Cara Membuat Piezolektrik Sederhana, Panduan Lengkap!

Piezoelektrik adalah istilah yang dipakai untuk menyebut suatu efek, dimana material tertentu dapat menghasilkan muatan listrik ketika menerima tekanan. Material berbentuk kristal yang memiliki efek ini kemudian dimanfaatkan untuk membuat komponen elektronika.

Nah siapa sangka ternyata kita juga bisa membuat material Piezoelektrik sendiri lo! Asal alat dan bahannya terpenuhi, kamu dapat membuatnya dengan langkah yang sangat mudah, bahkan kamu bisa melakukannya di rumah.

Jika tertarik, maka kamu harus membaca tulisan kami ini hingga selesai, karena kali ini kami akan membahas cara membuat piezoelektrik sederhana yang dapat dipraktikan dengan cukup mudah di rumah.

Alat dan Bahan: Membuat Piezoelektrik

cara membuat piezoelektrik sederhana
Krim tartar salah satu bahan pembuat kristal piezoelektrik

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Material dari kristal Piezoelektrik adalah garam Rochelle atau Protassium sodium tartrate. Kita akan membuat material tersebut dengan menggunakan bahan-bahan yang relatif lebih mudah ditemukan.

Berikut bahan-bahan yang harus disiapkan untuk membuat piezoelektrik sederhana:

  • 500 g Baking soda atau Sodium bicarbonate
  • 200 g Krim tartar or Potassium bitartrate
  • 250 mL Air sulingan
  • Kertas saringan
  • Oven

Bagaimana, cukup mudah kan mencari bahan-bahan di atas? Nah sekarang kita bahas prosedur pembuatannya.

Cara Membuat Piezoelektrik Sederhana

cara membuat piezoelektrik sederhana
Ilustrasi pemanasan tidak langsung dengan media air

Setelah mengumpulkan bahan-bahan yang dibutuhkan kamu bisa mulai proses pembuatannya. Silakan ikuti langkah-langka sebagai berikut:

  1. Tabur baking soda secara merata di loyang
  2. Kemudian panaskan di dalam oven selama 4 jam, Pasang suhu 65° C pada jam pertama, lalu 120° C di jam kedua, 175° C di jam ketiga dan 230° C pada jam ke empat.
  3. Sambil menunggu proses pemanasan kita bisa melakukan tahapan lain.
  4. Larutkan krim tartar pada 250 mL air sulingan, kamu bisa menggunakan wadah yang tahan panas.
  5. lalu didihkan air biasa menggunakan panci, letakkan larutan krim tartar tadi di atas air tersebut. Jadi nantinya kamu akan memanaskan larutan krim tartar secara tidak langsung menggunakan perantara air yang mendidih.
  6. Panaskan panci di atas kompor. Kemudian saat air di dalam panci sudah mulai mendidih, tambahkan baking soda yang sudah kamu panaskan selama 4 jam sedikit demi sedikit ke larutan krim tartar. Tunggu sekitar 50 menit hingga warna larutan menjadi emas.
  7. Setelah itu, angkat larutan dan saring menggunakan kertas saringan.
  8. Nah kamu baru saja membuat larutan potassium sodium tartrate yang merupakan bahan yang memiliki sifat piezoeletrik.
  9. Silakan diamkan larutan tersebut selama 2 minggu hingga mengeras dan membentuk kristal piezoelektrik.
See also  Intip Daftar Harga HP Samsung Galaxy A Series Terbaru 2022 Di Bulan Juni

Setelah menunggu dua minggu dan larutan berhasil mengkristal, voila! Kamu pun sudah berhasil membuat material atau kristal piezoelektrik sendiri di rumah. Sekarang bagaimana caranya memicu muatan listrik dari kristal yang baru saja kamu buat?

Cara Menggunakan Kristal Piezolektrik

cara membuat piezoelektrik sederhana
Cara penggunaan kristal piezoeletrik

Tentu saja tujuanmu membuat kristal piezoelektrik bukan hanya untuk pajangan. Material tersebut pasti ingin kamu gunakan untuk menghasilkan muatan listrik sehingga kamu bisa mengaplikasikan pada alat elektronik. Lalu, bagaimana cara menggunakannya?

  1. Mudah saja, kamu tinggal meletakkan alumunium foil pada kedua sisi kristal dan sambungkan alumunium foil pada kabel.
  2. Coba tekan piezolelektrik tersebut, untuk melihat apakah ada muatan listrik yang timbul akibat tekanan yang kamu berikan, silakan hubungkan kabel dari alumunium foil pada voltmeter.
  3. Jika voltmeter menunjukkan adanya tegangan saat kamu menekan maka kamu sudah berhasil memicu tegangan dari kristal piezoelektrik buatanmu. Biasanya kita bisa mendapatkan tegangan hingga 3 volt.

Saran Penggunaan

aplikasi piezoelktrik
Salah satu pengaplikasian piezoelektrik

Nah sekarang kamu sudah bisa ‘memasak’ kristal piezoelektrik sendiri, lalu bagaimana penggunaan atau aplikasinya? Kamu bisa menggunakannya untuk banyak hal yang jelas kamu perlu paham prinsip kerja dari bahan ini adalah ketika di tekan dia akan mengeluarkan tegangan listrik.

  1. Kamu bisa membuat bel sederhana dengan mengoneksikan piezoelektrik ke komponen buzzer. Sehingga ketika kamu menekan kristal, maka buzzer akan mengeluarkan suara.
  2. Tahu sendal anak kecil yang dapat menyala ketika diinjak? Kenapa kamu tidak menggunakan kristal piezoelectric untuk membuat sendal semacam itu, nantinya kamu bisa berikan pada anak atau keponakanmu, bahkan menjualnya. Caranya tinggal memasukkan kristal ke sendal dan sambungkan ke led warna-warni.
  3. Atau kamu bisa menyusun beberapa piezoeltrik pada sebuah papan dan meletakkannya di lantai rumah. Sehingga setiap kali kamu menginjak papan tersebut akan muncul muatan listrik yang kemudian bisa kamu simpan pada sebuah baterai. Jadi hitung-hitung kamu membuat pembangkit listrik tenaga kaki.
  4. Kristal Piezoelektrik bisa juga dimanfaatkan sebagai sensor tekanan, karena material ini sangat peka terhadap rangsangan berupa tekanan.
  5. Atau pemanfaatan lainnya, yang jelas kamu hanya perlu mengotak-atik pemnfaatan output tegangannya saja.
See also  Pengertian Integrated Circuit (IC): Jenis, Bentuk dan Generasinya

Demikianlah tutorial cara membuat piezoelektrik sederhana yang bisa kamu praktikan dengan mudah di rumah. Bahan-bahan serta prosedur pengerjaannya di atas tidak sulit untuk dilakukan, jadi tunggu apalagi, silakan dicoba!

Related posts