5 Cara Memperbaiki Mesin Cuci Tidak Berputar Dengan Mudah

Mesin cuci merupakan alat yang dapat mempermudah urusan rumah tangga dalam membersihkan pakaian. Akan tetapi, mesin ini dapat mengalami gangguan sewaktu-waktu seperti tidak mau berputar dan lainnya. Karena itu, penting untuk Anda untuk mengetahui bagaimana cara memperbaiki mesin cuci yang tidak mau berputar.

Selain memperbaiki, Anda juga harus tahu penyebab mesin cuci tidak berputar. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda dapat memilih metode perbaikan yang lebih tepat, efektif dan efisien. Sekiranya, pengering mesin cuci kalian yang bermasalah, silahkan baca cara troubleshoot pengering mesin cuci.

Read More

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Tidak Berputar Berdasarkan Sebabnya

cara memperbaiki mesin cuci tidak berputar
Cara memperbaiki mesin cuci tidak berputar

Ada beragam penyebab mesin cuci tidak berputar. Seringkali ketidaktahuan menyebabkan rasa panik pada pengguna. Alhasil, mesin cuci langsung dibawa ke tempat servis. Padahal, penyebabnya bisa saja karena hal.

Berikut beberapa masalah yang sering terjadi pada mesin cuci dan cara mengatasinya.

1. Lantai Tidak Rata

Beberapa tipe mesin cuci dilengkapi dengan sensor yang sensitif dengan permukaan lantai yang tidak rata. Mesin akan berhenti beroperasi dan tidak akan berputar walaupun telah disetting sebaik mungkin.

Solusi: Pindahkan mesin cuci ke area lain yang lebih datar atau membuat pijakan di kaki mesin cuci sehingga posisinya menjadi lebih stabil.

2. Saluran Pembuangan Air yang Tersumbat

Mesin cuci seringkali mengalami masalah pada saluran pembuangan airnya. Bisa jadi penyebabnya adalah penyumbatan pada selang karena deterjen, kotoran ataupun benda yang biasa tertinggal di dalam saku celana atau baju. Hal ini tentu akan mengganggu kinerja mesin dan membuatnya tidak bisa berputar.

Solusi: Bersihkan selang ataupun saluran pembuangan tersebut dengan mengikuti beberapa langkah berikut:

  • Cari pintu saluran pembuangan. Biasanya posisi pintu ini di bawah ataupun belakang mesin cuci
  • Tarik selang saluran agar bisa mengakses pintu saluran
  • Putar tutup penampung dan biarkan air keluar beserta dengan kotoran yang ada
  • Tutup dan kencangkan kembali tutup penampung dan mesin cuci dapat digunakan kembali
See also  Dinamo Stater Mobil: Cara Cek Yang Benar

3. Rusaknya Kabel Listrik

Penyebab lain yang membuat mesin cuci tidak bergerak adalah kabel listrik yang rusak, putus dan lainnya yang dapat mempengaruhi arus listrik. Masalah ini biasa terjadi khususnya pada daerah yang memiliki arus listrik tidak stabil (sering mati lampu) dan lainnya.

Solusi: Jika ini terjadi, maka sebaiknya Anda memeriksa beberapa hal di bawah ini, yaitu:

  • Periksa stop kontak apakah bermasalah atau tidak
  • Periksa kabel listrik pada mesin cuci apakah terdapat kerusakan (bekas gigitan hewan, bolong dan lainnya)
  • Jika kabel rusak maka ganti dengan yang baru dan coba gunakan kembali
  • Jika tetap tidak bisa beroperasi maka sebaiknya bawa ke tempat service untuk pemeriksaan lebih lanjut

4. Overload

Pakaian yang terlalu banyak juga bisa membuat mesin cuci tidak bisa berputar. Terlalu banyak artinya beban pakaian yang harus diputar telah melebihi batas maksimal mesin tersebut. Mesin jadi harus mengeluarkan tenaga lebih besar melebihi kapasitasnya. Akhirnya mesin menjadi berhenti berputar dan tidak bisa beroperasi dengan baik.

Hal ini cukup berbahaya karena jika terjadi secara terus-menerus, komponen tertentu dalam mesin cuci dapat rusak ataupun aus. Pada akhirnya Anda harus mengeluarkan uang lebih untuk biaya perbaikan atau bahkan menggantinya dengan mesin cuci yang baru.

Solusi: Anda tinggal mengurangi jumlah pakaian yang akan dicuci. Jika cucian cukup banyak, maka pisahkan pakaian tersebut dan cuci secara bertahap. Hal ini memang akan memakan listrik dan waktu lebih banyak namun cara tersebut akan menjaga kebersihan pakaian dan jangka waktu pemakaian alat yang lebih lama.

5. Sabuk Penggerak Rusak

Beberapa komponen dalam mesin cuci dapat rusak dengan mudah contohnya sabuk penggerak (drive belt). Sabuk ini merupakan penghubung antara mesin serta tabung atau bak cuci. Jika sabuk ini rusak maka bak cuci tidak akan bekerja dengan baik bahkan berhenti sama sekali.

See also  Info Sirkuit Internasional Mandalika Indonesia,

Solusi: Jika ini terjadi maka Anda harus segera mengganti sabuk penggerak dengan yang baru agar mesin dapat berjalan seperti sedia kala.

Itulah beberapa masalah pada mesin cuci serta cara memperbaikinya. Masalah tersebut menjadi penyebab utama mesin cuci tidak berputar alias rusak. Cara mengatasinya juga harus disesuaikan dengan tingkat kerusakan mesin cuci. Oleh karena itu, Anda harus memahami hal ini agar bisa melakukan pencegahan dan perawatan alat dengan baik.

Related posts