Breaking News

Cara Membuat Inverter Otomatis Disertai Komponennya

Cara membuat inverter otomatis dapat dilakukan dengan menggunakan Sistem Kontrol Otomatis atau biasa disebut ATS (Automatic Transfer Switch) yang dipasang pada instalasi listrik. ATS adalah prosedur pemindahan saklar secara otomatis dengan skema dua input dan satu output.

Dua input itu adalah sambungan dari PLN dan inverter. Dengan adanya ATS, sumber listrik akan otomatis dipindahkan ke inverter ketika listrik utama dari PLN padam. Sehingga inverter akan menjadi penyuplai listrik di rumah atau gedung menggantikan suplai PLN.

Nah di tulisan kali ini kami akan menguraikan bagaimana cara membuat inverter otomatis dengan menggunakan ATS. Informasi ini akan sangat berguna untukmu yang menghendaki kinerja peralatan di rumah atau kantor tidak terganggu saat terjadi padam listrik secara tiba-tiba. Oleh karena itu silakan disimak hingga selesai penjelasan kami berikut ini.

Apa Itu Automatic Transfer Switch (ATS)?

cara membuat inverter otomatis
Diagram blok inverter otomatis sederhana

ATS adalah bagian utama ketika kamu ingin menjadikan panel inverter bekerja secara otomatis ketika listrik PLN padam. Oleh karena itu kamu perlu paham tentang alat ini, bagaimana prinsip kerjanya serta cara membuatnya.

Seperti yang kami singgung sebelumnya, rangkaian ATS atau Automatic Transfer Switch berfungsi untuk memindahkan supply daya yang awalnya dari PLN ke genset atau Inverter atau sebaliknya.

Jadi dengan memasang ATS pada instalasi listrik, jika listrik PLN padam, sumber darurat seperti genset atau UPS/inverter langsung menggantikan peran sebagai supply daya utama, sehingga alat-alat elektronik di rumah atau gedung bisa segera beroperasi kembali. Kemudian ketika listrik PLN sudah menyala, supply daya utama akan berpindah lagi ke sumber PLN.

cara membuat inverter otomatis
Skema sederhana ATS

Tanpa ATS kita harus memindahkan fungsi supply daya utama ini secara manual dengan menurunkan switch pada MCB atau menggunakan saklar engkol. Tentu saja cara ini tidak praktis dibanding menggunakan prosedur otomatis dengan menggunakan ATS. Komponen utama pada ATS sendiri adalah relay yang berfungsi memindahkan jalur input.

See also  Infinix INBook X2 Core i3 RAM 8GB/256 GB

Nah pada tulisan ini kami memang akan membagikan cara membuat ATS. Namun kami hanya memberitahukan versi sederhana dan termudah. Di mana kamu bisa menggunakannya pada sistem kelistrikan rumahan yang hanya satu fasa (F dan N).

Rangkaian yang kami bagikan cukup mudah dibuat, karena hanya menggunakan logika pergerakan membuka dan menutup beberapa saklar magnetis dari NO dan NC yang sistem kemagnetannya dikontrol oleh ON atau Off-nya listrik PLN.

Komponen yang Dibutuhkan

relay 220v 8 pin
Gambar komponen relay 220v 8 pin

Sebelum masuk ke cara membuatnya tentu saja kamu harus menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan. Komponen utama dalam rangkaian ATS sederhana ini adalah Relay 220V 8 pin. Komponen ini memiliki tiga pasang NO (Normally Open) dan NC (Normally Close) dan sepasang terminal K (Koil).

  • K (Koil), merupakan lilitan kawat alias kumparan pada sebuah relay yang akan menimbulkan medan magnet ketika dialiri listrik. Medan Magnet tersebut akan menarik saklar relay dan mengubah kondisi kontak hubung yang ada di dalamnya.
  • NO (Normaly Open), Sebuah kondisi kontak hubung yang dalam keadaan normal (saat Koil tidak menerima arus listrik) terputus (terbuka) alias tidak meneruskan listrik.
  • NC (normaly Close) Sebuah kondisi kontak hubung yang dalam keadaan normal (saat Koil tidak menerima arus listrik) terhubung (tertutup) alias meneruskan listrik.

Komponen yang harus disiapkan selanjutnya tentu saja inverter. Kamu bisa menngunakan inverter  pabrikan yang biasa dijual di pasaran atau bisa juga panel inverter sederhana hasil rakitan sendiri menggunakan trafo CT.

Cara Membuat Inverter Otomatis

cara membuat inverter otomatis
Skema ATS saat kondisi PLN ON

Nah sekarang kita akan masuk ke bagian utama dari pembahasan di tulisan ini, yaitu bagaimana cara membuat inverter otomatis. Caranya adalah dengan membuat rangkaian ATS sederhana seperti gambar di atas. Sumber listrik utama berasal dari PLN dan UPS/inverter menjadi sumber listrik cadangan.

See also  Cara Merawat Mesin Cuci Agar Awet Hingga 10 Tahun

Skema di atas adalah kondisi saat listrik PLN ON, kamu bisa lihat bahwa sirkuit yang mengarah ke PLN terhubung. Sehingga sumber daya yang mengalir ke beban berasal dari sumber utama PLN, sementara UPS/ Inverter dalam kondisi standby alias off.

Nah ketika PLN padam, maka kondisi rangkaian akan berubah menjadi seperti di bawah ini:

Cara membuat inverter otomatis
Skema ATS saat kondisi PLN OFF

Pada rangkaian di atas menunjukan rangkaian ATS dalam kondisi OFF (listrik PLN mati), kamu bisa lihat beban dialiri arus listrik dari UPS/ Inverter dan sirkuit ke sumber PLN terbuka atau terputus.

Nah itulah Cara Membuat Inverter Otomatis dengan menggunakan rangkaian ATS sederhana. Tapi perlu jadi catatan, rangkaian ini hanya akan efektif untuk beban ringan seperti untuk penerangan. Kamu bisa menggunakannya di rumah dengan listrik PLN satu fasa. Selamat mencoba!

Check Also

Cek Harga Dan Spesifikasi Laptop Acer Swift X (SFX14-41G) Dengan Performa Maksimal

Cek Harga Dan Spesifikasi Laptop Acer Swift X (SFX14-41G) Dengan Performa Maksimal

caramesin.com - Cek harga dan spesifikasi laptop Acer Swift X Maximum Performance (SFX14-41G). Ketika datang ke laptop, saya pasti mencari komputer yang ringan. Namun, performanya harus sangat tinggi dan Acer memperkenalkan SwiftX. Untuk Acer SwiftX (SFX14-41G) yang sudah memiliki line ID. Swift ini tipis, ringan, elegan dan memiliki karakter yang sangat bertenaga. Acer Swift X [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.