Pintu Mesin Cuci Front Loading Tidak Bisa Dibuka? Ini Sebab Dan Solusinya!

Mungkin pernah ketika kamu ingin menaruh atau mengambil cucian, pintu mesin cuci front loading tidak bisa dibuka. Ada beberapa alasan yang menyebabkan hal ini terjadi, rata-rata terkait dengan prosedur keamanan yang disematkan oleh produsen si mesin cuci.

Pada tulisan kali ini kami akan menjelaskan tentang penyebab dan solusi untuk mengatasi pintu mesin cuci front loading tidak bisa dibuka. Mari kita mulai dulu dari penyebabnya.

Alasan Pintu Mesin Cuci Front Loading Tidak Bisa Dibuka

Pintu Mesin Cuci Front Loading Tidak Bisa Dibuka
Contoh mesin cuci jenis front loading

Secara umum, ada beberapa penyebab dari pintu mesin cuci front loading tidak bisa dibuka, beberapa diantaranya adalah:

  • Pada saat mesin cuci mulai beroperasi dan drum terisi air, pintu tidak akan terbuka untuk mencegah air di dalam drum meluap.
  • Sistem keamanan juga mencegah pintu bisa dibuka saat suhu sangat panas setelah pengoperasian, hal ini bertujuan untuk mencegah cedera.
  • Mesin cucu front loading memiliki Fitur Child lock yang berfungsi untuk menjaga anak-anak terluka karena memasukkan tangan ke mesin cuci yang sedang beroperasi, nah pintu tidak dapat terbuka ketika fitur ini aktif.
  • Jika kenop pintu mesin cuci front loading terbuat dari logam, pintu membutuhkan jeda waktu setelah pencucian selesai sebelum bisa terbuka.

Baca juga: Perbedaan Mesin Cuci Top Loading Dan Front Loading, Apa Saja?

Cara Membuka Pintu Mesin Cuci Front Loading

Pintu Mesin Cuci Front Loading Tidak Bisa Dibuka
Gambar pintu mesin cuci front loading terbuka

Ada 3 prosedur berbeda untuk membuka pintu yaitu saat operasi pencucian belum dimulai, operasi sedang terjadi dan saat operasi selesai, berikut penjelasannya satu per satu:

1. Membuka Pintu Sebelum Pengoperasian Dimulai

Pada 5 menit pertama sejak proses mencuci dimulai, kamu masih bisa menambahkan atau mengeluarkan cucian karena air di dalam drum belum terlalu tinggi. Namun ketika level air atau suhunya sudah tinggi, pintu tidak akan bisa dibuka dan indikator Door Lock akan berkedip.

Nah pada fase 5 menit awal itu bagaimana cara membuka pintu? Berikut langkahnya:

  1. Agar pintu bisa terbuka, jeda proses pencucian dengan menekan tombol Start/Pause.
  2. Kamu bisa membuka pintu untuk menambahkan atau mengeluarkan cucian.
  3. Jika kenop pintu terbuat dari logam, dibutuhkan jeda waktu dulu setelah pencucian selesai sebelum pintu bisa terbuka.

Langkah ini tidak bisa dilakukan setelah level air di dalam drum di atas titik tertentu, karena sesuai prosedur keamanan pintu utama tidak akan bisa dibuka. Di fase ini kamu bisa menggunakan cara berikutnya.

2. Cara Membuka Pintu Saat Mesin Tengah Beroperasi

Secara otomatis pintu terkunci saat drum atau tabung terisi dengan air di level yang cukup tinggi. Demi mencegah air tumpah ke luar, maka sebelum air di tabung dikosongkan pintu tidak akan bisa dibuka. Berikut prosedur yang bisa kamu lakukan untuk membuang air dan membuka pintu.

Mengosongkan Tabung dengan Fitur Spin Only

Spin Only adalah fitur di mana mesin cuci akan melakukan pengeringan tanpa melewati proses wash terlebih dahulu. Ketika mode diubah ke spin only, air akan otomatis dikosongkan. Begini cara menggunakan fungsi spin only:

  1. Tekan dan tahan tombol Spin Only selama 3 detik.
  2. Durasi Spin dan kecepatan putaran (speed) akan muncul pada display, silakan tekan tombol Spin berulang kali hingga kecepatan putaran sesuai dengan yang kamu inginkan.
  3. Untuk memulai proses spin, tekan dan tahan tombol Start/Pause.

Membuang air dari pembuangan darurat

Cara kedua adalah membuang air melalui saluran darurat, berikut caranya:

  1. Buka penutup filter
  2. Lepaskan sumbat kuras berwarna putih dari selang pembuangan darurat, air akan mengalir dari sana silakan siapkan wadah untuk menampung.
  3. Setelah terkuras, pasang dan kencangkan kembali penutup selang pembuangan darurat.
  4. Matikan mesin cuci lalu hidupkan kembali setelah beberapa saat
  5. Pintu pun sudah dapat kamu buka

3. Cara Membuka Pintu Setelah Pencucian Selesai

Setelah siklus atau durasi yang tertera di display telah selesai berbahaya untuk membuka pintu langsung setelah siklus selesai. Bukalah pintu setelah alarm selesai berbunyi.

Nah jika pencucian telah selesai dan cucian di dalam mesin cuci sudah dikeluarkan namun pintu terkunci, bagaimana cara membukanya? Caranya adalah dengan mencabut dulu kabel daya dan coba lagi membuka pintu setelah sekitar satu jam.

Demikianlah penyebab pintu mesin cuci front loading tidak bisa dibuka dan cara membukanya. Semoga informasi yang kami bagikan ini bisa membantumu.

Tinggalkan komentar