Mini Printer Berfungsi Untuk Apa? Berikut 6 Kegunaannya!

Mini printer berfungsi untuk apa ya? Tak sedikit orang yang bertanya demikian. Sebab, banyak yang menganggap bahwa fungsi pencetak hanya bisa ditemukan pada printer biasa. Lagipula, apa bedanya alat ini dengan yang konvensional?

Secara umum, mini printer bisa diartikan sebagai alat cetak atau print yang memanfaatkan energi panas untuk menghasilkan tulisan atau gambar pada kertas thermal. Dalam istilah yang lain, alat ini sering disebut sebagai printer thermal.

Kita dengan mudah bisa menjumpai alat tersebut di toko-toko hingga loket masuk. Sebab ianya banyak digunakan untuk membuat struk pembayaran hingga karcis.

Dan terkait dengan kebermanfaatannya, ternyata alat ini bisa memberikan banyak kemudahan, lho. Misalnya saja 6 hal di bawah ini.

Fakta Mini Printer Berfungsi Untuk Beragam Kebutuhan

Berikut beberapa fungsi mini printer alias printer thermal dalam berbagai kebutuhan:

1. Mencetak Struk Pembayaran dan Karcis

kegunaan mini printer
Cetak struk. Image: pxfuel.com

Fungsi paling populer pencetak mungil ini adalah untuk mengubah data transaksi digital dalam bentuk tercetak. Fungsi ini sangat bermanfaat bagi toko modern yang telah menerapkan sistem ala minimarket dan supermarket.

Serupa dengan manfaat tersebut, mini printer juga bisa digunakan untuk membuat karcis. Misalnya saja karcis parkir gedung bangunan, konser, hingga jalan tol.

Rekomendasi baca: Fungsi printer konvensional yang sudah tidak lazim

2. Mencetak Barcode untuk Berbagai Keperluan

mini printer berfungsi untuk apa
Cetak barcode. Image: carulla.com

Barcode adalah kumpulan data optik yang dapat dibaca oleh mesin. Barcode digunakan sebagai penyimpan informasi produk yang penting untuk inventaris. Proses pencetakan barcode bisa dilakukan pada printer, baik yang konvensional ataupun yang kecil.

Pembuatan barcode dengan mini printer sendiri akan sangat membantu para pelaku usaha kecil menengah (UMKM). Mereka yang menjual Thai Tea, humburger pinggir jalan, dan lainnya tak perlu pusing bila ingin membuat barcode sendiri.

3. Membuat Label

Menurut KBBI, label adalah sepotong kertas berisi informasi suatu produk yang ditempelkan pada kemasan produk terkait. Informasi yang dimaksud bisa berisi mengenai nama produk, brand, hingga tanggal kadaluarsa.

Bagi Anda yang bertanya-tanya mengenai mini printer berfungsi untuk apa saja selain pembuatan struk, maka pembuatan label adalah jawabannya. Ya, alat ini memang tak sekedar mesin yang dipakai di kasir semata. Dan sama seperti kemampuannya menghasilkan barcode, fungsi ini juga sangat membantu pelaku UMKM.

4. Mencetak Foto dan Stiker

fungsi mini printer
Foto printer – Image: Wikipedia.com

Proses cetak gambar dengan warna-warna beragam juga bisa dilakukan pada mesin mungil tersebut. Anda bisa mengubah foto selfie di handphone hingga desain stiker yang menarik dalam bentuk tercetak hanya dalam waktu yang cukup singkat.

Yang menarik, printer mini untuk foto ini menggunakan teknologi Zink atau Zero Ink (tanpa tinta). Warna pada foto berasal dari lapisan coating yang diaplikasikan pada permukaan kertas. Pada lapisan tersebut terdapat kristal-kristal transparan yang akan berubah warna ketika dikenai panas tertentu.

Baca juga: Cara kerja printer inkjet dan laser

5. Mencetak Dokumen

Beberapa mini printer juga bisa digunakan untuk mencetak dokumen sebagaimana biasanya. Namun, untuk fungsi tersebut, jenis yang digunakan jelas berbeda dengan tipe untuk mencetak struk pembayaran.

Varian untuk mencetak dokumen memiliki bentuk memanjang. Ia lebih besar namun tetap mudah dibawa kemana-mana. Cara kerjanya juga mengandalkan metode thermal sehingga tidak membutuhkan injeksi tinta secara berkala.

mini printer berfungsi untuk mencetak dokumen
Image: yoybuy.com

6. Fungsi Ganda sebagai Alat Transaksi

Bila printer konvensional memiliki manfaat ganda sebagai mesin email dan fax, maka mini printer berfungsi untuk alat transaksi juga. Fungsi ini terkait pada manfaat mini printer yang dijelaskan pada poin pertama. Ya, sebab sebagai pencetak struk, alat ini biasanya memang diintegrasikan dengan mesin gesek ATM hingga dompet digital.

Tinggalkan komentar