3 Langkah Cara Membuat Bel Listrik Sederhana dan Cepat!

Bel listrik sederhana adalah  alat yang bisa menghasilkan bunyi dengan memanfaatkan gaya elektromagnetik. Suara tersebut dihasilkan dari benturan pemukul dan lonceng, pemukul bergerak dengan ditarik oleh lilitan yang berubah jadi magnet saat dialiri listrik.

Dalam cara membuat bel listrik sederhana fisika ini ada dua bagian utama yang harus diperhatikan yaitu; kumparan yang terbuat dari sebuah paku yang dililit kawat dan sumber bunyinya bisa menggunakan lonceng sepeda.

Nah jika kamu ingin membuat bel listrik sederhana, maka tulisan kami kali ini mungkin akan membantumu karena kali ini kami akan membahas tentang alat bahan dan cara membuat bel listrik sederhana. Langsung saja kita masuk ke pembahasannya.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

alat dan bahan membuat bel listrik sederhana
Beberapa alat membuat bel listrik sederhana

Alat serta bahan-bahan yang digunakan dalam membuat bel listrik sederhana ini berasal dari barang-barang bekas yang umumnya dapat ditemukan dengan mudah di sekitar kita. Atau kalau pun ada bahan yang tidak kamu temukan dalam keadaan bekas, bahan tersebut masih bisa kamu beli dengan harga murah.

Untuk sumber dayanya, kita akan menggunakan listrik sekitar 9 hingga 18 volt. Jika lebih dari itu kumparan yang kita buat bisa terlalu panas. Sebaliknya jika terlalu kecil, kerja dari bel buatanmu tidak akan optimal atau bahkan tidak bekerja sama sekali.

Berikut alat dan bahan yang harus kamu siapkan untuk membuat sebuah bel listrik sederhana:

Bahan-bahan

  • Selembar papan kayu berukuran 30 x 25 cm dan tebal sekitar 1 cm.
  • Kawat tembaga dengan diameter 1 mm dan panjang kurang lebih 11 m.
  • Satu buah saklar (bisa menggunakan saklar lampu rumah bekas)
  • Sumber daya listrik, bisa menggunakan satu buah baterai 9 volt, beberapa baterai dipasang seri dengan total tegangan 9-18 volt atau adaptor yang rentang tegangannya 9-18 volt.
  • Satu paku besi 9 inci (paku usuk).
  • Sekrup atau paku kecil (paku triplek) secukupnya.
  • Lembaran aluminium bisa menggunakan kemasan bekas minuman kaleng.
  • Sepotong kayu dengan diameter sekitar 1-1,5 cm (sebesar spidol besar).
  • Satu buah sekrup ukuran 1,5 inci.
  • Satu buah bel atau lonceng (bisa menggunakan bel sepeda bekas).
  • Pelat besi tipis berukuran 1×15 cm
  • Pelat baja tipis berukuran 1 x 7 cm (bisa menggunakan cutter bekas).

Alat-alat

  • Tang
  • Tang pemotong
  • Palu
  • Obeng minus ukuran kecil
  • Obeng plus ukuran kecil
  • Pisau kecil atau pisau lipat
  • Gunting
  • Solder dan tinolnya
  • mistar
  • pensil

Cara Membuat Bel Listrik Sederhana

Seperti judul yang kami sematkan, cara membuat bel listrik sederhana ini memang benar-benar sederhana. Pengerjaan yang harus dilakukan tidak terlalu kompleks, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pembuatan Kumparan

Contoh kumparan
Contoh kumparan dari kawat tembaga dan paku
  1. Langkah pertama adalah membuat kumparan yang nantinya berperan sebagai sumber medan magnet. Caranya dengan melilitkan kawat tembaga ke paku paku ukuran 9 inci. Silakan sesuaikan banyaknya lilitan dengan kebutuhanmu.
  2. Jumlah lilitan minimal untuk membuat kumparan dengan bahan kawat tembaga berdiameter 1 mm pada paku 9 inci dan sumber tegangan 9-18 volt adalah sekitar 200-300 lilitan. Jika ingin menghasilkan medan magnet yang lebih kuat, kamu bisa menambah jumlah lilitannya, namun daya listrik yang dibutuhkan akan lebih banyak.

2. Pembuatan Pemukul Bel

cara membuat bel listrik sederhana
Dudukan pemukul bel listrik
  1. Lempengan baja akan digunakan sebagai pegas dan lempengan besi sebagai lengan pemukul. Buat dudukan yang nantinya menjadi tempat pemukul lonceng menempel di papan. Dudukan dibuat dari besi siku-siku tipis (atau dapat dibuat dari membengkokkan lempeng besi).
  2. Pasang siku-siku tersebut ke papan dengan sekrup (atau bisa dipaku), gunakan dua buah sekrup agar lebih kokoh. Kemudian satukan lempengan baja dan lempengan besi pemukul ke dudukan dengan menggunakan sekrup, agar lebih kuat kamu bisa mensolder keduanya ke sekrup (agar lebih jelas perhatikan gambar di atas).
  3. Kemudian solder kawat tembaga yang berasal dari kumparan dengan lempengan baja yang terhubung ke interuptor (sekrup berukuran 1,5 inci).

3. Proses Perangkaian

cara membuat bel listrik sederhana
Gambar rangkaian bel listrik sederhana
  1. Siapkan papan sebagai tempat menempel semua komponen yang akan dirangkai
  2. Pasang baterai atau sumber daya lain dekat dengan saklar. Sambungkan sumbu positif baterai ke saklar dan negatif ke kumparan.
  3. Tempelkan kumparan yang sebelumnya sudah kamu buat ke papan. Kamu dapat menempelkannya menggunakan penahan yang dibuat dari lembar alumunium dari kaleng bekas minuman. Potong dan lipat, kemudian simpan aluminum tersebut di atas kumparan dan paku atau sekrup tiap ujungnya ke papan (lihat gambar).
  4. Pasang paku yang lebih kecil sebagai interuptor dengan menggunakan penahan yang terbuat dari kayu. Sekrup atau paku penahan tersebut agar kuat menyatu dengan papan. Solder kawat tembaga dari saklar ke interuptor.
  5. Pasang saklar di dekat baterai, kemudian solder kawat tembaga untuk menghubungkan saklar dengan baterai.
  6. Pasang pemukul di dudukannya.
  7. Terakhir pasang bel atau lonceng di tempat yang bisa dijangkau oleh pemukul saat bergerak oleh tarikan medan magnet (lihat gambar).

Nah itulah cara membuat bel listrik sederhana, bagaimana menurutmu, mudah kan? Jika kamu membutuhkan bel yang bunyinya berulang dan intense, kamu bisa mencoba cara yang ada di tulisan ini di rumah karena mudah dan bahannya murah. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar