Perbedaan Mesin Cuci 1 Tabung dan 2 Tabung, Bagusan Mana?

Saat hendak membeli mesin cuci, sebagian besar orang di Indonesia menjatuhkan pilihannya ke model top loading, karena memang jenis ini adalah tipe yang ramah kantong alias murah. Tapi tahukah kamu, jika ternyata mesin cuci top loading juga memiliki varian, yaitu 1 tabung dan 2 tabung. Waah, jadi pusing nih pilih yang mana. Ga usah takut Pak, Caramesin akan jabarkan semua yang kamu perlu tahu tentang perbedaan mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung.

Lantas apa perbedaan mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung? Yuk kita bahas dibawah ini.

Read More

Fungsi Mesin Cuci

Sebelum membahas beda mesin cuci 1 dan 2 tabung, kita perlu pahami dulu fungsi umum dari sebuah mesin cuci. Mesin cuci pada umumnya tidak hanya berfungsi untuk mencuci, tapi sekaligus mengeringkannya. Walaupun mengeringkan disini maksudnya tidak sampai benar-benar kering, melainkan sekedar “memeras” cucian dengan memanfaatkan gaya sentrifugal.

Alhasil cucian akan kering walaupun masih lembab. Kalau untuk benar-benar mengeringkan cucian, dibutuhkan alat tambahan pengering pakaian seperti yang sudah dibahas di artikel ini.

Selanjutnya, setelah kita paham bahwa tugas mesin cuci ada dua, yaitu mencuci dan mengeringkannya, baru dari situlah kita dihadapkan pada dua pilihan teknologi tabung mesin cuci.

Mesin Cuci 2 Tabung

Mesin cuci 2 tabung
Mesin cuci 2 tabung

Mari kita mulai bahas dari jenis yang lebih sederhana, yaitu mesin cuci 2 tabung. Mengapa disebut lebih sederhana? Karena pada mesin cuci ini, setiap tabung memiliki tugasnya masing-masing. Tabung pertama digunakan untuk menggiling cucian, sementara tabung kedua berfungsi mengeringkan cucian yang telah selesai digiling oleh tabung pertama.

Kedua buah tabung memiliki penggeraknya masing-masing. Tabung pencuci pada umumnya bertenagakan motor yang lebih kuat dibanding tabung pengering, karena tugasnya yang bekerja ekstra berat dalam menggerakkan cucian kotor dan air. Motor penggerak pada tabung pencuci biasa disebut motor wash, sementara pada tabung pengering disebut spin motor.

Mesin Cuci 1 Tabung

1 tabung
Mesin cuci 1 tabung

Pada mesin cuci 1 tabung, fungsi tabung ini menjadi ganda, tidak hanya harus menggiling cucian, tapi juga harus mengeringkannya. Hal ini sebenarnya cukup rumit, karena tipikal motor penggerak untuk mencuci dan mengeringkan itu berbeda.

See also  Apa Itu Mesin Frais: Bagian Komponen, Jenis Serta Prinsip Kerjanya

Seperti telah disebutkan di bab sebelumnya, motor wash  bertenaga lebih besar walau dengan RPM rendah. Hal ini terkait fungsinya yang fokus untuk menggerakkan benda berat. Sementara, untuk mengeringkan cucian dibutuhkan kecepatan RPM tinggi, demi menghasilkan gaya sentrifugal yang cukup untuk “memeras” air keluar dari cucian basah.

Untungnya, para engineer ahli di luar sana berhasil mendesain motor penggerak yang mampu berfungsi ganda, memungkinkan untuk diciptakannya mesin cuci 1 tabung yang lebih ringkas dan praktis. Ringkas karena dimensi mesin cuci jadi lebih kecil, dan praktis karena setelah mencuci, Bunda gak perlu lagi memindahkan cucian ke tabung pengering. Cukup setting di awal, balik-balik cucian sudah tinggal dijemur.

Mesin Cuci 1 Tabung vs 2 Tabung, Bedanya Apa?

Dari penjabaran di atas, dapat kita simpulkan bahwa mesin cuci 1 tabung adalah penyempurnaan dari teknologi mesin cuci 2 tabung. Walau begitu, bukan berarti mesin cuci 2 tabung tidak memiliki keunggulan dibanding mesin cuci 1 tabung.

Berikut kami tampilkan pro dan kontra dari kedua jenis mesin cuci.

Mesin Cuci 2 Tabung Mesin Cuci 1 Tabung
Pro:  Kontra:
Harga relatif lebih murah Harga relatif lebih mahal
Cenderung lebih awet, karena tiap tabung memiliki masing-masing penggerak, jadi meringankan beban motor Motor beresiko lebih cepat rusak karena dwi fungsi; mencuci dan mengeringkan
Tabung pencuci dan tabung pengering dapat digunakan bersamaan, artinya lebih banyak cucian yang bisa dikerjakan dalam waktu bersamaan Sekali mencuci hanya bisa 1 batch, tidak bisa seperti 2 tabung yang bisa mencuci sambil mengeringkan bersamaan
Kontra: Pro:
Manual dalam penggunaan, tidak bisa ditinggal terlalu lama Praktis, pengerjaan berlangsung otomatis dari mencuci sampai mengeringkan
Butuh ruang yang lebih besar untuk kapasitas cuci yang sama Desain ringkas karena hanya memiliki 1 tabung
See also  Terdapat 3 Cara menggunakan HDMI Dongle ke TV

Bagaimana? Cukup jelas bukan? Dari penjelasan di atas, semoga rekan-rekan dapat menyimpulkan mana jenis mesin cuci yang cocok dengan kalian. Jika masih bingung untuk memilih model mesin cuci, rekan-rekan bisa coba baca artikel kami tentang model top loading atau front loading sebagai referensi lebih lanjut.

Related posts