Breaking News

4 Jenis ODP (Optical Distribution Point) Serta Cara Pemasangannya

Optical Distribution Point atau ODP adalah perangkat pendukung pada layanan fiber optik yang berfungsi sebagai titik terminasi kabel drop optik. ODP menjadi tempat untuk membagi satu core optic ke beberapa pelanggan. Peran ODP pada jaringan optik adalah sebagai tempat sambungan jaringan optik single-mode terpasang, sehingga perangkat ini akan menjadi penghubung antara kabel fiber optik distribusi dengan kabel drop.

Instalasi Optical Distribution Point berada di luar ruangan, sehingga perangkat ini mempunyai beberapa karakteristik yang membuatnya cocok untuk ditempatkan secara outdoor, yaitu tahan akan korosi, tahan perubahan cuaca serta kokoh. Fitur-fitur yang ada di dalam ODP diantaranya adalah optical pigtail, connector adaptor, ruang untuk splitter dan juga ruang manajemen fiber.

ODP juga bisa dikelompokkan menjadi beberapa jenis berdasarkan bentuk dan penempatannya. Nah di tulisan ini kami akan menjelaskan tentang jenis-jenis ODP dan pemasangannya. Silakan disimak berikut penjelasan kami.

Jenis-Jenis ODP

Seperti dibahas di atas, ada beberapa jenis ODP yang dibedakan berdasarkan bentuk serta cara pemasangannya, yaitu ODP Pole, ODP Closure, ODP Pedestal dan juga ODP Solid. Berikut penjelasan masing-masing jenis tersebut:

1. ODP Pole

jenis odp
Gambar perangkat ODP Pole

Seperti namanya, ODP pole adalah jenis yang dipasang melekat pada tiang alias pole. Baik di tiang telkom ataupun provider lain, kamu mudah menemukan ODP jenis ini terpasang di sana, karena memang jenis ODP yang disebut juga dengan ODP Wall ini pemakaiannya sudah lebih dulu daripada jenis lain sehingga sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia untuk distribusi jaringan optik ke komplek-komplek perumahan. Namun sayangnya, jenis ini sudah mulai tidak dikembangkan sehingga untuk pemasangan baru ODP pole sudah tidak digunakan lagi.

See also  6 Fungsi Throttle Position Sensor Pada Sistem Valve Kendaraan

2. ODP Closure

jenis ODP
Gambar perangkat ODP Closure

ODP Clousure adalah jenis ODP yang hanya bisa dipasang pada kabel SCPT dan kabel SSW. Pemasangan dari jenis ini bisa dilakukan baik pada pertengahan gawang sedikit berjarak dengan tiang maupun sangat dekat dengan tiang. Kamu juga bisa dengan mudah menemukan jenis ODP ini di jalanan.

3. ODP Pedestal

jenis ODP
Gambar perangkat ODP Pedestal

Berbeda dengan jenis sebelumnya, ODP Pedestal ini tidak dipasang di atas di dekat tiang, namun di permukaan tanah. Penggunaan ODP jenis ini merupakan alternatif untuk daerah seperti area perkantoran atau komplek yang tidak memungkinkan untuk ditanami tiang sama sekali. Selain itu, Jenis ini juga bisa jadi solusi untuk daerah yang ingin bersih dari pemandangan kabel yang menggelantung.

Bagian dalamnya tidak begitu berbeda bahkan bisa dibilang sama dengan jenis ODP Pole, namun biasanya ODP pedestal dilindungi oleh semacam tong berwarna hijau. Bentuk tong pelindung tersebut mungkin akan membuatmu melihat ODP jenis ini tampak mirip dengan tong sampah.

Baca juga: Pengertian Optical Power Meter (OPM): Fungsi, Jenis dan Cara Penggunaannya

4. ODP Solid

jenis odp
Gambar perangkat ODP Solid

Cara pemasangan ODP Solid sama seperti ODP Pole, namun kemasan ODP jenis ini dibuat lebih bagus dan rapi. Karena penampilannya yang jauh lebih rapi ini membuat ODP Solid menggeser penggunaan ODP pole untuk pembangunan Fiber optik. Hal ini membuat ODP Pole lebih jarang digunakan bahkan sudah tidak dikembangkan lagi.

Cara Pemasangan Perangkat ODP

Cara pemasangan ODP
Ilustrasi cara pemasangan ODP

Pemasangan ODP perlu disesuaikan dengan peruntukannya, seperti dijelaskan di atas, ODP Pole dan ODP Solid hanya dipasang pada tiang, ODP Pedestal dipasang di permukaan tanah dan pemasangan ODP Closure hanya boleh dilakukan pada kabel SCPT dan kabel SSW baik di dekat Tiang atau pada pertengahan tiang (pole).

See also  Pengertian ODC (Optical Distribution Cabinet), Komponen Serta Fungsinya

Sementara untuk teknis pemasangan kabel pada ODP adalah dengan cara memetik salah satu core dari kabel distribusi secara urut. Kemudian core yang diambil tersebut akan dimasukkan ke dalam “passive splitter.” Biasanya passive splitter yang digunakan pada ODP adalah pasif 1/8, di mana satu input core akan di split alias dibagi menjadi delapan 8 output/pelanggan.

Nah itulah pembahasan kami mengenai Jenis-Jenis Optical Distribution Point (ODP) dan bagaimana cara pemasangan ODP di jaringan fiber optik. Informasi ini termasuk pengetahuan dasar untuk para teknisi atau para praktisi fiber optik.

Check Also

Cek Harga Dan Spesifikasi Laptop Acer Swift X (SFX14-41G) Dengan Performa Maksimal

Cek Harga Dan Spesifikasi Laptop Acer Swift X (SFX14-41G) Dengan Performa Maksimal

caramesin.com - Cek harga dan spesifikasi laptop Acer Swift X Maximum Performance (SFX14-41G). Ketika datang ke laptop, saya pasti mencari komputer yang ringan. Namun, performanya harus sangat tinggi dan Acer memperkenalkan SwiftX. Untuk Acer SwiftX (SFX14-41G) yang sudah memiliki line ID. Swift ini tipis, ringan, elegan dan memiliki karakter yang sangat bertenaga. Acer Swift X [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.