Apa Fungsi Barometric Pressure Sensor? Perhatikan 4 Hal Ini!

Apakah Anda pernah mendengar tentang Barometric Pressure Sensor? Jika ya, dimanakah letak alat ini? Bagi Anda yang menjawab mobil atau kendaraan bermotor, selamat, Anda benar. Namun, secara spesifik, sensor ini tidak terdapat di sembarang mobil, melainkan hanya pada mobil yang menggunakan sistem Electronic Fuel Injection atau sistem bahan bakar injeksi.

Fungsi BP Sensor Pada Mesin Mobil

Letak Barometric Pressure Sensor di Mobil

Sensor yang satu ini tidak kalah penting dengan sensor lain. Ya, seperti halnya sensor lain yang terletak di dalam mobil, Barometric Pressure Sensor juga memiliki kegunaan khusus. Kegunaan ini berhubungan dengan ketinggian dari lokasi mengemudi Anda. Bagaimana bisa?

Secara sederhana, Barometric Pressure Sensor menjalankan konsep fungsi yang sama dengan barometer pada umumnya, yaitu mengukur tekanan atmosfer. Ternyata, tekanan atmosfer di sekeliling kendaraan sangat berpengaruh pada performa engine kendaraan, loh. Lantas, bagaimana hal ini terkait dengan fungsi BP Sensor?

Penjelasan point-by-point yang runtut di bawah ini akan menjelaskan fungsi Barometric Pressure Sensor dengan lebih mudah. Yuk, simak lebih lanjut urut-urutannya:

1. Tekanan Atmosfer di Sekitar Mobil

Tekanan Atmosfer di Sekitar Mobil
Tekanan Atmosfer di Sekitar Mobil

Dimanapun kendaraan beroperasi, akan ada tekanan atmosfer di sekeliling mobil. Tekanan atmosfer ini sangat bergantung pada nilai ketinggian (altitude) dari lokasi berkendara. Prinsipnya: (1) Semakin tinggi suatu daerah, maka tekanan atmosfernya akan semakin rendah; hal ini berlaku sebaliknya. (2) Semakin rendah tekanan atmosfer, semakin sedikit jumlah oksigen yang terdapat di udara; hal ini juga berlaku sebaliknya.

Baca juga: 6 Fungsi Throttle Position Sensor Pada Sistem Valve Kendaraan

2. Deteksi Tekanan Atmosfer Oleh BP Sensor

Barometric Pressure Sensor
Barometric Pressure Sensor

BP Sensor mendeteksi tekanan atmosfer di sekitar mobil menggunakan semi-konduktor. Hasil deteksi akan direkam sebagai output analog atau digital tergantung dari jenis BP Sensor yang terpasang. Kemudian, ECU (Electronic Control Unit) sebagai otak akan menerima informasi mengenai jumlah udara yang ada di luar mesin, lalu menggunakannya sebagai input untuk memberi tahu seberapa banyak oksigen dan fuel yang harus melalui proses pembakaran oleh engine.

See also  Ini bedanya spesifikasi iPhone 13 Pro Max dan iPhone 14 Pro Max Yuk Simak

3. Hasil Deteksi Mempengaruhi Kinerja Mesin Kendaraan

Mobil yang Melaju di Pegunungan
Mobil yang Melaju di Pegunungan

Sedikit dan banyaknya jumlah oksigen di udara akan mempengaruhi banyak sedikitnya udara yang masuk terhisap saat proses intake stroke mesin mobil. Banyaknya udara yang masuk ke ruang bakar menghasilkan pembakaran bahan bakar yang lebih cepat. Hasil akhirnya, pembakaran bahan bakar yang lebih cepat akan memicu penambahan tenaga dan performa yang lebih cepat pula.

Nah, dari penjelasan point-by-point di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa Barometric Pressure Sensor pada kendaraan bermotor berfungsi untuk mendeteksi tekanan atmosfer di luar engine mobil, sehingga menentukan seberapa besar nilai udara dan fuel (bahan bakar) yang akan berguna pada proses pembakaran untuk menghasilkan tenaga mesin dan performa yang tepat sesuai kondisi berkendara.

Baca juga: Apa Fungsi Water Temperature Sensor Pada Kendaraan?

4. Fungsi Lain dari Barometric Pressure Sensor

Penggunaan Barometer Pressure Sensor Untuk Identifikasi Cuaca
Penggunaan Barometer Pressure Sensor Untuk Identifikasi Cuaca

Apakah Barometric Pressure Sensor memiliki fungsi dan manfaat lainnya selain pada mobil? Ternyata ada! Barometric Pressure Sensor juga memiliki kegunaan untuk memprediksi perkiraan cuaca berdasarkan ada tidaknya peningkatan mendadak pada tekanan atmosfer di suatu wilayah.

Daerah yang menunjukkan adanya indikasi peningkatan tekanan atmosfer mendadak cenderung berpotensi besar untuk terjadinya hujan. Berkatnya, kita dapat melakukan planning kegiatan oudoor yang lebih baik dengan pertimbangan cuaca seperti ini.

Itulah pembahasan mengenai fungsi dari Barometric Pressure Sensor (BP Sensor). Ternyata, BP Sensor ini termasuk ke dalam komponen yang sangat berguna, baik dalam bidang otomotif, juga dalam peramalan cuaca. Itulah sebabnya, sensor ini cukup penting keberadaannya.

Baca juga: 3 Fungsi IATS Intake Air Temperature Sensor

Maka dari itu, apabila Anda mungkin berkesempatan untuk bersinggungan langsung dengan sensor ini, sangat disarankan untuk melakukan pengecekan rutin dan perawatan maksimal agar terhindar dari kerusakan atau kondisi apapun yang tidak diinginkan akibat BP Sensor yang tidak berfungsi dengan baik.

Related posts