Pengertian Bel Listrik Serta Kegunaannya, Penjelasan Singkat!

Apa kamu pernah mendengar alarm kebakaran? Atau di sekolahmu memakai bel yang bunyinya mirip alarm kebakaran? Jika pernah, berarti kamu sudah tahu bagaimana suara yang dihasilkan oleh alat yang disebut bel listrik.

Pada tulisan kali ini kami akan memperkenalkan apa itu bel listrik dan kegunaannya. Bagi kamu yang tertarik, silakan disimak penjelasan singkat berikut ini.

Pengertian Bel Listrik

bel listrik
Gambar bel listrik

Bel Listrik adalah alat elektronik berupa bel yang bekerja dengan memanfaatkan arus listrik yang diubah jadi bunyi atau suara. Bel ini memanfaatkan prinsip elektromagnetik yang digunakan untuk menggerakkan fungsi mekanik yang dapat membunyikan atau memukul gong.

Alat ini memanfaatkan sifat kumparan (lilitan kawat konduktor pada inti besi) yang jika dialiri listrik akan menghasilkan medan magnet. Medan magnet tersebut akan menarik logam yang dinamakan armature yang disambungkan ke pemukul lonceng sehingga pergerakan armature tersebut membuat bel berbunyi.

Jadi dengan menggunakan bel listrik, lonceng bel tidak perlu dipukul secara manual, melainkan hanya dengan menekan switch, bel pun akan berbunyi dengan intensitas yang rapat dan nyaring. Jadi selain memudahkan di sisi pengoperasian, bel listrik juga membantu menghasilkan suara yang lebih intens.

Baca juga: Bagaimana cara kerja bel listrik menghasilkan bunyi?

Kegunaan Bel Listrik

bel listrik
Gambar bel listrik tanpa casing

Karakteristik bunyi dari bel listrik serta cara kerjanya, membuat alat ini dapat difungsikan dengan beberapa kegunaan, diantaranya sebagai berikut:

1. Tanda Peringatan

Melihat prinsip kerjanya yang dapat membuat lonceng bisa berbunyi lebih mudah hanya dengan menekan sakelar dan intensitas suara lonceng yang rapat dan nyaring maka bel listrik sangat efektif digunakan untuk tanda peringatan. Contoh penggunaannya adalah alarm kebakaran, alarm pencuri dan lain sebagainya

2. Penanda Kedatangan Kereta

Sama seperti fungsinya sebagai peringatan, bunyi deringnya yang intens juga membuat bel listrik seringkali digunakan di perlintasan kereta api yang dibunyikan sebagai penanda saat ada kereta api yang lewat.

3. Sebagai Bel Rumah

Dulu sebelum ada bel yang bekerja secara wireless seperti sekarang, bel listrik ini digunakan oleh pemilik rumah sebagai penanda datangnya tamu.

4. Sebagai Bel Sekolah

Bel listrik juga sering dimanfaatkan sebagai bel sekolah untuk memberitahu pergantian jam pelajaran atau waktu istirahat dan pulang.

5. Membuat Ritme

Bel listrik juga bisa menghasilkan nada dan ritme dengan beberapa penyesuaian. Bahkan seiring pengembangannya, bel listrik juga bisa memainkan nada atau lagu.

Nah itulah penjelasan singkat kami mengenai apa itu bel listrik dan kegunaannya. Bel jenis ini masih tetap eksis hingga saat ini malah semakin berkembang dengan dipadukan bersama rangkaian elektronik lainnya dan sentuhan digitalisasi. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar