Breaking News

7 Perbedaan Laserjet dan Inkjet Khususnya Pada Printer, Simak!

Semakin berkembangnya teknologi memberikan banyak kemudahan untuk manusia. Variasi alat bantu berbasis teknologi pun semakin banyak, termasuk pada printer. Kita tahu kini ada jenis laserjet Dan inkjet pada perangkat yang berfungsi mencetak file dari komputer menjadi dokumen fisik tersebut.

Walau secara fungsi sama, namun ada perbedaan laserjet dan inkjet yang cukup signifikan. Dari mulai jenis teknologi yang digunakan, tinta, kecepatan cetak, hasil cetak, harga dan perawatan keduanya tidak serupa.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang perbedaan laserjet dan inkjet pada printer. Jika kamu tertarik silakan disimak penjelasan kami ini hingga selesai.

Perbedaan Laserjet dan Inkjet

perbedaan injket dan laserjet
perbedaan injket dan laserjet

Seperti disinggung di atas ada perbedaan signifikan antara teknologi laserjet dan inkjet pada printer. Setelah dirangkum, kami menemukan ada tujuh poin yang membedakan keduanya. Apa saja? Silakan ini dia daftarnya.

1. Teknologi yang Digunakan

Perbedaan pertama terletak pada teknologi yang digunakan untuk mencetak. Printer laserjet bekerja menggunakan prinsip elektrik statis. Alat ini mencetak menggunakan sinar laser kecil yang mampu menembus photoreceptor dan bergerak secara horizontal membentuk tulisan atau gambar.

Sementara itu printer inkjet mengandalkan mulut semprot yang berada di kepala catridge. Printer ini mengaplikasikan tinta dengan cara mengeluarkannya melalui mulut semprot tersebut dan membentuk gambar atau tulisan.

2. Jenis Tinta

jenis tinta
Teknologi tinta

Tentunya tinta yang digunakan pun disesuaikan dengan cara kerja masing-masing. Pada jenis printer laserjet tinta yang digunakan adalah tinta bubuk atau disebut toner. Catdridge yang digunakan pun khusus untuk toner. Tinta bubuk alias toner ini dikenal lebih efisien, karena mampu menghasilkan cetakan yang kering dan tidak mudah luntur.

See also  4 Fungsi Fuse Pada Sistem Kelistrikan Kendaraan

Beda dengan Printer inkjet yang menggunakan tinta cair. Ada tiga jenis tinta yang umum digunakan pada printer inkjet, yaitu Dye Based Ink, Pigmen Art Ink dan Sublimation Ink. Lalu ada empat warna dasar yaitu hitam, cyan, blue dan magenta. Warna-warna tersebut akan disemprotkan sesuai dengan kebutuhan.

3. Kecepatan Cetak

Ada perbedaan cukup jauh jika membicarakani kecepatan, Printer laserjet mempunyai kapasitas cetak yang lebih besar dai printer inkjet, sehingga kecepatan cetaknya pun menjadi jauh lebih cepat. Dalam satu menit printer laserjet mampu mencetak hingga 20 halaman. Sementara jenis inkjet hanya dapat mencetak sejumlah 6 halaman dalam satu menit.

4. Kualitas Hasil Cetak

kualitas bagus hasil cetak
Kualitas bagus hasil cetak

Untuk kecepatan sudah kita tahu siapa pemenangnya, nah bagaimana dengan kualitas hasil cetaknya? Jawaban dari pertanyaan ini sangat berkaitan dengan tinta yang digunakan.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, printer laserjet menggunakan tinta jenis toner yang memang dikenal lebih efisien dibanding tinta pada printer inkjet. Walau ketika dilihat selewat hasil cetak tampak sama, namun nyatanya kualitas cetakan laserjet lebih baik dari inkjet, terutama masalah ketahanannya pada kelembapan.

Lalu di bagian detail juga ada perbedaan, jika diperhatikan printer laser dapat mencetak detail berukuran kecil dengan lebih baik. Sehingga apabila terdapat  gradasi warna di dokumen yang dicetak, maka hasilnya cetakan terlihat lebih solid. Sementara pada printer inkjet, hasil cetakan yang mempunyai gradient atau detail kecil akan sedikit kabur atau buram.

5. Harga Printer

Nah informasi perbedaan harga ini pasti sangat penting untukmu yang memang sedang mepertimbangkan akan membeli printer jenis apa. Dari segi kualitas tampaknya sudah jelas printer laserjet lebih baik. Tentu saja kualitas yang ditawarkan akan sebanding dengan harga yang harus dibayar.

See also  NTC Adalah: Pengertian, Cara kerja, Simbol Serta Karakteristik

Printer laserjet yang kini sudah mampu mencetak banyak warna umumnya dibandrol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan printer inkjet. Jadi jika kebutuhanmu hanya mencetak dokumen sederhana berupa teks, printer inkjet saja sudah cukup dan kamu bisa lebih menghemat pengeluaran.

6. Perawatan

perawatan
Ilustrasi perawatan

Seperti yang kamu sudah tahu, ada perbedaan karakteristik yang cukup jauh antara dua teknologi ini, sehingga otomatis treatment perawatannya pun tentu saja berbeda. Printer laserjet memerlukan perawatan yang sedikit lebih ribet dari jenis inkjet.

Printer laserjet dikenal lebih rentan pada masalah kertas yang tersangkut saat proses pencetakan. Jika ada masalah pada hasil cetak, pengguna lebih sulit untuk menemukan sumber masalahnya secara mandiri, sehingga perlu dibawa ke tempat service.

Semenatara itu, printer inkjet lebih mudah dari segi perawatan. Kamu hanya perlu secara rutin membersihkan fisik printer dari debu dan kotoran yang berpotensi menghambat kinerja printer. Sparepart-nya pun terbilang lebih terjangkau dibanding jenis laserjet.

7. Jumlah Pengguna

Kalau dilihat dari segi peminatnya, perbedaan laserjet dan inkjet tidak jauh. Keduanya memiliki jumlah peminat yang sama karena memang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga masyarakat membeli sesuai dengan hal tersebut.

Keduanya memiliki pasarnya masing-masing. Printer laserjet kerap digunakan untuk kebutuhan komersial, seperti jasa cetak foto, poster, label dan lainnya. Sedangkan printer inkjet lebih sering digunakan untuk kebutuhan rumahan atau perkantoran.

Nah itulah tujuh perbedaan antara printer laserjet dan inkjet. Kedua jenis printer ini dibekali dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sisanya terserah pada para pengguna, tinggal dicocokkan dengan kebutuhan dan mungkin juga budget. Kalau kamu sendiri, kira-kira lebih suka menggunakan yang mana?

Check Also

Logitech C930E

Pilihan Webcam Terbaik Untuk Membuat Video Youtube

caramesin.com РWebcam Terbaik Untuk Membuat Video Youtube,  Webcam yang layak atau hebat adalah webcam ...

Selengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.