Fungsi Alternator pada Mobil Adalah? Berikut 5 Kegunaannya!

Alternator merupakan sebuah komponen yang sangat penting bagi kendaraan bermesin, khususnya pada mobil. Karena tanpa adanya alternator, sebuah kendaraan tidak akan bisa berjalan dan bekerja sebagaimana fungsinya. Komponen ini juga biasa disebut dinamo ampere atau generator.

Kebanyakan orang mengira bahwa aki merupakan sumber listrik bagi semua kendaraan. Memang betul, namun alternator merupakan komponen yang memberikan daya kepada aki terlebih dahulu. Kemudian baru dari aki kepada komponen lain.

Komponen alternator juga memiliki beberapa bagian penting di dalamnya yang turut serta membantu memberikan tegangan listrik pada aki. Antara lain Rotor, Stator, Rectifier/Dioda, Fan serta regulator.

Kurang lebih cara kerja singkat alternator yaitu; memberikan energi elektromagnetik/kinetik pada aki, sehingga dapat membangkitkan energi listrik yang berfungsi untuk menyalakan bagian komponen mobil yang memerlukan, seperti starter mobil, AC, wiper, power window, radio dan audio mobil.

Jadi, tanpa adanya alternator, aki tidak akan bisa berfungsi sebagai sumber listrik pada mobil. Untuk mengetahui apa saja fungsinya, di bawah ini kami sudah merangkum 5 fungsi komponen alternator pada mobil kalian, simak yuk!

5 Fungsi Penting Alternator Pada Mobil 

fungsi penting alternator
Apa saja fungsi penting alternator?

Berikut adalah fungsi dari alternator pada mobil yang perlu kalian ketahui:

1. Mengubah energi mekanik menjadi energi listrik

Prinsip utama pada cara kerja alternator adalah mengubah energi mekanik sehingga dapat menghasilkan tegangan/energi listrik yang sesuai untuk menyalakan komponen-komponen dalam mobil seperti AC, Lampu, Roda dan Audio mobil.

2. Menjadi penghasil energi listrik ke komponen lain dalam mobil

Alternator merupakan komponen utama sebagai penghasil listrik dalam mobil selain aki. Karena, komponen yang satu ini akan memberikan daya dan tegangan pada aki. Sehingga, aki dapat mengalirkan energi listrik yang akan disalurkan ke berbagai komponen lainnya.

See also  Fungsi Dioda Zener: Cara Kerja, Cara Mengukur Hingga Cara Pasangnya

3. Mempertahankan tegangan listrik aki agar tetap stabil

Dalam pengaturan tegangan, alternator juga dibantu oleh regulator. Tanpa alternator yang berfungsi dengan baik, aki hanya bisa bertahan kurang dari 30 menit. Karena, jika baterai aki tidak mendapatkan tegangan yang sesuai, biasanya anda menemukan bahwa aki akan soak/mati.

4. Mengubah arus DC menjadi AC

Perlu diketahui bahwa komponen dalam alternator akan menciptakan arus listrik AC. Sedangkan, kebanyakan mobil membutuhkan arus listrik DC untuk output nya. Maka dari itu, fungsi rectifier dalam alternator adalah mengubah arus listrik AC menjadi DC sehingga bisa mengaktifkan komponen lainnya.

5. Men-charge baterai atau aki pada saat kalian berkendara

Pada dasarnya, alternator merupakan generator dan aki merupakan baterai. Maka, fungsi alternator adalah men-charge aki dan memastikan bahwa aki siap untuk digunakan ketika sedang berkendara.

Cara juga: 4 Fungsi Fuel Pressure Regulator Mobil

Kesimpulan

Fungsi utama alternator pada mobil adalah memberikan tegangan elektromagnetik atau kinetis kepada aki. Sehingga, aki dapat memberikan energi listrik kepada komponen dalam mobil yang memerlukannya.

Karena alternator sangatlah penting dalam suatu mobil, maka anda harus memastikan bahwa alternator dan aki mobil anda berfungsi dengan baik dan tidak menimbulkan hal-hal aneh yang terjadi pada mobil kalian.

Sebuah alternator dalam mobil tidak memerlukan perawatan khusus, dan bisa bertahan 10 hingga 15 tahun pada pemakaian mobil. Sedangkan, yang mempengaruhi kinerja dan keawetan alternator adalah seberapa banyak komponen dalam mobil anda yang membutuhkan energi listrik.

 

Sumber Referensi :

https://www.firestonecompleteautocare.com/blog/maintenance/what-does-an-alternator-do/ 

What You Need to Know About the Function of Alternator in Car 

Related posts