3 Fungsi Water Jacket Pada Sistem Pendingin Mobil

Membicarakaan sistem pendingin mobil tentu tidak terlepas dari pengaplikasian dan fungsi water jacket. Komponen pendingin satu ini diamini dapat menjaga kestabilan suhu mesin dengan apik, tanpa membuat komponen-komponen lain mengalami kerusakan. Pertanyaannya, kok bisa

Apa Itu Water Jacket?

Water Jacket adalah suatu ruang penyimpan air pendingin di dalam mesin yang mengelilingi permukaan silinder liner mesin, termasuk di antaranya cylinder block dan cylinder head. Cairan pendingin ini kemudian akan bersirkulasi melalui saluran sempit di antara silinder untuk memberikan pendinginan ke seluruh mesin.

Sebagai catatan, water jacket memiliki bentuk menyerupai setengah lingkaran, di mana ini menutupi combustion chamber di bagian atas silinder dan juga saluran dudukan valve ketika posisinya tidak jauh dari bagian kepalanya.

Lantas, Apa Fungsi Water Jacket?

Berikut beberapa fungsi water jacket versi kami, berdasarkan rangkuman dari berbagai sumber:

1. Menyerap Panas Cairan

fungsi water jacket dalam menyerap panas
Ilustrasi fungsi water jacket dalam menyerap panas

Dengan lokasi yang berimpit di antara silinder-silinder, jelas water jacket memegang andil sebagai “mantel” dari tubuh. Ibarat tubuh manusia yang terus saja panas karena beraktivitas, silinder mesin sebagai ruang terjadinya pembakaran pun perlu beristirahat (pendinginan). Pada fase sinilah water jacket akan menyerap panas lalu memindahkannya ke ruangan lain. 

2. Memberlangsungkan Sirkulasi Cairan

fungsi water jacket
Ilustrasi fungsi water jacket

Sesudah menyerap panas pada mesin, cairan akan bersirkulasi dengan damai di tengah lautan cairan coolant radiator. Bagaimana cara bisa bersirkulasi; dikontribusi besar oleh dorongan pompa air, dari bagian belakang (menyambung dengan radiator) ke bagian depan silinder. 

Nah, selama ada kehadiran l-head block, pemanasan secara progresif dari bagian depan silinder tak akan pernah terjadi. Meski begitu, tetap saja suhu tidak sedingin cairan pendingin di radiator. Sesampainya cairan pendingin (yang sudah tercampur, tentunya) ke radiator kembali, cairan akan didinginkan kemudian melanjutkan sirkulasi pendinginan mesin lagi.

 3. Sebagai Alarm Dibutuhkannya Memastikan Kestabilan Suhu 

fungsi water jacket
Letak water jacket pada engine blok

Adapun suhu mesin dijaga konstan di sekitar 85 – 95 derajat Celcius, sebagaimana dilansir dari laman Deltatube.com. Ini tidak boleh diganggu gugat, karena suhu dibawah standar mengakibatkan boros energi untuk pembakaran, sedang ketinggian memicu terjadinya overheat. Inilah sebabnya, meskipun sudah terdapat water jacket, kita dianjurkan untuk memasang thermostat, untuk memastikan kestabilan suhu mesin.

Itulah beberapa fungsi water jacket pada sistem pendingin mobil. Mendapati pengetahuan tentang water jacket tentu akan membantu kita mengenali kendala-kendala pada saat menyalakan mesin, juga menghindarkan diri dari overheat mesin atau marabahaya lainnya. Tambah lagi mengenali bagian-bagian yang perlu dimodifikasi agar mesin bisa beroperasi seperti sedia kala.

Tinggalkan komentar