Berapa Berat Mesin Cuci Ideal Serta Kapasitasnya? Perhatikan!

Ketika hendak membeli mesin cuci, pembeli perlu mengetahui informasi seputar produknya agar tidak salah beli. Karena pastinya, selain harga ada faktor-faktor lain yang harus dipertimbangkan untuk mencukupi kebutuhan di rumah pengguna.

Salah satu pertimbangan yang paling penting ketika ingin membeli mesin cuci adalah berat dan kapasitas. Maka penting untuk anda mengetahui berapa berat ideal dari tiap mesin cuci yang dibeli.

Untuk mengetahui informasinya, simak ulasan berikut yuk!

Berat Mesin Cuci Ideal

Berat Mesin Cuci Ideal
Berapa berat mesin cuci ideal?

Mesin cuci yang paling umum di pasaran saat ini ada 2 tipe, top loading dan front loading. Namun pada tipe top loading, dibagi menjadi dua jenis yang lain, satu tabung dan dua tabung.

Pertimbangan ketika memilih mesin cuci juga salah satunya adalah berat. Karena dengan memilih berat yang sesuai kalian dapat memastikan berapa ukuran dan kapasitas yang dibutuhkan untuk diletakkan di dalam rumah.

Berikut adalah berat mesin cuci ideal beserta kapasitasnya yang telah kami riset dari beberapa toko online. Kebanyakan yang kami temukan adalah merk LG, Samsung, Electrolux, Toshiba, Modena dan Aqua.

Baca juga: Berapa Dimensi Ukuran Mesin Cuci Dan Kapasitas Ideal?

Berat Mesin Cuci Top Loading 1 Tabung

berapa berat mesin cuci 1 tabung
Berapa berat mesin cuci 1 tabung?

Mesin cuci ini merupakan yang paling lazim dipakai oleh masyarakat. Bentuknya ringkas dan harganya yang relatif lebih murah membuat mesin cuci ini digemari oleh rumah tangga. Satu tabung utama mesin cuci ini digunakan untuk segala aktivitas mulai dari mencuci, membilas dan mengeringkan.

Bahan yang digunakan oleh mesin cuci top loading 1 tabung mempengaruhi beratnya. Biasanya mesin cuci berbahan metal cenderung lebih berat meskipun kapasitasnya kecil, daripada yang menggunakan bahan plastik namun kapasitasnya besar.

Berat Mesin Cuci Bukaan Atas 1 Tabung
Bobot Kapasitas
26-34 kg 7-9 kg
30.5-41 kg 10-11 kg
32-4 kg 11-13 kg
46 kg >14 kg

Berat Mesin Cuci Top Loading 2 Tabung

berat mesin cuci 2 tabung
Berat ideal mesin cuci 2 tabung

Untuk tipe ini, mesin cuci membutuhkan ruang yang lebih lebar daripada mesin cuci bukaan atas satu tabung. Sebab, seperti namanya mesin cuci ini memiliki dua tabung dan lebih lebar dari yang satu tabung.

Tabung satu berfungsi untuk mencuci dan membilas. Sedangkan yang satunya lagi untuk mengeringkan pakaian. Meskipun dimensinya lebih lebar, namun bobot pada mesin cuci ini lebih ringan dari pada mesin cuci top loading satu tabung.

Berat Mesin Cuci Bukaan Atas 2 Tabung
Bobot Kapasitas
19.5-24 kg 6-9 kg
22-28 kg 10-11 kg
26-30 kg 11-13 kg
29-35 kg >14 kg

Berat Mesin Cuci Front Load

berat mesin cuci front load
Berat mesin cuci front load

Mesin cuci front loading atau bukaan depan dianggap memiliki kemampuan cuci bersih pakaian yang lebih baik serta harganya lebih mahal dari pada yang bukaan atas. Mesin cuci ini sangat lazim kita temui pada usaha laundry dan memiliki bobot yang lebih berat dari kedua mesin cuci di atas.

Berat dari mesin cuci front loading ini cukup beragam. Namun khusus yang memiliki rangka luar berbahan metal, bobot cenderung lebih berat dibandingkan yang menggunakan plastik.

Berat Mesin Cuci Bukaan Depan
Bobot Kapasitas
25-70 kg 6.5-8 kg
33-75 kg 8-10 kg
50-78 kg 10-14 kg
46-78 kg 14-20 kg

Kenapa Perlu Memilih Mesin Cuci dengan Berat yang Ideal?

kapasitas mesin cuci
Kapasitas mesin cuci by Cleanspoof

Ada beberapa alasan kenapa pembeli perlu membeli mesin cuci dengan berat yang ideal, yaitu:

1. Berat yang Ideal Berarti Ukuran yang Ideal

Bobot dari mesin cuci itu sendiri biasa tergantung dari dimensinya. Semakin berat dan semakin besar kapasitasnya, maka akan semakin besar dimensi mesin cuci tersebut. Hal ini akan mempengaruhi penempatan mesin cuci di dalam ruangan dan berhubungan dengan poin ke-3

2. Berat dan Ukuran Kapasitas Menyesuaikan Kebutuhan

Dengan mengetahui berat ideal dari mesin cuci, anda juga bisa mengetahui berapa kapasitas yang dibutuhkan. Misal jika ada 1-2 orang di dalam rumah, maka pilihlah yang kapasitasnya 7kg.

Memilih mesin cuci sesuai kebutuhan juga merupakan sebuah keharusan. Jika pembeli memilih kapasitas 7kg dengan bobot yang ringan, sedangkan jumlah orang di rumah ada 5 dan semua pakaian dicuci secara bersamaan, bisa-bisa mesin cuci jatuh yang berujung pada kerusakan.

3. Ruangan Tetap Terjaga Estetikanya

Tentu, mesin cuci yang terlalu besar dan berat membuat keindahan ruangan jadi terganggu. Maka dari itu pilihlah mesin cuci dengan berat dan ukuran yang ideal. Selain itu berat mesin cuci yang ideal juga tidak akan menyulitkan pengguna ketika harus memindahkan mesin cuci tersebut.

Baca juga: Perbedaan Mesin Cuci Top Loading Dan Front Loading, Apa Saja?

4. Menyesuaikan Kemampuan Daya

Semakin berat bobotnya maka semakin besar juga kapasitas mesin cucinya. Begitu juga dengan konsumsi daya yang dibutuhkan. Tentu mesin berkapasitas besar dan bobot yang berat membutuhkan konsumsi daya yang lebih tinggi. Maka sesuaikan konsumsi daya mesin cuci dengan jumlah orang di rumah beserta kemampuan daya yang ada di rumah masing-masing.

Demikian adalah ulasan mengenai berat mesin cuci yang ideal berikut dengan kapasitas dan ukuran yang ideal. Semoga saat membeli mesin cuci, tidak salah pilih ya!

Tinggalkan komentar