Pengertian Sensor, Cara Kerja, Jenis, Serta Penerapannya

Kita sering mendengar teknologi yang canggih dilengkapi dengan sensor. Mulai dari yang jarang kita lihat di industri, hingga yang kita gunakan setiap hari seperti smartphone. Tapi apa sih sensor itu dan bagaimana cara kerja sensor pada umumnya? Kita akan lihat mulai dari pengertian, jenis dan cara kerja, hingga aplikasi dan penerapan dari sensor di bawah ini.

Apa itu Sensor?

Sensor adalah perangkat yang menerima dan mengukur input fisik dari lingkungannya dan mengubahnya menjadi data yang dapat diinterpretasikan oleh manusia atau mesin. Sebagian besar sensor bersifat elektronik (datanya diubah menjadi data elektronik), tetapi ada pula yang lebih sederhana, seperti termometer raksa (termometer kaca).  Jadi sensor bekerja tidak berdasarkan perintah atau instruksi dari sistem atau manusia melainkan karena menerima trigger atau pemicu dari luar. Sensor yang baik mempunyai 3 prinsip sebagai berikut:

  • Sensitif terhadap elemen yang diukur
  • Tidak sensitif terhadap elemen lain selain elemen yang diukur
  • Tidak mengubah kondisi elemen yang diukur

Sensor terbagi menjadi dua kategori yaitu sensor analog dan sensor digital. Kita akan lihat perbedaan dari sensor analog dan digital dalam penjelasan di bawah ini.

#Sensor Analog

Sesuai dengan namanya, sensor analog mengeluarkan sinyal secara berkelanjutan sebagai output dari pembacaannya. Biasanya sensor analog akan menghasilkan output yang mengikuti pembacaan secara terus menerus, sehingga dapat dimanfaatkan untuk pemantauan parameter secara langsung.

#Sensor Digital

Sensor digital menghasilkan output secara diskret yaitu 1 dan 0. Output dari sensor digital biasanya sudah berupa nilai biner sehingga dapat langsung diolah oleh logic controller. Selain itu sensor digital juga dapat ditransmisikan secara langsung melalui jalur komunikasi data, ini adalah salah satu kelebihan utama dari sensor digital.

Jenis-Jenis Sensor

Sensor memiliki banyak sekali variasi dan fungsi sesuai dengan parameter yang diukur. Sekarang kita akan melihat apa saja sensor yang ada, mungkin daftar ini tidak dapat mencakup semua sensor yang beredar tapi ini adalah sensor yang dapat mudah ditemukan dan dilihat penerapannya.

Proximity Sensor

proximity sensor
Sensor proximity

Sensor ini dapat dikatakan sebagai sensor “kedekatan”, yaitu sensor yang dapat mengukur jarak antara dua benda yang berdekatan. Metode proximity sensor dapat melalui beragam cara seperti optik (menggunakan infra merah atau laser) ataupun gelombang ultrasonic. Selain itu jika kita sempat melihat pada kategori induksi, maka sensor ini juga dapat bekerja menggunakan prinsip induksi elektromagnetik.

Sensor Suhu

sensor temperatur
Sensor suhu

Jenis sensor ini adalah yang paling mudah kita temui di berbagai peralatan rumah tangga di sekitar kita. Mulai dari AC, kulkas, dan berbagai peralatan lainnya. Pada sensor suhu, perubahan suhu sesuai dengan perubahan sifat fisiknya seperti resistansi atau tegangan. Ada berbagai jenis sensor suhu seperti IC (LM35), Termistor, Termokopel, RTD (Perangkat Suhu Resistif), dll.

Sensor Ultra Sonic

ultrasonic sensor
Ultrasonic sensor

Sensor ini bekerja secara non kontak yaitu tidak bersentuhan dengan benda secara langsung. Sebab sensor ultra sonic bersifat mirip seperti penerima sinyal radio, yaitu membaca gelombang ultra sonic yang ada di sekitarnya. Sensor ini bekerja berdasarkan sifat gelombang suara dengan frekuensi lebih besar daripada jangkauan suara manusia. Contoh paling terkenal untuk sensor ini adalah SONAR (sound navigation and ranging).

Sensor Radiasi

radiation sensor
Radiation sensor

Sensor Radiasi adalah perangkat elektronik yang mendeteksi keberadaan partikel alfa, beta, atau gamma dan memberikan sinyal ke penghitung dan perangkat tampilan. Spesifikasi utama mencakup jenis sensor dan energi minimum dan maksimum yang dapat dideteksi. Sensor ini sangat penting untuk orang yang bekerja di lingkungan yang banyak radioaktif sehingga penting untuk keselamatan jiwa.

Sensor Cahaya

light sensor
Light sensor

Kita sudah pernah melihat contoh paling mudah dari sensor ini yaitu LDR (Light Dependant Resistor). Sensor ini bekerja secara sederhana yaitu mendeteksi keberadaan dan intensitas cahaya yang ia terima. Pada contoh LDR, besaran cahaya akan menentukan besaran resistansi yang dihasilkan oleh sensor ini.

Sensor Pencitraan

Sensor ini mendeteksi keberadaan objek atau warna dalam bidang pandangnya dan mengubah informasi ini menjadi gambar visual untuk ditampilkan. Mirip dengan sensor cahaya tapi lebih kompleks dan memiliki fungsi yang lebih spesifik.

Sensor Tekanan

pressure level sensor
Pressure level sensor

Sensor ini adalah perangkat elektro-mekanis yang mendeteksi gaya per satuan luas dalam gas atau cairan dan memberikan sinyal ke input perangkat kontrol dan tampilan. Sensor tekanan biasanya menggunakan diafragma dan jembatan pengukur regangan untuk mendeteksi dan mengukur gaya yang diberikan pada area unit.

Sensor Logam

metal sensor
Metal sensor

Anda pasti sering melihat jenis sensor ini. Detektor ini adalah perangkat elektronik atau elektro-mekanis yang digunakan untuk merasakan keberadaan logam dalam berbagai situasi mulai dari paket hingga manusia. Detektor logam dapat bersifat permanen atau portabel dan mengandalkan sejumlah teknologi sensor dengan elektromagnetik yang populer.

Sensor Kelembapan

humidity sensor
Humidity sensor

Sensor kelembaban adalah perangkat elektronik yang mengukur jumlah air di udara dan mengubah pengukuran tersebut menjadi sinyal yang dapat digunakan sebagai input. Sensor ini banyak dimanfaatkan dalam industri agrikultur.

Faktor Penting pada Sensor

Seperti halnya perangkat elektronik atau komponen elektronik, sensor memiliki berbagai nilai dan atribut yang menentukan kualitas dan implementasi dari sensor untuk digunakan dalam berbagai sistem. Kita akan lihat atribut apa saja yang penting untuk dilihat dari suatu sensor.

Jenis

Sudah jelas bahwa jenis sensor akan menentukan penerapan dan penggunaannya. Tapi perlu diingat bahwa jenis ini harus diperhatikan secara spesifik, karena seperti dilihat sebelumnya ada sensor yang memiliki kemiripan fungsi tapi akan sangat berbeda tergantung dengan penerapannya.

Aplikasi

Aplikasi dari sensor itu sendiri sudah harus jelas sebelum digunakan. Jika digunakan dalam lingkungan yang berat maka sensor yang dipilih juga harus memiliki ketahanan dan tidak mudah memberikan false reading.

Waktu Respon

Sensor memiliki waktu respon yang beragam, hal ini penting untuk diperhatikan karena jika dibutuhkan waktu respon yang cepat maka sensor yang digunakan juga harus sesuai. Perbedaan waktu respon dapat mempengaruhi sistem secara keseluruhan

Contoh Penerapan Sensor

Sensor dalam industri
Sensor dalam industri

Nah sekarang kita akan melihat di industri dan bidang apa saja sensor digunakan dan jenis sensor apa saja yang bermain dalam industri itu. Berikut aplikasi penerapan sensor:

1. Otomotif

Dapat dilihat langsung di kendaraan yang kita gunakan, sensor banyak diterapkan dalam mobil masa kini. Yang paling mudah adalah proximity sensor untuk kebutuhan parkir.

2. Rumah Tangga

Sensor biasanya bekerja secara tersamarkan melalui berbagai perabot rumah tangga. Akan tetapi sensor juga dapat diterapkan secara langsung sesuai fungsinya, misalnya untuk smoke detector pada dapur rumah anda.

3. Industri Pabrik

Terdapat puluhan jenis sensor yang dapat digunakan dalam satu jenis industri saja mengingat begitu majunya otomatisasi saat ini. Dengan adanya sensor banyak pekerjaan manual bisa digantikan secara otomatis.

4. Kesehatan

Dalam situasi pandemi covid 19 kita melihat penerapan sensor yang ada dimana-mana dalam kaitannya dengan kesehatan yaitu thermo gun. Berbeda dari termometer klasik, thermo gun dapat mendeteksi suhu tanpa kontak fisik dan merupakan contoh sederhana penerapan sensor dalam dunia kesehatan.

Cukup banyak yang sudah kita bahas mengenai sensor ini. Dengan perkembangan dunia dan teknologi yang semakin maju maka tidak dapat dipungkiri bahwa sensor akan semakin berkembang di kemudian hari. Berbagai teknologi mulai dari yang dahulu hingga sekarang tidak akan bisa terlepas dari sensor, dan perkembangan kecanggihan sensor ke depan dapat dipastikan akan semakin maju.

Tinggalkan komentar