Breaking News

Ketahui 2 Perbedaan ELCB dan MCB Berdasarkan Aspeknya

Anda mungkin sudah familiar dengan Earth-Leakage Circuit Breaker (ELCB) dan Miniature Circuit Breaker (MCB). Kedua komponen tersebut dapat ditemukan hampir di setiap bangunan yang dipasangi instalasi listrik, termasuk rumah yang kita tinggali, ataupun gedung perkantoran tempat kita bekerja.

Perbedaan Antara ELCB dan MCB

perbedaan elcb dan mcb
Perbedaan elcb dan mcb

Di atas ini merupakan tampilan wujud dari Earth-Leakage Circuit Breaker (ELCB) dan Miniatur Circuit Breaker (MCB). Meskipun terlihat sama, namun keduanya memiliki perbedaan yang mendasar. Apa sajakah perbedaan? Simak penjelasannya di bawah ini.

Earth-Leakage Circuit Breaker (ELCB)

ELCB berfungsi untuk mendeteksi adanya perbedaan arus akibat kebocoran dan mencegah potensi bahaya yang bisa terjadi. Contoh kasusnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Kondisi arus normal
Kondisi arus normal

Gambar tersebut menggambarkan keadaaan:

  • ELCB tidak mendeteksi gangguan aliran listrik
  • Nilai arus dari kabel fasa sama dengan kabel netral
Terjadi perbedaan arus di kabel fasa dan kabel netral
Terjadi perbedaan arus di kabel fasa dan kabel netral

Lalu, saat Anda memegang kabel fasa, yang terjadi adalah:

  • ELCB mendeteksi adanya perbedaan arus
  • Nilai arus yang masuk ke ELCB melalui kabel netral berkurang
  • Anda mengalirkan listrik ke tanah/bumi melalui tubuh

Arus listrik yang seharusnya hanya mengalir sepanjang kabel menuju perangkat elektronik akan “keluar jalur” melalui tubuh Anda hingga ke tanah/bumi. Akibatnya, jumlah arus yang kembali ke ELCB melalui kabel netral menjadi berkurang sehingga aliran listrik harus segera diputus.

Akan tetapi, apakah hanya manusia yang menjadi penyebabnya?

Tidak, karena hewan peliharaan pun dapat tersengat listrik jika menyentuh kabel fasa yang sedang berisi muatan. ELCB akan memutus aliran listrik selama kondisi jumlah arus yang melewati kabel netral berkurang.

See also  Apa Fungsi IATS Intake Air Temperature Sensor? Ini 3 Kegunaannya!

Dari penjelasan di atas, ELCB berperan untuk mencegah risiko kebakaran akibat kebocoran arus, sehingga instalasi listrik dan penggunanya tetap aman dari segala bahaya yang memungkinkan.

Miniature Circuit Breaker (MCB)

Sementara itu, MCB hanya bertugas untuk memutus aliran jika terjadi kelebihan beban maupun hubungan pendek arus listrik (korsleting). Contoh kasus yang menjadi pemicu pemutusan arus listrik oleh MCB antara lain:

  • Ketika beberapa perangkat elektronik Anda dinyalakan bersamaan dan membutuhkan arus listrik di luar kapasitas
  • Adanya kabel yang terkelupas dan bersentuhan satu sama lain sehingga nilai arus yang mengalir menjadi berlipat ganda

Kejadian-kejadian tersebut akan membuat MCB memutus arus untuk melindungi perangkat elektronik dari kerusakan dan imbasnya terhadap instalasi listrik lainnya.

Lalu, bagaimana dengan lonjakan daya?

MCB masih mengizinkan terjadinya lonjakan daya yang melebihi kapasitas arus listrik karena hanya berlangsung sekilas dan arus akan kembali normal. Misalnya, mesin besar yang baru saja menyala akan mengakibatkan lonjakan daya secara singkat, hal ini tidak akan menyebabkan arus terputus.

Perbedaan Antara ELCB dan MCB?

Sederhananya, fungsi dari kedua benda tersebut adalah memberikan proteksi pada instalasi listrik dan perbedaannya dapat disajikan dalam bentuk tabel di bawah ini.

Tabel perbedaan antara Earth-Leakage Circuit Breaker (ELCB) dan Miniatur Circuit Breaker (MCB)
Tabel perbedaan antara Earth-Leakage Circuit Breaker (ELCB) dan Miniatur Circuit Breaker (MCB)

Sangat direkomendasikan bagi Anda untuk memasang kedua komponen tersebut agar keamanan instalasi listrik lebih terjamin.

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan antara Earth-Leakage Circuit Breaker (ELCB) dan Miniature Circuit Breaker (MCB). Semoga penjelasan yang dipaparkan di atas dapat dipahami dan bermanfaat bagi Anda.

Check Also

Cek Harga Dan Spesifikasi Laptop Acer Swift X (SFX14-41G) Dengan Performa Maksimal

Cek Harga Dan Spesifikasi Laptop Acer Swift X (SFX14-41G) Dengan Performa Maksimal

caramesin.com - Cek harga dan spesifikasi laptop Acer Swift X Maximum Performance (SFX14-41G). Ketika datang ke laptop, saya pasti mencari komputer yang ringan. Namun, performanya harus sangat tinggi dan Acer memperkenalkan SwiftX. Untuk Acer SwiftX (SFX14-41G) yang sudah memiliki line ID. Swift ini tipis, ringan, elegan dan memiliki karakter yang sangat bertenaga. Acer Swift X [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.