Breaking News

Arduino: Pengertian, Fungsi dan Persiapan Cara Pemrograman

Arduino adalah salah satu perangkat elektronika yang memberikan kemungkinan lebih luas bagi para teknisi atau orang yang hobi utak-atik dalam membuat alat-alat elektronik yang lebih variatif dengan lebih mudah. alat ini adalah hardware yang fungsinya dapat diatur melalui pemrograman software.

Pada artikel kali ini kami akan membahas hal seputar Arduino, mulai dari pengertian, kelebihan hingga cara mempersiapkan pemrograman Arduino. Untuk itu, kamu yang masih baru dalam hal ini bisa membaca artikel kami secara teliti, apalagi jika kamu memang punya niat untuk memulai pemrograman menggunakan Arduino.

Apa itu Arduino?

arduino adalah
Gambar perangkat Arduino

Arduino adalah microcontroller board yang dapat digunakan untuk membuat suatu prototype sistem yang dibangun dengan menggunakan Bahasa Pemrograman. Dengan menggunakan Arduino, kamu dapat membuat bermacam-macam sistem yang sesuai keinginan secara gratis karena sifatnya yang open source. Dengan bahasa pemrograman yang mudah dimengerti, Arduino sangat menarik dan mudah untuk digunakan.

Wujud dari hardware Arduino adalah sebuah papan elektronik dengan rangkaian sistem minimum mikrokontroller di atasnya. Chip Mikrokontroller yang biasa digunakan pada arduino adalah AVR buatan Atmel, seperti ATmega168, ATMega328 dan ATMega2560.

Papan Arduino memiliki beberapa kaki Pin dan port yang memiliki fungsi masing-masing. Di sini kami akan memaparakan bagian-bagian dari Arduino Uno untuk dipelajari. Kami memilih Arduino Uno karena merupakan jenis yang paling sering digunakan. Berikut adalah bagian-bagiannya:

arduino adalah
Bagian-bagian pada modul Arduino
  1. Pin digital
  2. Pin analog
  3. Pin power (5V, 3,3V, Ground, Vin, VREF/tegangan referensi)
  4. Port ICSP
  5. Port USB
  6. Soket power
  7. Tombol reset

Kelebihan Arduino

Ada beberapa kelebihan dari perangkat Arduino yang membuat modul mikrokontroller ini banyak digunakan. Berikut diantara kelebihan Arduino:

1. Harga yang terjangkau

Arduino adalah perangkat yang memiliki harga terjangkau. Hanya dengan nominal kurang dari Rp. 50.000,00 kita sudah bisa mendapatkan perangkat Arduino. Arduino memiliki harga yang terjangkau dan juga harga yang beragam. Berdasarkan survey yang dilakukan penulis, didapatkan bahwa harga terendah Arduino yang dapat ditemukan di pasaran adalah sebesar Rp. 28.000,00. Dengan harga tersebut, pembeli akan mendapatkan perangkat Arduino Pro Mini

2. Fitur yang Memadai

Walaupun murah tidak lantas membuat Arduino miskin fitur. Ketika kamu membeli satu set Arduino kamu sudah mendapatkan berbagai fitur seperti modul GPS, LAN, dan SD card reader. Selain itu, port USB yang bisa digunakan untuk sumber daya dan mentransfer data juga sudah terintegrasi dengan modul. Untuk memrogram, ada software Arduino IDE yang dapat kamu gunakan untuk menulis dan mengupload program ke mikrokotroler. Bisa dibilang modul ini sudah sangat siap pakai ketika pertama kamu membelinya.

See also  Bagaimana Prinsip Cara Kerja Laser? Simak Jawabannya!

3. Mudah Dipelajari dan Digunakan

Mudahnya dalam penggunaan dan pengoperasian, membuat Arduino adalah salah satu perangkat yang paling banyak digunakan dalam bidang Pendidikan. Penggunaan Arduino dalam bidang Pendidikan dapat ditemukan mulai dari Sekolah Menengah Tingkat Pertama hingga di bangku perkuliahan. Arduino sangat bermanfaat untuk mempermudah pemahaman seseorang terhadap pemrograman dan pembuatan perangkat.

4. Mudah didapatkan

Untuk mendapatkan Arduino di masa sekarang tidaklah sulit. Anda dapat menemukannya di berbagai platform online shopping maupun di toko komponen elektronika terdekat. Saat ini, Arduino sudah dianggap seperti suatu perangkat yang umum dan sangat dibutuhkan oleh kalangan peneliti maupun pelajar baik tingkat Sekolah Menengah hingga kalangan Mahasiswa dan Professional.

5. Bersifat opensource

Hal terbaik dari Arduino adalah bersifat terbuka atau opensource. Kita dapat berkreasi, membuat penemuan, dan berkembang menggunakan perangkat Arduino sesuai dengan keinginan kita. Sangat banyak sekali disediakan berbagai Library bahkan hingga contoh Source Code yang dapat digunakan untuk membuat program Arduino.

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki, dapat kita simpulkan bahwa Arduino adalah perangkat microcontroller yang sangat powerful. Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum menggunakan Arduino adalah mengenal dan memahami bagaimana cara kerja dan cara bagaimana memprograman Arduino.

Baca juga: Pengertian Fiber Optik: Fungsi, Komponen, Aplikasi Dan Keunggulan

Persiapan Pemrograman Arduino

Ilustrasi Pemrograman Arduino
Gambar : Ilustrasi Pemrograman Arduino

Seperti yang sudah disinggung di atas, Arduino merupakan modul microcontroller yang dapat diprogram. Untuk bahasa yang digunakan adalah Bahasa Pemrograman C. Nah namun sebelum kamu bisa mulai melakukan pemrograman pada Arduino, ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu, yaitu:

1. Menyiapkan perangkat Arduino

Sebelum mulai memprogram Arduino, hal pertama yang perlu dilakukan tentu saja menyiapkan perangkat Arduino itu sendiri. Apabila  masih belum memilikinya, kamu bisa membeli hardware Arduino ini di toko penjual komponen elektronik terdekat atau membelinya secara online melalui marketplace.

2. Mempersiapkan perangkat Laptop

Untuk memprogram Arduino kamu akan melakukannya lewat PC atau laptop. Jadi untuk itu, kamu perlu menyiapkannya agar bisa melakukan pemrograman terhadap Arduino. Dengan menggunakan laptop, kamu dapat mengunduh Arduino IDE. Arduino IDE adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan pemrograman perangkat Arduino. Dari software yang bersifat open source ini, kamu dapat menuliskan program hingga menginput library-library yang akan digunakan dalam membuat program.

See also  5 Merk Kulkas Untuk Listrik 450 Watt Terbaik 2022

3. Mendownload dan Menginstall Arduino IDE

Arduino IDE dapat diunduh melalui laman resmi milik Arduino yakni www.arduino.cc. Caranya dari halaman depan situs, masuk  ke menu software, lalu pilih laman downloads untuk mengunduh Arduino IDE seperti yang dapat kamu lihat pada gambar dibawah:

Cara Mengunduh Arduino IDE
Gambar : Cara Mengunduh Arduino IDE

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilih Installer dari Arduino IDE sesuai dengan Sistem Operasi dari Laptop ataupun PC yang kamu gunakan, seperti yang dapat dilihat pada gambar dibawah,

Mengunduh Arduino IDE
Gambar : Mengunduh Arduino IDE

Setelah proses pengunduhan selesai dilaksanakan, hal selanjutnya adalah menginstall Arduino IDE. Kamu dapat menginstall perangkat lunak ini dengan cara biasa seperti kamu menginstal program lainnya di PC. Silakan ikuti instruksinya hingga proses instalasi berhasil dilakukan.

Arduino IDE

Arduino IDE
Gambar : Arduino IDE

Arduino IDE adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat dan menuliskan program pada Arduino. Dengan menggunakan software ini, kita dapat membangun program sesuai dengan yang kita inginkan lalu mengupploadnya ke perangkat mikrokontroler.

Sebelum menggunakannya, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu bagian-bagian dari Arduino IDE itu sendiri. Silakan berikut penjelasannya:

No Icon Nama Keterangan
1

Struktur Program Arduino
Gambar : Struktur Program Arduino
Verfiy Digunakan untuk pengecekan atau verifikasi terhadap source code yang dituliskan, apakah dapat dieksekusi atau tidak dan sudah sesuai dengan kaidah penulisan atau tidak
2 Upload Digunakan untuk melakukan Upload atau pengiriman kode program dari Aplikasi Arduino IDE ke perangkat Arduino yang akan digunakan
3 New Digunakan untuk membuat file baru atau  sketch yang akan digunakan untuk membuat program baru
4 Open Digunakan untuk membuka file atau  sketch yang telah disimpan atau telah dibuka sebelumnya
5 Save Digunakan untuk menyimpan file atau  sketch yang telah ditulis
6 Serial Monitor Digunakan untuk menampilkan data hasil pemrograman pada Serial Monitor di Arduino IDE
7 Tab Digunakan untuk melakukan pengaturan pada tab yang dibuka seperti membuat tab baru, mengganti nama, hingga menghapus tab

Struktur Program Arduino

Struktur Program Arduino
Gambar : Struktur Program Arduino

Arduino dapat diprogram menggunakan Bahasa Pemrograman C dengan memanfaatkan software Arduino IDE.  Terdapat ketentuan dan struktur khusus yang diterapkan oleh Arduino IDE yanng harus diikuti dalam pembuatan program Arduino.

Namun pada dasarnya penulisan program tetap menggunakan Bahasa Pemrograman C, hanya saja struktur penulisannya memerlukan sedikit penyesuaian. Berikut adalah penjelasan terkait struktur penulisan di Arduino IDE:

No Bagian Nama Keterangan
1 Void Setup Digunakan untuk menuliskan pendefinisian nilai-nilai parameter beserta konstantanya yang akan digunakan dalam pembuatan program.
Parameter dan konstanta yang digunakan sama dengan konstanta dan parameter yang digunakan pada Bahasa Pemmrograman C. Selain konstanta, pada bagian ini juga dapat didefinisikan Pin yang akan digunakan.
2 Void Loop Digunakan untuk menuliskan inti program yang akan dibuat. Program yang dibuat dapat dengan Bahasa Pemrograman C.
Dalam penulisannya, perlu dilakukan beberapa penyesuaian dengan pemrograman Arduino, namun secara Bahasa Pemrograman tetap menggunakan Bahasa C.

Contoh Program Arduino

Contoh Program Arduino
Gambar : Contoh Program Arduino

Berdasarkan gambar diatas, dapat dilihat bahwa pada bagian Void Setup dan Void Loop dilakukan pendefinisian dengan kode :

Kode Bagian Penjelasan
pinMode(13,Output) pinMode Digunakan untuk mendefinisikan bahwa akan digunakan pin atau kaki Arduino
13 Digunakan untuk mendefinisikan nomor pin atau nomor kaki Arduino yang akan digunakan
Output Digunakan untuk mendefinisikan bahwa pin atau nomor kaki yang telah disebutkan akan digunakan sebagai Output
digitalWrite(13, HIGH); digitalWrite Digunakan untuk mendefinisikan bahwa akan dilakukan penulisan sinyal Digital
13 Digunakan untuk mendefinisikan pin atau kaki Arduino yang akan digunakan untuk menulis
HIGH Digunakan untuk mendefinisikan apa yang akan ditulis atau dijadikan output keluaran.
High disini bermaksud adalah voltase keluaran Penuh, atau dalam sistem Elektronika Digital dikenal dengan kode 1, atau dalam Bahasa lain dapat dikatakan bahwa Pin yang telah disebutkan akan dialiri arus listrik sebesar 5 Volt
delay(1000); Digunakan untuk melakukan Delay atau penundaan aktifitas selama 1000 milisecond atau 1 Detik
digitalWrite(13, LOW); digitalWrite Digunakan untuk mendefinisikan bahwa akan dilakukan penulisan sinyal Digital
13 Digunakan untuk mendefinisikan pin atau kaki Arduino yang akan digunakan untuk menulis
LOW Digunakan untuk mendefinisikan apa yang akan ditulis atau dijadikan output keluaran.
Low disini bermaksud adalah voltase keluaran Rendah, atau dalam sistem Elektronika Digital dikenal dengan koden 0, atau dalam Bahasa lain dapat dikatakn bahwa Pin yang telah disebutkan akan dialiri arus listrik sebesar 0 Volt

Upload Program Arduino

Setelah program dibuat, untuk melakukan pengecekan terkait kesesuaiaan kaidah penulisan dengan Bahasa C yang disesuaikan dengan format Arduino, dapat dilakukan pengecekan menggunakan tombol Verifiy dengan icon .

Kemudian dapat dilakukan Upload ke Arduino yang digunakan. Upload ke Arduino yang digunakan dapat dilakukan dengan cara menghubungkan Arduino dengan perangkat PC/Laptop yang digunakan. Setelah Arduino dan Perangkat terhubung, dapat langsung menekan tombol Upload dengan Icon .

Penjelasan kami di atas adalah informasi-informasi dasar yang bisa kamu pelajari mengenai Arduino. Harusnya sekarang kamu sudah paham bahwa Arduino adalah modul yang sangat berguna, karena perangkat satu ini sudah siap pakai untuk membantu keperluanmu dalam membuat sesuatu yang berbasis mikrokontroler.

Mengingat harganya yang relatif murah dan sifatnya yang open source Arduino adalah modul yang paling cocok untuk keperluan pendidikan dan hobi. Semoga membantu!

Check Also

ISOCELL HP3, Sensor Kamera 200 MP Terkecil

caramesin.com – Samsung Perkenalkan ISOCELL HP3, Sensor Kamera 200 MP Terkecil,Samsung Electronics telah memperkenalkan sensor …

Leave a Reply

Your email address will not be published.