5 Cara Setel Throttle Position Sensor Dengan Benar

Throttle Position Sensor (TPS) adalah sebuah sensor yang memiliki banyak fungsi pada suatu komponen mobil injeksi. Salah satu fungsi utamanya adalah mendeteksi seberapa banyak bahan bakar yang akan mengalir berdasarkan seberapa besar pedal gas yang terbuka. Seperti halnya komponen lain, TPS juga perlu readjustment (penyesuaian / setel ulang) sewaktu-waktu. Sebab itu, Anda perlu mengetahui mengenai cara setel Throttle Position Sensor.

Hanya beberapa faktor yang dapat menjadi alasan untuk melakukan readjustment, atau yang dalam istilah bahasa Indonesia-nya “setel ulang” pada TPS. Faktor yang dimaksudkan adalah pada saat TPS mengalami kerusakan, atau ada penggantian beberapa part yang berhubungan dengannya, seperti injector, piston, kepala silinder, pompa bahan bakar, sensor oksigen, dan sebagainya.

Cara Setel Throttle Position Sensor (TPS)

Throttle Position Sensor (TPS)
Throttle Position Sensor (TPS)

Tujuan setel ulang pada Throttle Position Sensor sebenarnya bermacam-macam, tergantung pada sebab mengapa TPS perlu readjustment atau penyesuaian. Namun, tujuan utamanya berfokus agar putaran pada mesin lebih stabil, dan juga untuk mengatur berapa perbandingan bahan bakar dengan udara yang harus digunakan (mengatur boros tidaknya bahan bakar dalam satu tarikan gas).

Sebaiknya TPS tidak diutak-atik sembarangan tanpa sebab yang jelas, sebab setting TPS default pabrik biasanya merupakan setting terbaik. Selain itu, setting TPS mengharuskan pemiliknya untuk melakukan reset aki, idle clearing, dan kalibrasi automatic. Namun, apabila ada suatu hal yang menyebabkan Throttle Position Sensor perlu di setel ulang, ikuti langkah-langkah mudah berikut ini:

  1. Identifikasi letak Throttle Position Sensor. Matikan mesin mobil. Akses TPS dengan membuka kap mobil. Posisi TPS akan berbeda untuk setiap jenis mobil, namun TPS biasanya terletak di tubuh silinder utama. Setelah itu, lepaskan TPS dengan cara mengendurkan baut bintang pengunci-nya.

    Letak Throttle Position Sensor dan Baut Penguncinya
    Letak Throttle Position Sensor dan Baut Penguncinya
  2. Set multimeter (multitester) dengan TPS. Masukkan kutub positif dari kabel multimeter ke socket tengah TPS. Lalu, pasang kembali socket ke tempat asalnya. Set multitester ke voltmeter untuk mengukur voltase, kemudian pasangkan kutub negatif dari kabel multimeter ke kutub negatif aki mobil.

    Pengaturan Multimeter Pada TPS dan Aki Mobil
    Pengaturan Multimeter Pada TPS dan Aki Mobil
  3. Ukur voltase dengan multimeter yang sudah terpasang ke TPS. Apabila semua sudah terhubung sesuai dengan langkah nomor 2, selanjutnya ubah posisi kontak menjadi on tanpa menyalakan mesin mobil. Lakukan pembacaan pada angka yang tertera di multimeter.
  4. Lakukan penyesuaian TPS. Angka yang ideal untuk penggunaan bahan bakar normal berkisar di 0.50 hingga 0.53 volt. Apabila pembacaan pada multimeter berada di luar kisaran angka tersebut, lakukan penyesuaian dengan cara menggeser Throttle Position Sensor sesuai gambar berikut hingga memperoleh angka yang sesuai.

    Pengaturan Pergeseran Posisi TPS
    Pengaturan Pergeseran Posisi TPS
  5. Kencangkan baut pengunci. Setelah mendapatkan angka yang ideal pada multimeter, kencangkan baut bintang pengunci agar posisi TPS terkunci pada setting yang tepat. Setelah itu, lepaskan semua sambungan multimeter lalu tutup kap mobil. Dengan demikian, penyesuaian TPS telah berhasil.
See also  Bagaimana Prinsip Cara Kerja Laser? Simak Jawabannya!

Related posts