Breaking News

6 Cara Membuat Inverter Sederhana 1000 Watt dan Skemanya

Kita sudah sering bahas tentang apa itu inverter, alat yang digunakan untuk mengubah tegangan searah alias DC menjadi tegangan bolak balik atau AC ini memang perlu diketahui oleh banyak orang.  Pasalnya, fungsinya tersebut cukup membantu ketika kita butuh sumber tegangan AC saat berada di luar rumah.

Walau sudah banyak yang menjual alat bernama inverter ini dengan berbagai bentuk dan harganya, namun tak jarang orang yang lebih memilih membuatnya sendiri. Beruntung cara membuat alat satu ini tidak terlalu sulit.

Jika kamu juga termasuk yang lebih senang membuat sendiri di rumah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan  cara membuat inverter sederhana 1000 watt yang bisa kamu praktikan. Silakan disimak berikut caranya.

Alat dan Bahan: Membuat Inverter 1000 watt

cara membuat inverter sederhana 1000 watt
Percobaan rangkaian inverter di protoboard

Seperti judulnya,  rangkaian inverter yang akan kami bagikan mempunyai skema rangkaian yang sederhana. Tentu saja komponen yang dibutuhkan pun tak akan sulit dicari, rata-rata bisa kamu temukan dengan mudah di toko komponen elektronika.

Untuk sumber tegangan DC-nya, kamu bisa menggunakan apa pun asal totalnya tegangannya 12 Volt, entah itu baterai atau Aki atau yang lainnya.

Berikut komponen-komponen yang harus kamu siapkan untuk membuat inverter 1000 Watt sederhana:

  • Trafo 12 Volt CT minimum 10 Amp (1 buah)
  • Transistor Mosfet IRFZxx seperti IRFZ44 atau seri lainnya (2 buah)
  • Transistor NPN C945 (2 buah)
  • PCB (1 buah)
  • Resistor 470Ω (1 buah)
  • Resistor 4k7Ω (2 buah)
  • Kapasitor 10 uf (1 buah)
  • Kapasitor 100 nf (2 buah)
  • IC 78L12 (1 buah)
  • Protoboard (jika diperlukan)

Selain komponen, kamu juga perlu menyiapkan beberapa alat bantu, yaitu:

  • Solder dan timahnya
  • Tang pemotong
  • Obeng
  • Cutter
See also  Cara menggunakan mesin cuci 2 tabung yang benar

Skema dan Cara Membuat Inverter Sederhana 1000 Watt

rangkaian inverter sederhana
Rangkaian inverter sederhana 1000 Watt

Sedikit penjelasan tentang cara kerja skema di atas:

Skema di atas terdiri dari sebuah rangkaian flip flop yang dibuat dari dua transistor C945 dan dua kapasitor 100 nF, fungsinya sebagai pengumpan oscilator yang membankitkan sinyal kotak dengan Frekuensi sekitar 50 s/d 60 Hz.

Nantinya output sinyal kotak dari oscillator tersebut akan dikuatkan lagi oleh transistor MOSFET lalu diteruskan ke Trafo sebelum akhirnya trafo akan menaikkannya lagi menjadi nilai yang kita harapkan, yaitu 220V.

Nah kamu sudah melihat dan memahami cara kerja skema inverter sederhana yang akan kita buat, sekarang langsung saja ke proses pembuatannya. Kamu bisa ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Rangkai komponen-komponen yang sudah kamu siapkan mengikuti gambar skema rangkaian di atas. Jika kamu ragu untuk langsung merangkai di PCB, kamu bisa mencoba dulu merangkai di proto board. Setelah berhasil mencoba dengan proto board kamu akan lebih mudah memahami jalur yang harus kamu buat di PCB nantinya
  2. Setelah berhasil di proto board, mulailah merangkai di PCB dan solder tiap komponen pada jalur PCB.
  3. Coba dulu apakah flip flop berfungsi dengan baik. Caranya jangan dulu hubungkan rangkaian ke CT trafo, lalu alirkan listrik 12V ke rangkaian tersebut.
  4. Jika flip flop sudah berfungsi sebagaimana mestinya, silakan coba hubungkan rangkaian ke CT trafo.
  5. Terakhir tes rangkaian secara keseluruham, cobalah beri beban, bisa menggunakan lampu 220V/5Watt. Jika sumber 12 V dinyalakan dan lampu tersebut menyala, maka inverter sederhana buatanmu berfungsi dan kamu sudah berhasil membuat inverter.
  6. Kamu juga bisa menambahkan cashing jika memang diperlukan.

Nah demikianlah cara membuat inverter sederhana 1000 Watt yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Bagaimana, mudah kan? Selamat mencoba!

See also  Resistor Tetap Adalah: Pengertian, Bentuk Fisik dan Cara Membacanya

Check Also

Cek Harga Dan Spesifikasi Laptop Acer Swift X (SFX14-41G) Dengan Performa Maksimal

Cek Harga Dan Spesifikasi Laptop Acer Swift X (SFX14-41G) Dengan Performa Maksimal

caramesin.com - Cek harga dan spesifikasi laptop Acer Swift X Maximum Performance (SFX14-41G). Ketika datang ke laptop, saya pasti mencari komputer yang ringan. Namun, performanya harus sangat tinggi dan Acer memperkenalkan SwiftX. Untuk Acer SwiftX (SFX14-41G) yang sudah memiliki line ID. Swift ini tipis, ringan, elegan dan memiliki karakter yang sangat bertenaga. Acer Swift X [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.