Berapa Kapasitas Mesin Cuci: Tips Memilih Berdasarkan Kebutuhan

Salah satu aspek yang perlu dipertimbangkan saat membeli mesin cuci ialah kapasitasnya. Sebab bagaimanapun juga, kapasitas mesin cuci berkaitan langsung dengan seberapa banyak pakaian yang bisa dimasukkan dalam sekali cuci.

Oleh sebab itulah di kesempatan ini, kami akan membahas mengenai aspek tersebut. Bagi Anda yang sedang berminat membeli mesin cuci, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Alasan Harus Memerhatikan Kapasitas Mesin Cuci

kapasitas mesin cuci
Kapasitas mesin cuci yang sesuai

Secara definitif, kapasitas sebuah mesin cuci bisa diartikan sebagai banyaknya jumlah pakaian yang bisa dicuci dalam sekali proses. Memilih mesin cuci dengan kapasitas yang tepat, dengan kata lain, merupakan hal yang penting dilakukan. Apalagi, ketidakcocokan kapasitas mesin dengan kebutuhan pencucian bisa menyebabkan banyak kerugian. Contohnya:

  1. Menurunnya performa mesin akibat overloading atau kelebihan pakaian dalam sekali cuci
  2. Boros listrik akibat intensitas mencuci yang terlalu sering
  3. Boros uang akibat membeli mesin dengan kapasitas terlalu besar yang tidak dibutuhkan
  4. Jadwal pencucian menjadi tidak teratur
  5. Boros tempat yang disebabkan karena penggunaan mesin dengan ukuran besar melebihi keperluan laundry

Tips Memilih Mesin Cuci dengan Kapasitas yang Tepat

memilih kapasitas mesin cuci
Tips memilih kapasitas mesin cuci

Pertimbangkanlah beberapa hal ini agar bisa memilih mesin cuci dengan kapasitas yang tepat.

1. Kebiasaan Mencuci

Kebiasaan mencuci mencakup frekuensi seseorang mencuci dalam periode tertentu. Misal, bila Anda biasanya mencuci seminggu sekali dalam jumlah besar, maka Anda perlu mesin cuci berkapasitas besar pula. Sementara bila Anda mencuci 3 hari sekali dengan jumlah pakaian lebih sedikit, Anda dapat memilih produk yang kapasitasnya lebih kecil.

2. Jumlah Anggota Keluarga

Selain kebiasaan mencuci, pemilihan kapasitas mesin cuci juga harus memerhatikan jumlah anggota keluarga. Secara umum, semakin banyak anggota keluarga, maka disarankan semakin besar pula kapasitas tabung yang dipilih.

See also  3 Fakta Penggunaan Pipa Yang Wajib Kamu Hindari!

Baca juga: 5 Cara Memperbaiki Mesin Cuci Tidak Berputar Dengan Mudah

3. Perkiraan Jumlah Barang Kotor yang Akan Dicuci

Ada kalanya sebuah keluarga kecil justru menghasilkan pakaian kotor lebih banyak. Atau bisa juga, seseorang mencari perabot ini bukan untuk keperluan pribadi melainkan untuk usaha laundry. Dalam hal ini, tentu yang harus diperhatikan bukan jumlah anggota keluarga, melainkan jumlah barang kotor yang harus dicuci per harinya.

Menghitung Jumlah Laundry per Kapasitas Mesin Cuci

Kapasitas Mesin Cuci

Kapasitas sebuah mesin cuci diukur dalam satuan Kg. Nah, 1 kg berapa potong baju? Per satuan Kg umumnya setara dengan:

  1. 5 baju, atau
  2. 2 buah celana jeans, atau
  3. 2 buah jumper, atau
  4. 2 handuk, atau
  5. Sepasang baju dan celana denim

Misal, dalam 1 minggu, jumlah pakaian kotor Anda adalah 14 baju dan 14 celana jeans. Sekiranya Anda bermaksud mencuci seluruh pakaian kotor tersebut tiap 1 atau 2 kali per minggu, berarti Anda cukup menggunakan mesin cuci dengan kapasitas 5 Kg.

Baca juga: Berapa Dimensi Ukuran Mesin Cuci dan Kapasitas Ideal?

7 Tipe Kapasitas Mesin Cuci dan Rekomendasi Penggunaannya

tipe kapasitas mesin cuci
Tipe kapasitas mesin cuci dalam Kg

Berikut adalah jumlah kapasitas mesin dalam satuan kilogram:

Kapasitas 5 Kg

Tipe mesin cuci dengan kapasitas 5 Kg cocok digunakan oleh mereka yang tinggal sendiri. Karena mesin dengan kapasitas kecil biasanya bekerja lebih cepat, opsi ini juga cocok untuk Anda yang sering harus mencuci baju di sela kesibukan. Pada kapasitas 5 Kg sendiri, Anda bisa mencuci 25 atasan atau 10 celana jeans per satu kali cuci.

Kapasitas 6 Kg

Mesin cuci dengan ukuran kapasitas 6 Kg cocok bagi mereka yang tinggal bersama  rekan kos atau teman 1 kontrakan. Dengan kemampuan mencuci 30 pakaian atau 12 celana jeans dalam satu kali proses, mesin ini dapat digunakan tidak lebih dari 4 kali dalam satu minggu.

See also  Metode Cara Memindahkan File Dari Laptop Ke Hp

Atau bila Anda ingin mencuci pakaian yang berbeda-beda, Anda bisa memasukkan 6 atasan, 2 celana jeans, 5 handuk kecil, 2 sarung bantal, dan 2 kerudung atau taplak meja. Bila dalam sehari, Anda hanya menggunakan 2 pasang pakaian, Anda cukup mencuci 1 hingga 2 kali dalam 1 minggu.

Kapasitas 7 Kg

Mesin cuci dengan kapasitas 7 Kg cocok digunakan untuk keluarga kecil. Secara umum, dengan pilihan ini, keluarga kecil Anda bisa mencuci 4 hingga 6 kali dalam satu minggu dengan satu proses pencucian mencakup 35 baju atau 14 celana jeans. Atau Anda juga bisa mencuci dengan komposisi 10 baju atasan, 4 jeans, 2 kerudung besar, 5 handuk kecil, 1 selimut, sepasang sarung bantal, dan beberapa kaus kaki.

Kapasitas 8 Kg

Kapasitas mesin cuci 8 Kg cocok digunakan untuk keluarga kecil menengah atau yang memiliki kebutuhan pencucian lebih besar. Dengan kapasitas ini, Anda bisa mencuci 16 celana jeans atau 40 pakaian atas.

Bagi keluarga yang suka mencuci dalam jumlah besar, tipe ini juga bisa menjadi pilihan ideal. Apalagi bila dalam sehari, jumlah pakaian kotor yang dihasilkan tak sedikit.

Kapasitas 9 Kg

Mesin cuci berkapasitas 9 Kg cocok digunakan untuk keluarga yang cukup besar. Secara umum, dengan kapasitas 9 Kg, mesin bisa mencuci 18 celana jeans atau 45 baju dalam sekali proses.

Atau Anda juga bisa mencuci 12 atasan, 5 celana jeans, 2 kerudung atau taplak, 6 handuk berukuran kecil, beberapa kaos kaki, selimut, dan sarung bantal.

Kapasitas 10 Kg

Anda punya keluarga ekstra besar? Beberapa dari Anda barangkali tinggal serumah dengan nenek-kakek, ipar, hingga mertua.

Dengan jumlah keluarga yang tak sedikit tersebut, Anda bisa memilih mesin cuci dengan nilai kapasitas 10 Kg. Pilihan tersebut memungkinkan Anda untuk mencuci 50 potong baju atau 20 celana jeans sekaligus.

See also  Cara Memperbaiki Layar Laptop Bergaris

Atau, Anda juga bisa mencuci dengan komposisi; 15 pakaian atas, 5 celana jeans, 8 handuk kecil, 3 kerudung atau taplak meja, 2 selimut, sepasang sarung bantal, hingga 30 kaus kaki.

Kapasitas 11-12 Kg

Ingin tahu mesin cuci paling besar berapa Kg? Jawabannya mesin dengan kapasitas 11 hingga 12 Kg. Mesin ini bukan hanya ideal untuk keluarga yang sangat besar, namun juga bisa digunakan untuk usaha penginapan dan laundry.

Dengan kapasitas hingga 12 Kg, mesin bisa mencuci sampai 60 potong baju atau 24 celana jeans. Beberapa kain berukuran besar seperti sprei dan gorden juga akan dengan lebih mudah dicuci dalam kapasitas ini.

Baca juga: Berapa Berat Mesin Cuci Ideal Serta Kapasitasnya?

Kapasitas Mesin Cuci untuk Bed Cover dan Cucian Besar lainnya

Jenis kain yang hendak dicuci tentu bukan hanya baju, jeans, ataupun jumper. Ada kalanya sebuah keluarga atau sebuah usaha laundry perlu mencuci bed cover, gorden, dan kain-kain berukuran besar lainnya.

Khusus mencuci untuk 1 bedcover single sized, Anda setidaknya harus menggunakan mesin dengan kapasitas 6 Kg. Sedangkan untuk double-sized, gunakanlah mesin cuci dengan tabung 7 atau 8 Kg.

Bagaimana dengan bedcover berukuran King-sized? Untuk ukuran tersebut, pilihlah kapasitas mesin cuci 9 Kg atau di atasnya. Terakhir, untuk mencuci gorden panjang dengan ideal, sebaiknya pilih mesin cuci berkapasitas sedikitnya 10 Kg.

Related posts