Arduino: Pengertian, Fungsi dan Cara Pemrograman – Lengkap

Artikel ini membahas hal seputar Arduino, mulai dari pengertian, kelebihan hingga cara mempersiapkan pemrograman Arduino. Untuk itu, anda yang masih baru dalam hal ini, membaca secara teliti khususnya bagi yang ingin memulai pemrograman menggunakan Arduino. Karena kelebihannya, tak heran jika ada banyak projek yang menggunakan Arduino.

Apa itu Arduino?

Arduino merupakan microcontroller board yang dapat digunakan untuk membuat suatu prototype sistem yang dibangun dengan menggunakan Bahasa Pemrograman. Dengan menggunakan Arduino, anda dapat membuat bermacam-macam sistem yang anda inginkan. Dengan bahasa pemrograman yang mudah dimengerti, Arduino sangat menarik dan mudah untuk digunakan. Arduino memiliki berbagai kelebihan dan fungsi, antara lain :

Mudah didapatkan

Ilustrasi Pembelian melalui platfom Online Shopping
Gambar : Ilustrasi Pembelian melalui platform Online Shopping

Untuk mendapatkan Arduino di masa sekarang tidaklah sulit. Anda dapat menemukannya di berbagai platform online shopping maupun di toko komponen elektronika terdekat. Saat ini, Arduino sudah dianggap seperti suatu perangkat yang umum dan sangat dibutuhkan oleh kalangan peneliti maupun pelajar baik tingkat Sekolah Menengah hingga kalangan Mahasiswa dan Professional.

Harga yang terjangkau

Ilustrasi Saldo Keuangan
Gambar : Ilustrasi Saldo Keuangan

Arduino adalah perangkat yang memiliki harga terjangkau. Hanya dengan nominal kurang dari Rp. 50.000,00 kita sudah bisa mendapatkan perangkat Arduino. Arduino memiliki harga yang terjangkau dan juga harga yang beragam. Berdasarkan survey yang dilakukan penulis, didapatkan bahwa harga terendah Arduino yang dapat ditemukan di pasaran adalah sebesar Rp. 28.000,00. Dengan harga tersebut, pembeli akan mendapatkan perangkat Arduino Pro Mini

Fungsi dalam bidang penelitian

Ilustrasi Penelitian
Gambar : Ilustrasi Penelitian

Arduino, merupakan perangkat prototyping yang sangat banyak digunakan dan dimanfaatkan untuk melakukan penelitian. Dengan menggunakan Arduino, peneliti dapat membangun sistem maupun perangkat yang diinginkan.

Peranan dalam bidang Pendidikan

Ilustrasi Pendidikan
Gambar : Ilustrasi Pendidikan

Mudahnya dalam penggunaan dan pengoperasian, membuat Arduino adalah salah satu perangkat yang paling banyak digunakan dalam bidang Pendidikan. Penggunaan Arduino dalam bidang Pendidikan dapat ditemukan mulai dari Sekolah Menengah Tingkat Pertama hingga di bangku perkuliahan. Arduino sangat bermanfaat untuk mempermudah pemahaman seseorang terhadap pemrograman dan pembuatan perangkat.

Bersifat opensource

Ilustrasi Opensource
Gambar : Ilustrasi Opensource

Hal terbaik dari Arduino adalah bersifat terbuka atau opensource. Kita dapat berkreasi, membuat penemuan, dan berkembang menggunakan perangkat Arduino sesuai dengan keinginan kita. Sangat banyak sekali disediakan berbagai Library bahkan hingga contoh Source Code yang dapat digunakan untuk membuat program Arduino.

Hal terbaik dari Arduino adalah bersifat terbuka atau opensource. Kita dapat berkreasi, membuat penemuan, dan berkembang menggunakan perangkat Arduino sesuai dengan keinginan kita

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki, dapat kita simpulkan bahwa Arduino adalah perangkat microcontroller yang sangat powerful. Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum menggunakan Arduino adalah mengenal dan memahami bagaimana cara kerja dan cara bagaimana memprograman Arduino.

Baca juga: Pengertian Fiber Optik: Fungsi, Komponen, Aplikasi Dan Keunggulan

Persiapan Pemrograman Arduino

Ilustrasi Pemrograman Arduino
Gambar : Ilustrasi Pemrograman Arduino

Arduino merupakan perangkat microcontroller yang dapat deprogram menggunakan Bahasa Pemrograman C. Sebelum membahas terkait pemrograman Arduino, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu bagaimana cara kerja dan cara memprogram Arduino itu sendiri.

Terdapat beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum memprogram Arduino yaitu :

1. Menyiapkan perangkat Arduino

Sebelum memulai untuk memprogram Arduino, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan perangkat Arduino itu sendiri. Apabila anda masih belum memiliki perangkat Arduino, ada baiknya anda membeli ke took penjual komponen elektronik terdekat maupun membelinya secara online melalui platform online shopping.

2. Mempersiapkan perangkat Laptop

Perangkat laptop sangat diperlukan guna melakukan pemrograman terhadap Arduino. Dengan menggunakan laptop, anda dapat mengunduh Arduino IDE. Arduino IDE adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan pemrograman perangkat Arduino. Dengan Arduino IDE kita dapat menuliskan program hingga menginput library-library yang akan digunakan dalam membuat program.

3. Mendownload Arduino IDE

Arduino IDE, dapat diunduh melalui laman resmi milik Arduino yakni www.arduino.cc, kemudian dapat menuju ke menu software lalu pilih laman downloads untuk mengunduh Arduino IDE seperti yang dapat dilihat pada gambar dibawah,

Cara Mengunduh Arduino IDE
Gambar : Cara Mengunduh Arduino IDE

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah memilih Installer dari Arduino IDE sesuai dengan Sistem Operasi dari Laptop ataupun PC yang digunakan, seperti yang dapat dilihat pada gambar dibawah,

Mengunduh Arduino IDE
Gambar : Mengunduh Arduino IDE

Setelah proses pengunduhan selesai dilaksanakan, hal selanjutnya adalah menginstall Arduino IDE.

Arduino IDE

Arduino IDE
Gambar : Arduino IDE

Arduino IDE digunakan untuk membuat dan menuliskan program pada Arduino. Dengan menggunakan Arduino IDE, kita dapat membangun program sesuai dengan yang kita inginkan. Sebelum menggunakan Arduino IDE, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu, bagian-bagian dari Arduino IDE. Berikut merupakan penjelasannya :

No Icon Nama Keterangan
1

Struktur Program Arduino
Gambar : Struktur Program Arduino
Verfiy Digunakan untuk pengecekan atau verifikasi terhadap source code yang dituliskan, apakah dapat dieksekusi atau tidak dan sudah sesuai dengan kaidah penulisan atau tidak
2 Upload Digunakan untuk melakukan Upload atau pengiriman kode program dari Aplikasi Arduino IDE ke perangkat Arduino yang akan digunakan
3 New Digunakan untuk membuat file baru atau  sketch yang akan digunakan untuk membuat program baru
4 Open Digunakan untuk membuka file atau  sketch yang telah disimpan atau telah dibuka sebelumnya
5 Save Digunakan untuk menyimpan file atau  sketch yang telah ditulis
6 Serial Monitor Digunakan untuk menampilkan data hasil pemrograman pada Serial Monitor di Arduino IDE
7 Tab Digunakan untuk melakukan pengaturan pada tab yang dibuka seperti membuat tab baru, mengganti nama, hingga menghapus tab

Struktur Program Arduino

Struktur Program Arduino
Gambar : Struktur Program Arduino

Arduino dapat diprogram menggunakan Bahasa Pemrograman C, namun dilakukan melalui Arduino IDE. Dengan menggunakan Arduino IDE, terdapat ketentuan dan struktur yang harus diikuti dalam pembuatan program Arduino. Pada dasarnya penulisan program tetap menggunakan Bahasa Pemrograman C, namun struktur penulisan memerlukan sedikit penyesuaian. Berikut adalah penjelasan terkait struktur penulisan di Arduino IDE

No Bagian Nama Keterangan
1 Void Setup Digunakan untuk menuliskan pendefinisian nilai-nilai parameter beserta konstantanya yang akan digunakan dalam pembuatan program.
Parameter dan konstanta yang digunakan sama dengan konstanta dan parameter yang digunakan pada Bahasa Pemmrograman C. Selain konstanta, pada bagian ini juga dapat didefinisikan Pin yang akan digunakan.
2 Void Loop Digunakan untuk menuliskan inti program yang akan dibuat. Program yang dibuat dapat dengan Bahasa Pemrograman C.
Dalam penulisannya, perlu dilakukan beberapa penyesuaian dengan pemrograman Arduino, namun secara Bahasa Pemrograman tetap menggunakan Bahasa C.

Contoh Program Arduino

Contoh Program Arduino
Gambar : Contoh Program Arduino

Berdasarkan gambar diatas, dapat dilihat bahwa pada bagian Void Setup dan Void Loop dilakukan pendefinisian dengan kode :

Kode Bagian Penjelasan
pinMode(13,Output) pinMode Digunakan untuk mendefinisikan bahwa akan digunakan pin atau kaki Arduino
13 Digunakan untuk mendefinisikan nomor pin atau nomor kaki Arduino yang akan digunakan
Output Digunakan untuk mendefinisikan bahwa pin atau nomor kaki yang telah disebutkan akan digunakan sebagai Output
digitalWrite(13, HIGH); digitalWrite Digunakan untuk mendefinisikan bahwa akan dilakukan penulisan sinyal Digital
13 Digunakan untuk mendefinisikan pin atau kaki Arduino yang akan digunakan untuk menulis
HIGH Digunakan untuk mendefinisikan apa yang akan ditulis atau dijadikan output keluaran.
High disini bermaksud adalah voltase keluaran Penuh, atau dalam sistem Elektronika Digital dikenal dengan kode 1, atau dalam Bahasa lain dapat dikatakan bahwa Pin yang telah disebutkan akan dialiri arus listrik sebesar 5 Volt
delay(1000); Digunakan untuk melakukan Delay atau penundaan aktifitas selama 1000 milisecond atau 1 Detik
digitalWrite(13, LOW); digitalWrite Digunakan untuk mendefinisikan bahwa akan dilakukan penulisan sinyal Digital
13 Digunakan untuk mendefinisikan pin atau kaki Arduino yang akan digunakan untuk menulis
LOW Digunakan untuk mendefinisikan apa yang akan ditulis atau dijadikan output keluaran.
Low disini bermaksud adalah voltase keluaran Rendah, atau dalam sistem Elektronika Digital dikenal dengan koden 0, atau dalam Bahasa lain dapat dikatakn bahwa Pin yang telah disebutkan akan dialiri arus listrik sebesar 0 Volt

Upload Program Arduino

Setelah program dibuat, untuk melakukan pengecekan terkait kesesuaiaan kaidah penulisan dengan Bahasa C yang disesuaikan dengan format Arduino, dapat dilakukan pengecekan menggunakan tombol Verifiy dengan icon .

Kemudian dapat dilakukan Upload ke Arduino yang digunakan. Upload ke Arduino yang digunakan dapat dilakukan dengan cara menghubungkan Arduino dengan perangkat PC/Laptop yang digunakan. Setelah Arduino dan Perangkat terhubung, dapat langsung menekan tombol Upload dengan Icon .

Tinggalkan komentar