Cara Kerja Mesin Cuci Top Load (1-2 Tabung) dan Front Load

Memahami prinsip dan cara kerja mesin cuci dapat membantu kalian mengidentifikasi dan menemukan kesalahan pada mesin cuci ketika tidak bekerja semestinya. Mesin cuci sendiri memiliki banyak tipe dan tiap tipe terbagi lagi beberapa prinsip kerja tergantung komponennya. Ada mesin cuci top load yang tabung nya mengarah ke atas, ada juga front load yang biasa dijumpai di toko laundry dimana tabungnya mengarah ke depan. Top load sendiri terbagi menjadi satu dan dua tabung, ada yang menggunakan agitator ada juga yang tidak. Simak penjelasan tentang mesin cuci lebih lengkap.

Konsep Dasar Mesin Cuci

Prinsip kerja mesin cuci cukup sederhana. Drum mesin cuci berputar dua arah dan mengaduk aduk pakaian dengan air sabun detergen selama beberapa menit (sesuai yang diinginkan). Setelah itu, pakaian akan dibilas dan dikeringkan dengan memutar tabung secara cepat. Perlu kalian ketahui bahwa sebenarnya ada dua lapis tabung pada tiap mesin cuci, yaitu tabung dalam dan luar.

Tabung dalam (inner drum) merupakan bagian yang bisa kalian lihat secara langsung setelah membuka penutup mesin. Di tabung inilah pakaian diletakkan dan dicuci. Beberapa mesin cuci menggunakan tabung dalam sebagai pengaduk pakaian seperti pada mesin cuci front-load dan beberapa mesin cuci top-load, beberapa juga menggunakan agitator untuk memutar pakaian.

Baca juga: Bagaimana Cara Kerja Air Conditioner (AC) Pada Mobil? Simak!

Komponen Mesin Cuci

Berikut bagian penyusun sistem washing machine yang harus kalian fahami fungsinya:

Komponen Fungsi
Tabung dalam Merupakan komponen utama dimana pakaian ditaruh untuk dicuci. Drum ini dapat berputar dan memiliki banyak lubang kecil pada sisinya. Lubang ini memungkinkan air masuk dan keluar.
Paddles Semacam dayung kecil yang terletak di tepi drum. Bagian kecil ini membantu untuk mengaduk dan mencampur pakaian saat dicuci
Agitator Pemutar dalam mesin cuci pada bagian tengah. Tidak semua mesin cuci top load memiliki agitator. Beberapa menggunakan tabung bagian dalam untuk memutar pakaian, sama pada mesin cuci front-load
Tabung luar Tabung yang satu ini tidak bergerak alias diam. Fungsi utamanya adalah menahan air agar tidak bocor keluar.
Thermostat atau elemen pemanas Beberapa mesin cuci yang canggih memiliki alat pemanas air. Tentu thermostat dapat mengatur suhu air yang digunakan, sesuai yang diprogram oleh user
Pompa Pompa dapat mengisap air dan mengeluarkannya dari mesin
Programmer Mengatur jalan kerja mesin cuci dari proses pencucian hingga pembilasan dan pengeringan
Pipa dan valves/katup Sebagai saluran tempat mengalirnya air. Katup berfungsi untuk menghentikan dan menjalankan aliran.

Jenis dan Cara Kerja Mesin Cuci

Seperti yang telah dibahas, mesin cuci terbagi beberapa tipe dengan kelebihan dan kekurangannya masing masing. Saya tidak akan menekankan pembahasan terkait pro and cons nya, namun lebih ke cara kerjanya. Berikut jenis mesin cuci dan prinsip kerjanya:

Mesin cuci front-load

Cara kerja mesin cuci front load
Cara kerja mesin cuci front load – via explainthatstuff.com

Mesin cuci front-loading termasuk tipe mesin cuci yang populer di Eropa dimana tabung nya (drum) terpasang secara horizontal. Mesin cuci ini biasa dijumpai di tempat tempat laundry mandiri. Berikut prinsip cara kerja mesin cuci front-load (nomor merujuk ke komponen pada gambar):

  1. Terdapat tabung bagian luar yang statis atau tidak bergerak (warna biru) sementara tabung bagian dalam berputar (warna merah). Tabung dalam ini memiliki lubang lubang kecil pada bagian tepinya dan dipasang menghadap ke depan.
  2. Tabung bagian luar dipasang pada kerangka mesin dengan menggunakan pegas (spring). Pegas ini berfungsi untuk menyerap getaran kencang pada tabung saat berputar (proses mengeringkan)
  3. Air panas dan dingin masuk melalui penampan detergen (jika mesin cuci menggunakan air panas, banyak mesin cuci yang tidak memiliki fasilitas ini)
  4. Tabung bagian dalam berputar pada 2 arah, yaitu searah dan berlawanan jarum jam. Benda kecil yang seperti dayung plastik (berbentuk segitiga warna abu abu) bertugas untuk mengaduk dan mencampur pakaian dengan detergen dan air
  5. Motor elektrik digunakan sebagai sumber tenaga mampu memutar tabung bagian dalam. Keduanya terhubung oleh belt/tali yang terbuat dari karet (warna kuning).
  6. Komponen pemanas dapat memanaskan air sesuai kebutuhan
  7. Ketika siklus pencucian selesai, pompa akan mengisap air cucian pada tabung sehingga bisa dikeringkan
  8. Air keluar melalui pipa pengering

Mesin cuci top-load 1 tabung

Cara kerja mesin cuci top loader
Cara kerja mesin cuci top loader – via explainthatstuff

Berbeda dengan front loader, mesin cuci top loader memiliki tabung yang terpasang secara vertikal. Tipe ini terbilang populer dan banyak dipakai di benua Amerika dan Asia. Pada mesin cuci satu tabung, drum bagian dalam bertindak sebagai drum pencuci sekaligus pengering. Di samping itu, beberapa mesin cuci satu tabung memakai agitator, banyak juga yang tidak. Berikut detail cara kerja mesin cuci 1 tabung:

  1. Penutup mesin cuci – biasanya harus ditutup. Terlebih ketika tabung berputar kencang saat proses spinning / pengeringan pakaian
  2. Sama seperti sebelumnya, terdapat dua jenis tabung yaitu tabung dalam (merah) dan tabung luar (biru).
  3. Air panas dan dingin masuk melalui pipa bagian atas, kemudian menyiram detergen (jika mesin cuci menggunakan air panas, banyak mesin cuci yang tidak memiliki fasilitas ini)
  4. Selama proses pencucian, agitator (hijau) berputar, membasuh, mencuci, mengaduk serta mencampur air sabun dan pakaian. Jika mesin cuci tidak memiliki agitator, maka tabung dalam akan berputar dan melakukan fungsi semestinya untuk membersihkan pakaian
  5. Agitator atau tabung digerakkan oleh motor listrik, terhubung oleh belt
  6. Ketika proses pengeringan atau spinning, motor listrik akan memutar drum bagian dalam (merah) pada kecepatan yang tinggi. Hal ini membuat kandungan air pada pakaian terhempas keluar melalui lubang lubang kecil pada drum. Inilah penerapan fisika yang disebut gaya sentrifugal. Sama hal nya ketika kalian memeras pakaian.
  7. Saat selesai, pompa akan mengisap air dan membawanya keluar melalui saluran khusus

Mesin cuci top-load 2 tabung

mesin cuci dua tabung
Mesin cuci dua tabung

Baik mesin cuci satu tabung dan dua tabung sebenarnya memiliki prinsip kerja yang sama terlepas dari kekurangan dan kelebihannya. Letak perbedaannya adalah mesin cuci dua tabung memiliki tabung terpisah untuk proses pencucian dan pengeringan. Jadi, saat timer pencucian selesai, pakaian perlu dipindahkan ke tabung spinning untuk pengeringan.

Baca juga: Bagaimana Cara Kerja Kulkas Mendinginkan Makanan?

Program Pada Mesin Cuci

Semua komponen pada mesin cuci memiliki fungsi masing masing. Peranan program tentu saja penting untuk memastikan ke semua bagian tersebut bekerja dengan benar. Program ini dapat diatur sesuai dengan karakteristik pakaian yang hendak dibersihkan.

Salah satu alasan mengapa program itu penting adalah karena mesin cuci belum bisa membedakan jenis kain pakaian, cara pencucian yang tepat, dan sebagainya. Pengguna harus mengaturnya sendiri. Program ini hadir untuk membantu kalian.

Program ibaratnya otak dari mesin cuci, tergantung bagaimana program ini diatur mesin cuci akan bekerja.

Tinggalkan komentar