan berbagai komponen kelistrikan lainnya. Namun, hal ini tidak disarankan bagi yang kurang familiar dengan dunia elektronik.

2. Mengganti sabuk penggerak

Seperti yang disinggung, sabuk penggerak (driven belt) menghubungkan motor dengan drum pengering. Karena itu, sabuk penggerak yang sudah tidak layak pakai harusnya sudah diganti.

Periksa sabuk dan lihat apakah masih dalam kondisi baik atau perlu diganti. Jika kalian tidak yakin untuk mengganti sendiri sabuk pengering tersebut, panggillah teknisi.

Baca juga: Perbedaan Mesin Cuci 1 Tabung Dan 2 Tabung, Bagusan Mana?

3. Periksa rol drum

Rol drum terletak di bagian bawah pengering  dan harus berputar leluasa dengan sendirinya. Untuk mengeceknya, kalian bisa melepaskan sabuk di sekitar drum pengering, kemudian putarlah drum pengering tersebut. Jika tidak berputar, periksa apakah rol drum berputar. Roller drum yang sudah aus dan rusak harus segera diganti.

4. Ganti drum glide

Drum glide terletak di sekitar tepi drum pengering. Jika sudah aus, kalian akan mendengar suara gerinda seperti plastik di atas logam. Apabila bagian ini dibiarkan aus dalam waktu yang cukup lama, maka bisa mengakibatkan pengering berhenti berputar.

5. Tekan tombol reset

Jika pengering tidak beroperasi dengan baik, kalian mungkin harus menyetel ulang mesin cuci melalui tombol reset. Pada dasarnya, ini adalah cara terakhir yang bisa kalian coba.

See also  Piezoelektrik Adalah: Pengertian, Cara Kerja dan Aplikasnya

Untuk mengakhiri tulisan ini, apabila mengalami masalah dengan sakelar atau sabuk pengering yang rusak, kalian sebaiknya menggantinya sesegera mungkin. Tergantung jenis komponennya, kalian mungkin bisa membelinya di toko atau online.

Selain itu, ada kemungkinan beberapa suku cadang untuk nomor model spesifik hanya dapat dibeli melalui pabrikan. Hubungi perusahaan untuk memastikan apakah kalian bisa mendapatkan komponen tertentu dari mereka.

Related posts