Pengertian Mesin Fotocopy Beserta Fungsinya yang Beragam

Seiring dengan teknologi yang terus berkembang, fungsi mesin fotokopy bukan lagi sekadar menjadi alat duplikasi dokumen. Alat yang ditemukan Chester Carlson ini bahkan saat ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari tugas utamanya untuk menduplikasi dokumen, memindai, hingga mencetak dokumen digital dengan cepat.

Namun, apa sebenarnya mesin fotocopy itu. Dan selain yang telah disebutkan, apa lagi fungsi mesin fotocopy lainnya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak penjabarannya di bawah ini.

Pengertian Mesin Fotocopy

Beberapa penulis dan lembaga telah mencoba mendefinisikan mesin fotokopi, diantaranya:

  • Cambridge Dictionary. Mesin fotocopy merupakan mesin yang dapat digunakan untuk membuat duplikat dokumen menggunakan proses fotografik
  • Morrison (2015). Pengertian mesin fotocopy adalah alat yang bekerja dengan memanfaatkan fotokonduktivitas dan listrik statis
  • King Research, inc, (1977). Mesin fotokopi ialah mesin yang digunakan untuk menyalin kertas asli, contohnya mesin Xerox, Olivetti, dan IBM
  • Cresswell (2004). Alat fotokopi adalah sebuah mesin yang bisa menduplikasi gambar ataupun teks
  • Damaya. Mesin fotocopy adalah mesin pengganda yang sangat cepat

Berdasarkan definisi-definisi tersebut, kita bisa mengartikan mesin fotokopi sebagai alat yang bekerja dengan memanfaatkan fotokondutivitas dan listrik statis untuk menduplikasi gambar atau teks dengan proses kerja yang cepat.

Biar lebih faham tentang teknis bagaimana fotokopi bekerja, silahkan baca postingan tentang cara kerja mesin fotocopy.

Apa Fungsi Mesin Fotocopy?

Berikut adalah fungsi dari mesin fotocopy dari yang paling umum hingga yang mainstream:

1. Duplikasi Dokumen dan Foto

fungsi fotocopy menduplikat
Ilustrasi fungsi fotocopy menduplikat dokumen

Manfaat utama alat ini adalah untuk menduplikasi dokumen. Umumnya, dokumen yang dapat diduplikat adalah dokumen kertas atau yang berbentuk pipih.

Kegunaan tersebut sangat bermanfaat dalam dunia percetakan buku, aktivitas akademik, hingga keperluan birokrasi. Tak mengherankan bila banyak jasa fotocopy bertebaran di sekitar gedung kampus dan pemerintahan.

2. Scanning

Scanning adalah proses mengubah dokumen tercetak menjadi file digital. Meski awalnya fitur tersebut tidak tersedia, namun saat ini, fitur scanning justru menjadi salah satu fungsi mesin fotocopy yang paling utama.

Sebab fitur ini diperlukan untuk berbagai kebutuhan. Misalnya untuk men-scan KTP, tanda tangan, hingga lembar persetujuan.

3. Mencetak Dokumen Digital

fotocopy bisa mencetak file
Ilustrasi fotocopy sebagai printer

Fungsi mesin fotocopy yang tak kalah penting adalah kemampuannya untuk mencetak dokumen digital. Fitur tersebut pada awalnya hanya terdapat pada printer.

Dan uniknya, kemampuan ini berhasil menurunkan biaya printing lho. Opsi print fotokopi pun menjadi pilihan favorit dibanding print di alat printer. Selain itu, proses printing mesin fotocopy juga relatif cepat, apalagi untuk file berwarna hitam putih.

4. Memperbesar dan Memperkecil Ukuran Teks dan Gambar

Dulu, hasil copy-an yang kita dapatkan ditentukan oleh kondisi dokumen tersebut. Bila tulisan pada dokumen berukuran kecil, misalnya, maka hasilnya pun kecil.

Namun, hal seperti itu sudah bisa diatasi saat ini. Dengan teknologi baru, mesin bisa memodifikasi ukuran huruf hingga gambar baik mengecilkan ataupun membesarkan.

5. Fungsi Mesin Fotocopy untuk Mengirimkan File

Sama seperti fungsi printer, ternyata alat ini juga bisa digunakan untuk mengirimkan file. Pengiriman bisa dilakukan via email ataupun fax.

Fitur tersebut sangat membantu mereka di dunia kerja yang seringkali harus berkirim file dengan cepat. Tak perlu repot-repot, kita tinggal mengandalkan mesin fotokopi.

Baca juga: Fungsi mesin printer yang harus kamu tahu!

6. Mempermudah Pengaturan Hasil Fotocopy

Kegunaan paling mendasar alat ini, seperti dijelaskan pada bahasan pengertian mesin fotokopi di atas adalah untuk membuat duplikat dokumen. Dan kini, semakin banyak fitur baru untuk mempermudah fungsi utama tersebut. Misalnya saja fitur duplex dan collation.

Fitur duplex memungkinkan hasil fotokopi yang tercetak pada 2 sisi kertas. Sedangkan fitur collation memungkinkan mesin untuk mengubah arah hasil fotocopy setiap pergantian file.

7. Fungsi Mesin Fotocopy untuk Mencari File PDF

fungsi mesin fotocopy lainnya
Ilustrasi fungsi fotocopy yang tak kalah mainstream

Beberapa alat fotokopi memiliki teknologi Optical Character Recognition. Teknologi ini memungkinkan pendektesian tulisan pada hasil pindai dokumen.

Suatu saat ketika kita lupa nama file tersebut, kita bisa mencarinya dengan menuliskan frasa yang kita ingat. Teknologi ini akan memunculkan file-file dengan frasa tersebut.

8. Menandai Lubang Staples

Lubang staples bisa membuat kertas mudah dimasukkan dalam binder atau dijilid dengan tali. Dan ternyata beberapa mesin fotokopi bisa memberikan tanda untuk lubang staples.

Dus, kita tak perlu repot-repot menandai posisi lubang secara manual. Fungsi mesin fotocopy ini jelas sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkannya.

9. Membuat Booklet Jadi Lebih Mudah

Booklet adalah buku kecil yang biasanya digunakan untuk keperluan ringan. Misalnya untuk membuat panduan organisasi, hafalan doa, dan lainnya.

Salah satu manfaat alat fotokopi rupanya mencakup kemampuannya untuk pembuatan booklet. Kita tinggal melakukan pengaturan pada documen untuk kemudian langsung dicetak.

Simpulan tentang Pengertian Mesin Fotocopy dan Fungsinya

  1. Secara definitif, mesin fotokopi adalah alat yang digunakan untuk membuat duplikat teks maupun gambar dengan memanfaatkan fotokonduktivitas dan listrik statis.
  2. Fungsi alat ini semakin berkembang dan saat ini bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan.

Meski sederhana, ternyata alat ini cukup menarik ya?

Tinggalkan komentar