Breaking News

Apa Fungsi IATS Intake Air Temperature Sensor? Ini 3 Kegunaannya!

Apakah kamu pernah mendengar yang namanya IAT? Jika kamu seorang montir atau biasa mengutak-atik mobil mungkin istilah tersebut sudah cukup familiar untukmu. IATS merupakan singkatan dari Intake Air Temperature Sensor dan akan kamu temukan pada mobil di dekat filter udara di bagian mesin.

Fungsi IAT Sensor ini cukup penting untuk kinerja sebuah mobil. Nah memang apa saja fungsi dari IATS? Pada tulisan kali ini kami akan mengulas tentang IATS dan fungsinya, silakan disimak ini dia penjelasannya.

Apa Itu IAT Sensor?

Contoh komponen IATS

IATS (Intake Air Temperature Sensor) adalah alat atau bagian dari mobil yang berfungsi untuk mendeteksi suhu udara yang masuk ke dalam mesin mobil, tepatnya ke bagian  bagian throttle body atau sistem intake mobil.

Dalam menjalankan tugasnya sebagai sensor suhu, IAT menggunakan thermistor. Thermistor adalah komponen semikonduktor yang memiliki nilai resistansi yang dapat berubah sesuai dengan perubahan suhu.

Fungsi IAT Sensor di mobil cukup penting, sifatnya yang bisa mendeteksi suhu diperlukan untuk beberapa kebutuhan. Ketika bagian ini rusak, kamu akan segera mengetahuinya karena ada beberapa kondisi mobil ang berubah, seperti akselerasinya yang melambat, bahan bakar jadi boros, hingga mesin susah dinyalakan.

Nah kamu sudah sedikit berkenalan dengan IATS, sekarang mari kita bahas fungsi dari alat ini pada mobil. Silakan disimak!

Fungsi IAT Sensor

fungsi Iat sensor
Letak IAT Sensor

Secara umum, IATS berfungsi membantu bagian Intake dalam mengetahui perubahan udara yang masuk. Namun ada beberapa fungsi lainnya dari IATS pada kendaraan mobil, berikut diantaranya:

See also  Keunggulan Kamera Nikon D3300, Murah tapi Tidak Murahan

1. Membantu Mengatur Kerja Injektor

Fungsi utama dari IATS adalah mengukur perubahan suhu dari udara yang masuk ke intake manifold. Semakin dingin udara yang dideteksi oleh IATS, maka bahan bakar yang disemprotkan lewat injector akan semakin banyak.

2. Berperan dalam Menghemat Bahan Bakar

Bagian ECU (Engine Control Unit) membutuhkan campuran udara dengan bahan bakar untuk membuat mesin mobil bekerja. Pasokan udara dikirim dari bagian intake dan kehadiran IATS membantu kerja intake lebih optimal yang juga berpengaruh pada konsumsi bahan bakar.

3. Menjaga Kualitas Akselerasi Mobil

Seperti sudah dijelaskan bahwa ECU mencampurkan bahan bakar dengan udara yang berasal dari Intake. IATS membantu mendeteksi suhu udara, sehingga intake bisa mengirimkan intensitas udara sesuai dengan keadaan suhu. Hal ini membuat campuran antara bahan bakar dan udara selalu dalam porsi optimal dan membuat akselerasi mobil pun dalam kondisi terbaik.

Baca juga: Apa Fungsi Barometric Pressure Sensor? Perhatikan 4 Hal Ini

Demikianlah penjelasan apa itu IATS (Intake Air Temperature Sensor) dan fungsinya. Alat ini cukup penting untuk membantu dalam mendeteksi suhu udara yang masuk ke mesin mobil. Semoga membantu.

Check Also

Tips Cara Mudah Belajar Saham Untuk Pemula,

Cara Mudah Belajar Saham Untuk Pemula

caramesin.com – Berikut Ini Tips Cara Mudah Belajar Saham Untuk Pemula,Milenial, apa kabar? Ya, pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published.