Breaking News

Penggunaan Listrik Setrika Berapa Watt? Ini Jawabannya!

Adanya setrika menjadikan aktivitas merapikan pakaian jauh lebih mudah. Pakaian tidak lagi kusut dan terlihat lusuh ketika sudah disetrika. Namun tahukah kalian, bahwa setrika merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang menghabiskan paling banyak listrik?

Faktanya, banyak dari rumah tangga sampai anak kosan yang memilih untuk mencuci baju sendiri. Sehingga mereka pun harus menyetrika pakaiannya. Lantas agar tagihan listrik tidak membengkak, sangat perlu untuk mengetahui spesifikasi setrika yang akan dibeli dan tentunya berapa watt setrika tersebut.

Konsumsi Daya Pada Setrika

Konsumsi Daya Pada Setrika
Setrika mengubah listrik menjadi panas

Saat ini, setrika punya dua jenis yang dapat dengan mudah ditemukan. Ada setrika biasa (kering) dan uap. Perbedaan mendasar pada keduanya adalah jika pada setrika kering hanya menghantarkan panas pada bagian besinya, maka setrika uap punya lubang yang dapat mengeluarkan uap air dan membantu proses penyetrikaan.

Setrika uap sebenarnya punya kemampuan merapikan pakaian yang lebih baik daripada setrika kering. Bahkan setrika uap diklaim bisa merapikan pakaian 3x lebih cepat daripada setrika kering. Namun sayangnya konsumsi daya pada setrika uap lebih boros jika dibandingkan dengan setrika biasa.

Mengapa demikian? Berikut adalah penjelasannya.

Berapa Watt Penggunaan Listrik Setrika Kering?

watt setrika kering
Penggunaan listrik setrika kering

Setrika kering merupakan jenis yang paling umum ditemukan di pasaran saat ini. Sebab, harganya yang terjangkau dan cara menggunakannya mirip dengan setrika jenis terdahulu.

See also  Apa Itu Inverter: Fungsi, Prinsip Kerja Dan Jenis-Jenisnya

Ada beberapa merk terkenal yang membuat setrika jenis ini. Seperti Maspion, Philips, Panasonic, Electrolux dan Miyako.

Konsumsi Daya Setrika (Watt)
Merk dan Tipe Konsumsi Daya
Philips Classic HD1772 350 watt
Electrolux EDI 2004 300 watt
Maspion HA-10 350 watt
Panasonic Dry Iron NI-317TVSR 300 watt
Miyako Electric Dry Iron EI-1000 M 320 watt
Sekai Setrika DI 886 350 watt

Konsumsi daya setrika biasa lebih renda dari setrika uap, yaitu hanya berkisar 300-350 watt. Namun perlu diingat bahwa setrika kering butuh waktu lebih lama untuk merapikan pakaian kusut. Sebab, setrika biasa tidak menyemprotkan uap air yang membuat proses setrika lebih cepat. Setrika kering juga lebih hemat energi karena fitur otomatis di dalamnya lebih sedikit daripada setrika uap.

Baca juga: Berapa Watt Penggunaan Listrik TV?

Konsumsi Listrik Setrika Uap Berapa Watt?

konsumsi setrika uap
Berapa watt konsumsi setrika uap?

Nah, jenis yang ini cukup berbeda dengan setrika biasa. Bagian atas dari setrika ini memiliki tangki untuk mengisi air. Sehingga nantinya, uap air akan keluar melalui bolongan besi di bagian bawah setrika. Setrika ini juga tidak membutuhkan pelembut untuk menggunakannya.

Berikut adalah beberapa merk dari setrika uap serta konsumsi dayanya, simak!

Konsumsi Daya Setrika Uap (Watt)
Merk dan Tipe Konsumsi Daya
Panasonic NI-P300T 350 watt
Philips GC3920/24 2400 watt
Philips GC1418/35 400 watt
Bosch TDA 2325 1200 watt
Deerma GT100 1000 watt
Beko STM-4116-B 1600 watt

Dapat kita lihat dari daftar tersebut, setrika uap memiliki konsumsi daya yang cukup tinggi bahkan melebihi 1000 watt. Penyebabnya adalah karena setrika uap punya lebih banyak fitur. Ditambah lagi perlunya energi tambahan untuk menyemprotkan uap air yang bagus untuk merapikan pakaian.

See also  Piezoelektrik Adalah: Pengertian, Cara Kerja dan Aplikasnya

Jadi, Penggunaan Listrik Setrika Berapa Watt?

Dengan data di atas, kita sudah dapat menjawab pertanyaan, setrika berapa watt? Maka untuk setrika kering atau setrika biasa rata-rata konsumsi dayanya adalah 300 – 350 watt. Sedangkan untuk setrika uap, konsumsi dayanya adalah 350 – 2400 watt. Masalah lebih bagus yang mana? Tentunya secara harga produk dan konsumsi daya yang lebih rendah, kami lebih memilih setrika kering sebagai pilihan.

Namun pada usaha laundry, banyak ditemukan setrika jenis uap. Alasannya adalah karena penggunaan setrika uap jauh lebih efisien dan cepat. Kerutan bandel juga dapat teratasi dengan mudah oleh setrika uap.

Baca juga: Berapa Watt Penggunaan Listrik Kulkas?

Tips Menghemat Konsumsi Daya Setrika

tips menghemat watt setrika listrik
Tips menghemat watt setrika listrik

Untuk mengatasi tagihan listrik yang membengkak, inilah tips seputar bagaimana cara menghemat konsumsi daya pada setrika, simak yuk!

1. Pastikan Adanya Fitur Otomatis Pada Setrika

Fitur yang satu ini tentu sangat membantu untuk menghemat konsumsi daya pada listrik. Karena, adanya fitur otomatis berarti setrika akan mati secara otomatis ketika suhu panas berlebih. Sehingga, tidak ada energi yang terpakai ketika setrika tidak dinyalakan.

2. Mengatur Setrika ke Suhu yang Tepat

Dengan suhu yang tepat, setrikaan tidak akan mengonsumsi listrik terlalu banyak. Maka, aturlah panas setrika ke suhu yang tepat untuk bahan pakaian yang akan kalian setrika. Tentunya dengan suhu yang tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi.

Pastikan untuk membeli setrika yang sudah punya fitur pengatur suhu, ya!

3. Matikan Setrika Jika Tidak Diperlukan

Nyalakan setrika ketika ingin benar-benar memakainya. Selain itu, menyalakan setrika terus-menerus juga dapat memicu kebakaran karena bagian besi setrika memiliki suhu yang sangat tinggi. Sehingga jika bagian besi setrika menempel pada benda yang mudah terbakar, tentu hal tersebut akan sangat membahayakan.

See also  7 Komponen Elektronika Beserta Fungsi Dan Penjelasannya

4. Setrika Melalui Bagian Dalam Pakaian

Menyetrika pakaian dari bagian dalamnya dapat membuat baju lebih awet, lho. Biasanya, jika menyetrika pakaian dari bagian luar, baju atau celana akan lebih cepat mengkerut.

Hal ini juga disebabkan karena bagian dalam pakaian lebih mudah dan licin untuk disetrika. Jadi, pakaian akan lebih rapi dan awet.

5. Menyiapkan Semua Peralatan Setrika Sebelum Mulai

Sebaiknya untuk menghemat waktu siapkanlah barang yang dibutuhkan untuk menyetrika. Karena meskipun hanya sebentar, namun tagihan listrik bisa jadi membengkak karena hal tersebut, lho. Jadi, buatlah waktu menyetrika kalian seefisien mungkin dengan menyiapkan semuanya sebelum menyalakan setrikaan.

Nah, itulah ulasan mengenai konsumsi daya pada setrika. Semoga ketika akan membeli setrika, tidak salah pilih, ya! Simak terus artikel-artikel menarik dari kami dan terima kasih.

Check Also

Cara Merawat Mesin Cuci Agar Awet Hingga 10 Tahun

Cara Merawat Mesin Cuci Agar Awet Hingga 10 Tahun

caramesin.com – Tips Menjaga Mesin Cuci Agar Awet Hingga 10 Tahun,Sebenarnya hal ini juga yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published.