Bagaimana Cara Kerja Pengering Mesin Cuci? Ini Penjelasannya!

Seperti yang kita tahu, selain mencuci, mesin cuci ini juga memberikan kemudahan lain yaitu fitur pengering. Fitur ini memungkinkan mesin menyingkirkan air yang ada di pakaian selepas dibersihkan. Walau tidak 100% kering namun fitur ini cukup membantu mengurangi waktu menjemur secara signifikan.

Walaupun sering menggunakannya, namun apa kamu tahu bagaimana cara kerja pengering mesin cuci? Nah pada tulisan kali ini kami akan membahasnya, silakan disimak ini dia pembahasan kami tentang cara kerja pengering mesin cuci.

Bagian-Bagian Mesin Cuci

cara kerja pengering mesin cuci
Tabung bagian dalam mesin cuci

Sebelum membahas tentang cara kerja pengering mesin cuci, kami ingin menjelaskan dulu bagian-bagian yang ada pada alat rumah tangga tersebut. Informasi ini diperlukan agar kamu mudah memahami konteks penjelasan kami di bagian cara kerja nanti.

Di sini kami menggunakan mesin cuci satu tabung bukaan atas karena jenis ini adalah jenis yang paling umum digunakan. Silakan, berikut beberapa komponen utamanya:

1. Dua Bagian dalam

Tabung bagian dalam ini bisa kamu lihat saat membuka penutup mesin cuci. Bagian ini bisa berputar ketika proses pengeringan dilakukan. Kamu bisa lihat sendiri ada banyak lubang kecil pada tabung bagian dalam ini.

Fungsi lubang-lubang tersebut adalah tempat keluarnya air ketika proses bilas atau pengeringan. Selain itu, ada agitator yang terletak di bagian dasar tabung yang berfungsi untuk memutar pakaian saat proses pencucian berlangsung.

2. Tabung Luar

Tabung kedua berada di bagian luar, berbeda dengan tabung pertama, tabung luar ini bersifat permanen alias tidak bisa berputar. Fungsi tabung ini untuk menampung air selama proses pencucian berlangsung.

3. Motor dan gear box

Kedua komponen ini yang berperan penting dalam menggerakan mesin cuci. Keduanya berkolaborasi dalam menghasilkan gerakan mekanik yang dilakukan mesin cuci.

See also  Pengertian Resistor: Fungsi, Jenis, Simbol dan Kode Warna

4. Solenoid valve

Solenoid valve adalah katup yang memanfaatkan elektromagnetik untuk menutup dan membuka saat dibutuhkan. Tugasnya adalah mengalirkan air ke saluran pembuangan.

5. Pump

Pump atau pompa ini dioperasikan secara elektrik. Fungsi komponen ini untuk membuang air dari tabung ketika proses pencucian selesai.

6. Programmer

Programmer adalah elemen kontrol yang mengatur kerja dari mesin cuci. Dia juga menangkap perintah dari pengguna melalui tombol yang disediakan.

Cara Kerja Pengering Mesin Cuci

cara kerja pengering mesin cuci
Ilustrasi gaya sentrifugal pada pengeringan mesin cuci

Nah sekarang kita menginjak ke pembahasan utama artikel ini. Silakan, ini dia cara kerja pengering mesin cuci:

  1. Saat proses mencuci dan bilas, valve terbuka dan mengalirkan air ke tabung. Namun di saat membilas, programmer juga menyalakan pump yang membuat air di tabung mengalir ke saluran pembuangan.
  2. Ketika masuk ke proses pengeringan, valve tertutup namun pump tetap dihidupkan oleh programmer
  3. Agar pakaian kering, programmer memutar tabung bagian dalam sangat cepat hingga kecepatannya mencapai 130km/h
  4. Putaran cepat tersebut menciptakan gaya sentrifugal, yaitu gaya yang membuat benda memiliki kecenderungan menjauh dari titik pusat saat berotasi. Nah yang menjauh dari titik pusat dalam konteks ini adalah bulir-bulir air.
  5. Air yang terpental akan keluar melalui lubang-lubang kecil yang ada pada dinding tabung bagian dalam
  6. Lalu pump menyedot air-air tersebut dan membuangnya ke saluran pembuangan
  7. Ketika durasi pengeringan sudah berakhir sesuai yang ditetapkan programmer, maka tabung bagian dalam akan berhenti berputar dan cucian sudah siap kamu ambil untuk dijemur

Nah demikianlah penjelasan tentang cara kerja pengering mesin cuci. Intinya ada di gaya sentrifugal yang melemparkan air dari cucian yang berputar kencang. Semoga membantu!

Related posts