3 Cara Memasang Saklar Lampu Berdasarkan Jenisnya

Salah satu masalah yang kerap kali terjadi pada pemasangan listrik di rumah adalah kerusakan saklar. Kerusakan ini sudah pasti akan terjadi seiring lamanya pemakaian saklar tersebut. Namun, tak jarang hal tersebut disebabkan oleh cara memasang saklar lampu yang salah. Padahal, untuk memasang saklar lampu yang benar bukanlah hal yang sulit.

Saklar sendiri adalah salah satu komponen listrik yang berbentuk tuas dan berfungsi sebagai penyambung dan dan pemutus aliran listrik. Prinsip kerja saklar juga cukup sederhana. Jika tuas ditutup, maka listrik akan mengalir. Sebaliknya jika tuas dibuka, maka aliran listrik akan terputus.

Memasang saklar lampu dengan benar adalah hal yang sangat penting. Hal ini bertujuan agar saklar lampu dapat bekerja dengan baik dan untuk meminimalisir kerusakan. Berikut ini adalah cara memasang saklar lampu dengan benar berdasarkan jenisnya.

Cara Memasang Saklar Lampu Tergantung Tipe

Ada 3 jenis saklar lampu yang berbeda dengan cara pemasangannya yang berbeda pula. Ketiga jenis itu adalah saklar tunggal, ganda, dan gantung. Berikut ini adalah pembahasan lengkapnya:

1. Cara memasang saklar lampu tunggal

saklar lampu tunggal
Gambar saklar lampu tunggal

Saklar lampu tunggal biasanya terdapat pada konfigurasi listrik yang di mana sebuah lampu (atau beberapa lampu) dinyalakan hanya dengan 1 saklar saja. Saklar jenis ini memiliki jalur yang searah. Jika kita menekan tombol on, kedua kutub akan tertutup sehingga arus listrik akan mengalir dan lampu yang terhubung akan menyala. Begitupun sebaliknya, jika kita menekan tombol off, kutub akan terbuka dan arus listrik akan terputus sehingga lampu akan mati.

Sejauh ini, saklar lampu tunggal adalah jenis yang paling umum. Cara pemasangannya pun tergolong mudah jika kita bandingkan dengan konfigurasi listrik lainnya. Untuk penggambaran yang lebih jelasnya, kalian bisa lihat ilustrasi berikut:

See also  Pelek HSR Forged Dilirik Desainer Mobil Kawakan AS
Konfigurasi saklar lampu tunggal
Konfigurasi saklar lampu tunggal

Pertama-tama, sambungkan kabel atau kawat pada setiap tuas yang berwarna putih dan merah. Untuk kawat yang biru dihubungkan ke lubang di samping tuas yang berwarna merah. Lalu untuk kawat yang hitam dihubungkan ke lubang di samping tuas yang berwarna putih.

Saat kawat sudah mentok hingga ujung lubang, tuas akan mengunci/menjepitnya secara otomatis. Jika kawat belum terjepit, maka kawat akan rawan lepas. Jika tuas tidak bisa menjepit kawat dengan baik, maka kalian bisa menarik sedikit tuasnya ke atas supaya kembali ke posisi semula.

2. Cara memasang saklar lampu ganda

saklar lampu ganfa
Gambar saklar lampu ganda

Saklar lampu ganda merupakan saklar yang terhubung pada 2 sirkuit listrik yang terpisah. Pada dasarnya, saklar ini terdiri dari 2 tuas yang terhubung satu sama lain yang mengisi rangkaian baik secara bersamaan atau bergiliran. Saklar jenis ini cocok untuk pemasangan 2 lampu di ruangan yang besar atau di 2 ruangan yang berbeda.

Terdapat 3 kabel pada saklar lampu ganda ini, yaitu 1 kabel phase dari source listrik yang dihubungkan pada saklar. Lalu 2 kabel fase yang dihubungkan pada masing-masing fitting lampu. Berikut ini adalah konfigurasi dari saklar lampu ganda.

Konfigurasi saklar lampu ganda
Konfigurasi saklar lampu ganda

Sebenarnya cara pemasangannya tidak jauh berbeda dengan yang saklar tunggal. Kabel fase berwarna biru akan terhubung pada lubang di sebelah kiri tuas warna merah. Lalu kabel yang berwarna kuning dan hitam akan terhubung pada lubang di sebelah kanan tuas warna putih pada masing-masing saklar.

Bisa dilihat bahwa di antara 2 saklar tersebut terdapat potongan-potongan di samping tuas warna merah yang bernama jumper. Fungsi jumper sendiri adalah mengalirkan arus listrik dari saklar pertama ke saklar kedua. Saklar ganda juga memiliki beberapa kelebihan lain, berikut ini adalah penjelasannya:

  • Lebih Murah. Harga 1 saklar lampu ganda lebih murah dari 2 buah saklar lampu tunggal.
  • Lebih Simpel dan Efisien. Hanya perlu 1 lubang saja pada tembok untuk memasang saklar ganda. Sedangkan untuk 2 buah saklar tunggal membutuhkan 2 lubang
  • Tidak Memakan Banyak Tempat
See also  Spesifikasi Driver Epson TM-T82 Printer Kasir USB

3. Cara memasang saklar gantung

saklar gantung
Gambar saklar gantung

Saklar gantung sebenarnya merupakan salah satu jenis saklar tunggal. Cara memasang saklar lampu jenis ini juga lebih mudah karena konstruksinya yang sederhana. Sebelum itu, kalian harus memastikan semua peralatannya sudah tersedia dan saklar tidak terhubung dengan listrik.

Konfigutasi saklar gantung
Konfigutasi saklar gantung

Berikut ini adalah langkah-langkah memasang saklar gantung:

  • Koneksikan kabel netral (arus negatif) dari sumber listrik pada fitting lampu
  • Potong kabel phase (arus positif) sesuai panjang yang kalian inginkan. Satu kabel phase akan terkoneksi dari sumber listrik ke saklar, dan kabel yang satunya lagi ke fitting lampu
  • Coba pasang lampu pada fitting dan periksa bagaimana hasilnya

Related posts