Ini 9 Fungsi Printer, Dari Mencetak Dokumen Hingga Makanan!

Tak bisa dipungkiri bahwa dalam kehidupan sehari-hari, fungsi printer amat lekat dengan kebutuhan kita. Ada yang membutuhkan alat ini untuk mencetak foto, dokumen dan tujuan lainnya.

Printer sendiri merupakan salah satu alat yang cukup revolusioner di zamannya. Keberadaan pencetak tersebut pada mulanya diinisiasi oleh Charles Babbage pada abad ke-19.

Ide Babbage terus dikembangkan hingga lahirlah electronic printer yang diproduksi oleh Epson, sebuah brand Jepang yang hingga sekarang masih populer. Lantas, apa saja benefit atau manfaat yang bisa kita dapatkan dari mesin tersebut?

Tak sekedar mencetak dokumen, ternyata ada banyak lho kegunaan yang ditawarkan alat ini.

Apa Fungsi Mesin Printer?

Berikut ini rangkuman beberapa fungsi printer, mulai dari yang yang sederhana hingga yang kompleks. Fungsi dari printer adalah:

1. Mengubah Dokumen Soft File Dalam Bentuk Tercetak

Kegunaan pertama yang ditawarkan printer adalah kemampuannya dalam mengubah dokumen digital menjadi dokumen tercetak. Fungsi ini akan membuat seseorang bisa mencetak teks di Ms.word hingga perhitungan di Ms. Excel dengan menggunakan printer inkjet atau laser.

Pencetakan dokumen digital sendiri dilakukan dengan beberapa tujuan. Misalnya untuk:

  • Membuat laporan atau makalah akademik
  • Mencetak buku non fiksi maupun fiksi
  • Mencetak laporan keuangan untuk kebutuhan rapat perusahaan
  • Mencetak Foto

2. Mencetak Foto

cetak foto printer
Fungsi printer untuk mencetak foto

Selain mencetak dokumen teks, manfaat printer yang juga cukup mendasar adalah kemampuannya untuk mencetak foto. Fungsi ini akan membantu Anda mendapatkan pas foto untuk kebutuhan kerja hingga foto keluarga untuk dipajang.

Hasil cetakan foto dari printer pun terus mengalami perbaikan. Seiring berjalannya waktu, warna hingga kontras foto semakin terlihat bagus dan indah.

3. Mencetak Spanduk hingga Pamflet

Manusia berkomunikasi dengan media visual. Dalam kegiatan promosi baik yang berorientasi profit ataupun tidak, seringkali dibuat spanduk, pamflet, hingga brosur.

Printer dengan kemampuannya mencetak gambar dan teks, akan membantu pembuatan media-media tersebut. Fungsi printer ini pun telah dikomersialisasi dengan berdirinya jasa percetakan yang menawarkan layanannya ke masyarakat.

Rekomendasi baca: Fungsi printer mini

4. Mencetak Produk Sablon

Sablon adalah sebuah metode pencetakan tinta pada bahan kain. Sablon bisa digunakan untuk menghasilkan kaos organisasi hingga tas souvenir pernikahan.

Alat yang digunakan dalam proses sablon pada dasarnya adalah sebuah printer khusus. Printer tersebut dimodifikasi sehingga sesuai untuk pencetakan pada bahan kain.

tas sablon
Fungsi printer dalam mencetak mock up

5. Fungsi Printer Ganda sebagai Scanner dan Fotokopi

Tak sedikit produk printer yang dilengkapi dengan alat scanning dan fotokopi. Sebagaimana yang kita ketahui, kedua fitur ini memungkinkan seseorang untuk:

  • Mengubah dokumen tercetak menjadi dokumen digital (scan)
  • Memperbanyak dokumen tercetak dengan lebih cepat (fotokopi)

Fitur-fitur ini pun akan mempermudah aktivitas akademik hingga profesional seseorang. Misalnya saat seorang mahasiswa harus men-scan lembar persetujuan penelitian hingga menfotokopi hasil penelitiannya.

6. Mengirimkan Email dan Fax

Beberapa printer ternyata menawarkan fitur pengiriman email dan fax. Fungsi printer ini akan sangat membantu mereka di dunia kerja.

Coba, bayangkan bila Anda diminta untuk cepat mengirimkan dokumen. Pasti akan sangat merepotkan bila Anda harus melakukan scanning dulu lalu mengirimkannya via email secara manual.

7. Mengubah Desain Menjadi Model 3D

fungsi printer 3d
Fungsi printer membuat 3D

Pernahkah Anda mendengar produk printer 3D? Sebagaimana namanya, alat tersebut didesain khusus untuk mencetak sebuah desain 3 dimensi menjadi benda yang juga memiliki 3 dimensi. Jadi bisa dikatakan kalau modern printer berfungsi untuk menghasilkan sesuatu yang timbul, memiliki ukuran tinggi, panjang serta lebar.

Cetakan 3D sendiri nantinya bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti:

  • Kebutuhan media pembelajaran
  • Desain konstruksi bangunan
  • Pengobatan
  • Pembuatan kerajinan hingga perhiasan

8. Fungsi Printer untuk Mencetak Tato

Tato adalah gambar atau tulisan yang diterapkan pada tubuh dan berfungsi sebagai penanda atau estetika. Beberapa kalangan, baik suku-suku tradisional ataupun manusia modern, menyukai aplikasi tato pada tubuhnya.

Dan uniknya, saat ini sudah terdapat printer tato lho. Sayang, harga alat tersebut masih mahal dengan hasil yang belum begitu memuaskan.

9. Mencetak Makanan Siap Saji

Ya, Anda tidak salah baca. Teknologi printer memang terus berkembang, dan saat ini fungsi printer pun mencakup kemampuannya untuk mencetak makanan.

Ide yang kedengarannya seperti khayalan ini mulai banyak direalisasikan di negara maju. Teknologi yang diaplikasikan sendiri sejatinya serupa dengan teknologi ala printer 3D. Hanya saja, bahan yang digunakan adalah bahan yang dapat dimakan seperti coklat, krim, dan pasta.

Tinggalkan komentar