Breaking News

4 Cara Mudah Mengatasi Freezer Tidak Beku atau Dingin

Freezer merupakan salah satu fitur dalam lemari es yang mempunyai peran cukup penting. Selain untuk membuat es batu, freezer juga berguna untuk membekukan makanan agar tetap awet. Namun, seperti alat elektronik lainnya, freezer juga dapat mengalami kegagalan fungsi, contohnya suhu tidak dingin. Jangan khawatir, sebab ada banyak cara mudah untuk mengatasi freezer tidak beku atau dingin.

Freezer menjaga suhu di dalam kulkas agar tetap ideal. Suhu yang ideal akan mematikan bakteri dan jamur yang kemungkinan hidup akibat adanya bahan makanan mentah di dalam kulkas. Hal ini karena bakteri dan jamur tidak dapat berkembang di suhu rendah. Oleh sebab itu, akan sangat tidak nyaman dan berbahaya apabila freezer tidak berfungsi dengan baik.

Cara Mengatasi Freezer yang Tidak Beku atau Dingin

Ada begitu banyak penyebab freezer tidak dapat berfungsi dengan baik. Di antaranya adalah letak kulkas yang kurang tepat, sirkulasi udara pada kulkas tidak lancar, kipas kondensor rusak, kegagalan sistem defrost, kompresor rusak, dan lain sebagainya. Freezer yang tidak beku atau dingin dapat Anda atasi dengan mudah lewat cara-cara berikut ini:

1. Membersihkan kumparan (coil) kondensor

Kumparan (Coil) Kondensor Kulkas
Kumparan (Coil) Kondensor Kulkas

Hal ini berlaku khusus untuk lemari es yang kumparan kondensor-nya berada di luar, biasanya di bagian belakang. Bagian kumparan yang kotor akan menyumbat gerak kondensor sehingga tidak dapat menyerap udara dengan baik. Sebab itu, bersihkan komponen ini minimal 6 bulan sekali untuk memastikan kumparan dapat bekerja dengan baik.

See also  Pengertian OTDR, Fungsi, Cara Kerja Hingga Software Simulasinya

2. Memeriksa motor kipas evaporator

Motor Fan Evaporator Kulkas
Motor Fan Evaporator Kulkas

Di bagian atas kumparan evaporator terdapat kipas evaporator. Cara untuk memastikan kipas ini bekerja atau tidak cukup mudah, yaitu cukup dengan membuka pintu kulkas kemudian tekan saklar pintu kulkas secara manual. Apabila evaporator tidak bekerja, berarti kipas mungkin mengalami kerusakan. Solusinya adalah melakukan penggantian kipas evaporator, dapat melalui toko online maupun jasa perbaikan.

3. Memeriksa thermostat pengatur suhu

Thermostat Pengatur Suhu Kulkas
Thermostat Pengatur Suhu Kulkas

Periksa thermostat pengatur suhu pada freezer. Cara memeriksanya adalah cukup dengan memutar knop thermostat dari low ke high. Apabila terdengar bunyi “klik” di titik tertentu berarti thermostat dalam keadaan normal. Namun apabila tidak terdengar bunyi “klik”, dapat disimpulkan thermostat rusak. Jika demikian, maka solusinya adalah melakukan penggantian dengan memanggil jasa perbaikan.

4. Memastikan rusak atau tidaknya komponen kulkas dengan multimeter

Kompresor Kulkas
Kompresor Kulkas

Multimeter merupakan sebuah alat yang berfungsi mengukur 3 parameter listrik, yaitu tegangan, hambatan, dan arus listrik. Apabila sebuah komponen tidak berfungsi dengan baik, multimeter akan menunjukkannya lewat nilai yang tidak normal. Nah, gunakan multimeter untuk mengukur komponen kulkas berikut ini:

Komponen Letak Solusi
Start Relay Kompresor Lepaskan sambungan listrik dari steker kulkas, lalu cabut start relay dari dalam kompresor. Sambungkan multimeter pada starter relay dan uji apakah masih terdapat parameter listrik di dalamnya atau tidak. Apabila tercium bau gosong, solusi terbaiknya adalah menggantinya dengan yang baru.
Defrost Belakang Freezer Pasangkan multimeter pada sistem defrost kulkas dan amati apakah masih terdapat sambungan listrik. Bila tidak, solusi yang perlu dilakukan adalah mengganti sistem defrost kulkas dengan yang baru.
Kompresor Bagian Bawah Belakang Kulkas Pasangkan multimeter pada pin listrik di samping kompresor. Sama seperti sebelumnya, apabila tidak ada tanda-tanda listrik tersambung pada tampilan multimeter, maka penggantian kompresor baru adalah jawabannya.
See also  Pengertian Transistor: Fungsi dan Perannya Dalam Dunia Digital

Check Also

Cek Harga Dan Spesifikasi Laptop Acer Swift X (SFX14-41G) Dengan Performa Maksimal

Cek Harga Dan Spesifikasi Laptop Acer Swift X (SFX14-41G) Dengan Performa Maksimal

caramesin.com - Cek harga dan spesifikasi laptop Acer Swift X Maximum Performance (SFX14-41G). Ketika datang ke laptop, saya pasti mencari komputer yang ringan. Namun, performanya harus sangat tinggi dan Acer memperkenalkan SwiftX. Untuk Acer SwiftX (SFX14-41G) yang sudah memiliki line ID. Swift ini tipis, ringan, elegan dan memiliki karakter yang sangat bertenaga. Acer Swift X [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.