Breaking News

Mesin Cuci Butuh Berapa Watt Konsumsi Listrik? Ini Jawabannya!

Bicara soal memilih mesin cuci, salah satu faktor yang bisa anda jadikan pertimbangan adalah konsumsi daya listrik. Dengan terus merangkak naiknya tagihan listrik rumah anda, tak ada salahnya saat hendak menambah barang elektronik, atau dalam kasus ini mesin cuci, pilihlah yang hemat listrik. Lantas, biasanya mesin cuci butuh berapa watt?Sebelum kita masuk ke pembahasan konsumsi daya listrik, perlu anda ketahui bahwa mesin cuci secara umum terbagi menjadi tiga tipe, yaitu 2 tabung, 1 tabung top load, dan front load.

Dari ketiga jenis mesin cuci ini, masing-masing memiliki karakteristik operasional cuci yang berbeda, sehingga kebutuhan daya listriknya pun jadi tidak sama. Contohnya saja adalah fitur cuci dengan air panas yang umumnya tersedia pada mesin cuci front loading. Daya listrik yang dibutuhkan oleh fitur tersebut mungkin akan membuat anda terbelalak kaget.

mesin cuci berapa watt
Konsumsi mesin cuci berapa watt?

Tapi mari kita simpan kekagetan anda untuk nanti, karena sekarang kita akan bahas dari tipe mesin cuci yang paling sederhana dulu, yaitu tipe dua tabung.

Konsumsi Watt Mesin Cuci 2 Tabung

Mesin cuci 2 tabung diketahui sebagai mesin cuci yang harganya paling murah. Pengoperasiannya pun manual dimana salah satu contohnya anda masih harus memindahkan cucian dari tabung cuci ke tabung pengering.

Tidak banyak fitur yang ditawarkan untuk jenis mesin cuci ini, jadi jika bicara soal kebutuhan daya listrik, maka faktor utamanya adalah motor penggerak atau dinamo.

Dari beberapa situs resmi merek penyedia produk mesin cuci, didapati data berikut:

Kapasitas Merek Jenis Watt mencuci Watt pengering
6 kg Sharp 2 Tabung 320 99
7 kg Sharp 2 Tabung 330 99
8 kg Sharp 2 Tabung 350 85
9 kg Sharp 2 Tabung 255 105
See also  Mengenal Mesin Pengering Pakaian Konversi Gas yang Inspiratif

sumber: sharp.id

Kapasitas Merek Jenis Watt mencuci Watt pengering
7 kg Denpoo 2 Tabung 400 200
8 kg Denpoo 2 Tabung 370 150
11 kg Denpoo 2 Tabung 550 220

sumber: denpoo.co.id

Jika kita lihat data pada tabel, tampaknya kapasitas cuci tidak berbanding lurus dengan kebutuhan listrik, alias semakin besar mesin cuci, belum tentu watt nya juga lebih besar. Kita ambil contoh mesin cuci sharp, varian dengan kapasitas cuci 9kg-nya justru membutuhkan daya listrik lebih sedikit dibanding varian dengan kapasitas 6kg.

Kok bisa? Walaupun kedua mesin cuci sama-sama bermerek Sharp, tapi keduanya berasal dari lini produk yang berbeda. Dimana tipe 9kg dipasarkan dalam lini produk yang lebih mewah.

Maka watt yang lebih kecil ini mungkin disebabkan oleh perbedaan kualitas motor yang dipakai, dan sebagaimana orang biasa sebut, ada harga ada kualitas.

Baca juga: Perbedaan Mesin Cuci 1 Tabung dan 2 Tabung, Bagusan Mana?

Konsumsi Listrik Mesin Cuci 1 Tabung

Selanjutnya mari kita bahas tipe mesin cuci 1 tabung top load. Tipe dengan keunggulan dimensi lebih ramping ini memiliki motor penggerak yang berfungsi ganda baik itu untuk mencuci maupun mengeringkan. Fitur yang ditawarkan pun berbeda-beda. Anda bisa mengatur otomatisasi pencucian tergantung bahan cucian anda.

Ayo perhatikan sampel data yang telah kami himpun untuk mesin cuci 1 tabung di bawah ini!

Kapasitas Merek Jenis Watt mencuci Watt pengering
7,5 kg Sharp Top Load 1 Tabung 420 320
8 kg Sharp Top Load 1 Tabung 320
9 kg Sharp Top Load 1 Tabung 340

sumber: sharp.id

Kapasitas Merek Jenis Watt mencuci Watt pengering
6 Denpoo Top Load 1 Tabung 310 240
8 Denpoo Top Load 1 Tabung 325 250

sumber: denpoo.co.id

See also  Kulkas Inverter Adalah Solusi Teknologi Hemat Listrik, Betulkah?

Dari data diatas, lagi-lagi kami menemukan fakta bahwa kapasitas kecil belum tentu watt-nya pun lebih kecil. Varian 7,5 kg milik sharp justru membutuhkan watt lebih besar dibanding varian 8kg dan 9kg nya. Menariknya, mesin cuci Denpoo jenis 1 tabung memiliki rataan watt lebih kecil dibanding tipe 2 tabung.

Baca juga: Perbedaan Mesin Cuci Top Loading dan Front Loading, Apa Saja?

Penggunaan Listrik Mesin Cuci Front Loading

Mesin cuci front load terkenal membutuhkan daya listrik besar. Benarkah demikian? Jawabannya diplomatis, bisa ya, tapi bisa juga tidak. Tergantung mode cuci yang anda pilih.

Normalnya mesin cuci front loading hanya membutuhkan listrik 400-500 Watt. Tapi jika anda menyalakan fitur-fitur canggih, seperti misalnya fitur mencuci dengan air panas, maka kebutuhan listriknya akan melambung tinggi menjadi sekitar 2.200 Watt.

Pengaturan suhu mencuci
Pengaturan suhu mencuci

Kesimpulan

Jadi mesin cuci butuh berapa watt? Kebutuhan listrik mesin cuci tidak selalu terpaut pada kapasitas cuci, melainkan juga bergantung pada merek, kualitas mesin, dan fitur-fitur yang tersedia.

Rata-rata kebutuhan listrik untuk mesin cuci 2 tabung adalah 250-400 Watt, sama halnya dengan mesin cuci 1 tabung. Sementara untuk tipe front load, jika anda memakai fitur air panas maka kebutuhan listriknya bisa mencapai 2.200 Watt, tapi jika cuci normal maka hanya butuh 400-500 Watt.

Bagi anda yang sedang berburu mesin cuci, maka salah satu fitur yang mungkin anda inginkan adalah mesin inverter. Dengan inverter, maka kebutuhan watt akan menyesuaikan dengan banyaknya cucian. Jika cucian hanya setengah dari kapasitas mesin, maka kebutuhan watt nya pun mengecil sehingga lebih hemat listrik.

Check Also

Logitech C930E

Pilihan Webcam Terbaik Untuk Membuat Video Youtube

caramesin.com – Webcam Terbaik Untuk Membuat Video Youtube,  Webcam yang layak atau hebat adalah webcam ...

Selengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.