Breaking News

Kulkas Inverter Adalah Solusi Teknologi Hemat Listrik, Betulkah?

Kulkas merupakan alat elektronik rumah tangga yang mengawetkan makanan dengan pendinginan. Karena fungsinya ini kulkas harus selalu dicolokkan dan mengkonsumsi banyak daya listrik. Di sisi lain, kulkas inverter adalah inovasi yang dibuat para produsen sebagai solusi untuk menghemat listrik.

Inovasi tersebut mengganti kompresor kecepatan tunggal dengan jenis kompresor inverter linier. Kompresor sendiri merupakan komponen utama dalam proses pendinginan suhu yang dilakukan oleh kulkas. Pergantian inilah yang membuat kulkas inverter punya beberapa kelebihan dibanding pendahulunya.

Nah sebenarnya apa itu kulkas inverter dan apa bedanya dengan kulkas konvensional yang umum di pasaran sebelum munculnya kulkas inverter? Silakan simak penjelasan kami berikut ini.

Cara Kerja Kulkas Konvensional

kulkas konvensional
Grafis perubahan temperatur dan kecepatan putar kompresor di kulkas konvensional

Sebelum adanya kulkas inverter, sebagian besar kulkas di pasaran menggunakan kompresor kecepatan tunggal yang hanya dapat bekerja dengan “menghidupkan” dan “mematikan” dengan 1 kecepatan saja (kecepatan tunggal). Pada grafis di atas bagaimana kulkas konvensional ON dan OFF dan pengaruhnya pada suhu dingin yang dihasilkan.

Ketika dihidupkan pertama kali kompresor akan berputar dan “bekerja keras” agar suhu di dalam kulkas mencapai tingkat yang sesuai dengan setting yang diinginkan. Ketika suhu tersebut telah tercapai, maka kompresor akan berhenti secara otomatis.

Kemudian ketika suhu di dalam kulkas naik, entah itu karena panas di luar yang begitu tinggi misalnya di siang hari atau karena hal lainnya, maka secara otomatis kompresor akan bekerja kembali untuk menurunkan suhu. Artinya, kompresor selalu ON dengan putaran maksimal lalu OFF kembali.

Karena kondisi tersebut kulkas pun mengkonsumsi banyak daya listrik dengan tidak efisien. Menurut Lee et al. (2008), dari total energi yang digunakan kulkas, lebih dari 80%-nya digunakan untuk kompresor. Oleh karena itu, efisiensi di bagian kompresor adalah solusi agar kulkas bisa lebih hemat daya listrik.

See also  Bagaimana Bunyi Kulkas yang Normal? Tenang, Ini Penjelasannya!

Kulkas Inverter Adalah Solusi Hemat Listrik

kulkas inverter adalah
Gambar kulkas inverter

Nah sekarang kamu sudah paham kenapa kulkas biasa disebut tidak efisien dalam menggunakan daya listrik. Masalah utamanya ada pada komponen kompresor yang hanya bisa bekerja ON dan OFF dengan satu kecepatan tunggal.

Para produsen pun memahami hal ini, maka mereka memunculkan inovasi berupa kulkas yang menggunakan kompresor inverter linier. Penggunaan kompresor ini diklaim bisa menghemat banyak daya pemakaian pada kulkas, mari kita lihat kenapa bisa seperti itu.

Kompresor inverter linier sendiri adalah kompresor yang dirancang agar bisa lebih efisien untuk kapasitas pendinginan yang kecil maupun besar menggunakan penggerak dengan magnet permanen dan piston bebas.

Kecepatan kompresor jenis ini dapat berubah mengikuti kapasitas pendinginan yang diperlukan dan fleksibel mengikuti suhu di luar kulkas sehingga bisa jauh lebih efisien dibandingkan kulkas biasa. Kamu bisa lihat grafik perbandingan antara kulkas konvensional dan kulkas inverter di bawah ini untuk lebih memahami perbedaan keduanya.

cara kerja kulkas inverter
Grafik perbandingan kulkas inverter dengan kulkas konvensional

Pada gambar di atas terlihat kerja kompresor di kulkas konvensional tetap di satu kecepatan saja. Sementara pada kulkas yang menggunakan kompresor inverter linier, putaran kompresor fleksibel mengikuti suhu di dalam kulkas.

Pada siang hari di mana suhu lingkungan yang panas mempengaruhi suhu di dalam kulkas, kompresor akan berputar untuk mengembalikan suhu ke kondisi stabil dengan kecepatan yang berubah secara linier dan perlahan.

Selain itu, kecepatan putaran maksimal dari kompresor fleksibel mengikuti kapasitas pendinginan yang dibutuhkan. Berbeda dengan kulkas konvensional yang bekerja dengan kompresor berkecapatan tunggal.

Baca juga: Berapa Watt Penggunaan Listrik Kulkas? Ini Jawabannya!

Kelebihan Kulkas Inverter

power saving
Ilustrasi hemat daya pada kulkas inverter

Pada grafis di atas sangat jelas ada gap penggunaan daya yang menunjukkan konsumsi daya dari kulkas inverter jauh lebih efisien. Alhasil, kita bisa membuat kesimpulan bahwa kulkas yang menggunakan kompresor inverter linier alias kulkas inverter adalah solusi untuk mengurangi konsumsi daya listrik dan dapat menjaga suhu dingin di dalam kulkas dengan lebih stabil sesuai kapasitas beban pendinginan.

See also  Pengertian Fiber Optik: Fungsi, Jenis, Cara Kerja Serta Keunggulannya

Nah ada satu lagi kelebihan dari kompresor inverter linier, yaitu suaranya yang jauh lebih sunyi saat bekerja. Sehingga kulkas inverter tidak mengeluarkan kebisingan karena transisi kecepatan dari kompresor yang lebih halus dibandingkan kompresor kecepatan tunggal yang kecepatannya berubah drastis dalam satu momen.

Demikianlah penjelasan kami tentang apa itu kulkas inverter, cara kerja serta perbedaannya dibandingkan dengan kulkas konvensional. Dari penjelasan di atas kamu bisa tahu bahwa kulkas inverter menawarkan suhu dingin yang lebih stabil, pemakaian daya listrik yang lebih efisien dan tingkat kebisingan yang jauh lebih minim.

Check Also

Cek Harga Dan Spesifikasi Laptop Acer Swift X (SFX14-41G) Dengan Performa Maksimal

Cek Harga Dan Spesifikasi Laptop Acer Swift X (SFX14-41G) Dengan Performa Maksimal

caramesin.com - Cek harga dan spesifikasi laptop Acer Swift X Maximum Performance (SFX14-41G). Ketika datang ke laptop, saya pasti mencari komputer yang ringan. Namun, performanya harus sangat tinggi dan Acer memperkenalkan SwiftX. Untuk Acer SwiftX (SFX14-41G) yang sudah memiliki line ID. Swift ini tipis, ringan, elegan dan memiliki karakter yang sangat bertenaga. Acer Swift X [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.