Mesin V8: Konfigurasi Mesin Penghasil Tenaga Badak Namun Tetap Smooth

Meski sering terdengar, mesin V8 jarang ditemukan di Indonesia. Maklumlah, mesin kendaraan dengan konfigurasi ini hanya terdapat pada kendaraan bertenaga besar, seperti mobil sport, pesawat dan sejenisnya. Bahkan di kelas mobil sport, konfigurasi ini hanya digunakan pada kompetisi mobil sport papan atas seperti Nascar dan Formula 1.

Mesin V8 adalah mesin dengan 8 silinder berkonfigurasi cabang berbentuk ā€˜Vā€™ Setiap cabangnya terdiri dari 4 silinder sebaris dan semua piston dalam silindernya bersama-sama menggerakkan crankshaft. Dari jumlah silindernya bisa ditebak, mesin ini menghasilkan tenaga badak dan konsumsi bahan bakar yang lumayan boros.

Jarang Ditemui di Mobil Kapasitas Kecil

mesin v8
Penggunaan mesin v8

Konfigurasi mesin ini jarang ditemui pada mobil dengan kapasitas kurang dari 3.0L. Sebagai gantinya, banyak pabrikan otomotif yang menawarkan mesin V6 sebagai penggantinya.

Kelebihan mesin V8 adalah kemampunya mengoptimalkan pembakaran dan mereduksi getaran mesin, karena sudutnya yang 90 derajat. Meski demikian, salah satu kelemahan mesin ini adalah membutuhkan ruang mesin yang lebih besar.

Mulai Diperkenalkan Tahun 1904

mesin v8
Rolls Royce 20HP 1905-1906 (foto : Rolls-Royce motorcars)

Meski besar, mesin V8 bukan tak pernah digunakan di jalanan. Terutama di Amerika Serikat. Pada tahun 1904 perusahaan otomotif seperti Renault mulai memperkenalkan penggunaan mesin ini pada produksinya. Awalnya digunakan pada pesawat. Selanjutnya mereka mencoba untuk mengaplikasikannya pada mobil jalanan, namun dalam jumlah yang masih sedikit.

Selanjutnya Rolls Royce pun pernah menggunakan mesin ini pada mobil produksinya, yakni Rolls Royce V8 dengan kapasitas 3535 cc. Namun tak lama, pabrikan ini mengubahnya menjadi mesin V6.

Menginspirasi AS Untuk Produksi Massal

Tak surut dengan gebrakan Rolls Royce, De Dion Bouton mencoba memperkenalkan mobil buatannya yang bermesin V8 dengan kapasitas super besar, yaknti 7773 cc serta memajangnya di AS.

See also  Ini Cara Kerja Mobil Listrik Yang Ramai Saat Ini

Dari awal keberadaan mesin V8 dan sejarah ketangguhannya menginspirasi perusahaan otomotif di AS untuk memproduksinya secara massal. Seperti Cadillac yang berhasil menjual sebanyak 13.000 mobil V8 buatannya yang berkapasitas 5429cc diikuti Oldsmobil dan Chevrolet.

Related posts