10+ Ide Modifikasi Mobil Katana Inspiratif, Simple Namun Elegan!

Di tahun ini, tren akan mobil era 90an kembali muncul, salah satunya pada mobil SUV keluaran Suzuki, yaitu Katana. Mobil off-road ini pertama kali rilis di Indonesia pada tahun 1983 dan meraih masa keemasannya di era 1990 an hingga 2000 an.

Suzuki Katana merupakan saudara dari Suzuki Jimny. Perbedaan terbesarnya terdapat pada sistem penggerak rodanya. Suzuki Jimny menggunakan pengaturan 4×4. Sedangkan Suzuki Katana menggunakan pengaturan 4×2. Itulah kenapa mobil yang satu ini sering disebut sebagai “Jimny Banci”.

Untuk urusan dapur pacu, Suzuki Katana ditenagai mesin 1.000cc 4 silinder. Pada zamannya, ukuran mesin 1.000cc merupakan kapasitas standar untuk mobil SUV off-road compact. Hal ini sejalan dengan dimensi kecil Katana yang mempunyai panjang 3.100 mm, lebar 1.460 mm, dan tinggi 1.800 mm. Dengan ukuran tersebut, Katana hanya bisa memuat 4 orang termasuk 1 sopir.

Meskipun ukurannya tergolong kecil, Katana punya headroom yang tinggi dan luas. Sehingga kabin dalam tidak terasa sempit. Lalu, karena mobil ini merupakan hasil produksi dari tahun 1990an, jadi modelnya pun cukup sederhana. Tampilan Katana lebih mirip SUV perkotaan dibandingkan off-road. Sehingga banyak orang yang memodifikasi Suzuki Katana agar terlihat lebih tangguh dan keren.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan mengulas beberapa gambar modifikasi mobil Katana beserta tips-tipsnya, simak!

Gambar Inspirasi Modifikasi Suzuki Katana

Mulai dari Katana DX sampai GX, berikut adalah gambar modifikasi mobil Katana yang pastinya lebih keren dan modern dari tampilan orisinalnya.

Suzuki Katana Jimny
Contoh Modifikasi Mobil Katana Tampilan Jimny

 

Modifikasi Suzuki Katana Off-Road
Foto Modifikasi Suzuki Katana Offroad Terbaru

 

Modifikasi Katana
Kumpulan Gambar Modifikasi Mobil Katana Terkeren

 

Modifikasi Suzuki Katana Jimny
Contoh Foto Modifikasi Mobil Katana Jimny

10+ Inspirasi Gran Max Modif Simple, Pick Up dan Konvensional!

Katana Offroad Orange
Gambar Referensi Modifikasi Mobil Katana

 

Katana Modif Simple
Mobil Suzuki Katana Modif Simple

 

Suzuki Katana Hijau
Modifikasi Suzuki Katana Untuk Harian

 

Katana GX Modif Kuning
Modifikasi Mobil Katana GX Terbaru

 

Modifikasi Katana Offroad Jeep
Mobil Katana Modifikasi Off Road

 

JDM Katana
Gambar Suzuki Katana Modif JDM

 

Modifkasi Katana Terkeren Biru
Contoh Modifikasi Mobil Katana Terkeren

 

Modifkasi Katana Off Road Oranye
Variasi Modifikasi Mobil Katana

*Disclaimer: tidak satupun gambar di atas kami claim kepemilikannya, watermarked hanya bertujuan agar gambar lebih unik saja. terima kasih

Pilihan Modifikasi Mobil Katana

Modifikasi pada Suzuki Katana tidak harus selalu tampil off-road untuk terlihat keren. Bentuk SUV compact yang satu ini lebih fleksibel untuk dimodifikasi karena lebih minim fitur dan harganya lebih terjangkau dari Suzuki Jimny. Maka berikut adalah model modifikasi mobil Katana yang bisa kalian pilih beserta tipsnya!

1. OEM Look

Original Equipment Manufacturer (OEM Look) pada modifikasi Suzuki Katana mengedepankan orisinalitas dari parts mobil tersebut. Para pecinta mobil biasa menyebutnya dengan restorasi. Pertama, warna asli dari body dan komponen yang ada harus dipertahankan. Adapun sticker decal yang harus dipasang pada bagian body untuk mempertahankan ciri khas dari Suzuki Katana itu sendiri. Untuk interiornya juga pasanglah komponen orisinal dari Suzuki Jimny atau Katana.

Baca juga: Ulasan Interior Mobil Daihatsu Sigra Manual Serta Fiturnya!

2. Off-Road

Karena basic mobil Katana adalah SUV off-road, maka tidak jarang temuan mobil Katana dengan model yang lebih off-road. Sehingga tampilannya terlihat lebih sangar dan keren. Cara pertama adalah dengan mengubah sistem penggerak kaki-kaki dari 4×2 menjadi 4×4. Selanjutnya mengganti ban menjadi tipe off road.

Yang terakhir adalah mengganti suspensi aftermarket yang berfungsi untuk menerjang jalanan rusak. Inti dari modifikasi ini adalah membuat Katana menjadi lebih tangguh ketika bermain lumpur dan berkendara di jalan yang berkontur. Modifikasi juga dapat dilakukan dengan memasang pengaman pada bagian kanan dan kiri mobil alias bumper tambahan.

3. JDM

Jika memilih model modifikasi Suzuki Katana yang satu ini, biasanya tampilan akan berkiblat pada Jimny JA11. Yaitu Jimny lama yang dipasarkan di Jepang. Selain itu komponen dari modifikasi JDM harus kalian perhatikan karena biasanya komponen hanya terdapat di Jepang dan kalian harus mengimpornya sendiri. Pada intinya, komponen yang perlu diganti untuk mengubah Katana menjadi Jimny JA11 adalah pada grill, bumper, spion, atap trepes dan velg.

4. Modifikasi Harian dan Simple

Modifikasi yang satu ini cocok untuk yang ingin Katana-nya terlihat keren namun tetap mempertahankan fungsionalitas mobilnya. Karena modifikasi untuk harian, maka tidak perlu terlalu banyak ubahan pada komponennya. Contohnya dengan mengganti komponen yang baru atau komponen aftermarket sehingga nyaman pengemudi gunakan untuk bermobilitas.

Selain itu pada bagian ban, gantilah menjadi ban jenis H/T karena sebagian besar aktivitas pengendara berada di jalan raya dan bukan jalan-jalan rusak. Sehingga pastinya mobil akan jauh lebih nyaman daripada menggunakan ban off road.

Baca juga: 10+ Ide Modifikasi Mobil Suzuki Carry Pick Up Futura Terbaru

5. Tampilan Jimny

Suzuki Katana memiliki harga yang lebih murah dari Suzuki Jimny. Namun kebanyakan pecinta mobil mengeluhkan beberapa kekurangan mobil Katana ini. Terutama pada tampilannya yang sangat seperti SUV perkotaan dan kaku. Sehingga dengan harga yang lebih murah tersebut para pecinta modifikasi mengubah Suzuki Katana dengan menggunakan komponen dari Suzuki Jimny.

Tinggalkan komentar