Pengertian Scanner Dan 10 Fungsinya yang Harus Kamu Tahu!

Scanner adalah suatu alat elektronik yang sering kita manfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Alat ini mampu mendukung kegiatan belajar siswa, membantu proses pengarsipan dokumen bersejarah, hingga dapat diandalkan dalam bidang medis.

Apa definisi alat ini menurut para ahli? Dan apa saja fungsi yang ditawarkannya? Langsung saja, mari simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Scanner Menurut Ahli

  1. Joyrup Bhattacharya. Scanner adalah suatu alat untuk proses input gambar dan dokumen dan menyimpannya dalam bentuk digital di komputer.
  2. Sanjay Saxena. Scanner ialah mesin input yang digunakan untuk entri data secara langsung dari suatu sumber dokumen ke dalam sistem komputer.
  3. Mohini Arora. Alat scan merupakan sebuah mesin input yang digunakan untuk mengubah dokumen atau foto tercetak ke dalam wujud digitalnya.
  4. P. Gulati. Scanner yaitu sebuah mesin input yang digunakan untuk meng-copy dokumen tercetak menjadi suatu memori komputer dan mengubah gambar menjadi sebuah data digital. Scanner dapat membaca teks, gambar, dan barcode.
  5. Oswaal Editorial Board. Definisi scanner yakni mesin input yang digunakan untuk memasukkan suatu copy dari gambar ke komputer.

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa dikatakan bahwa scanner adalah sebuah mesin input yang digunakan untuk mengubah copy dokumen atau gambar tercetak ke dalam bentuk digitalnya dalam sistem komputer. Alat ini juga bisa diandalkan untuk membaca teks, gambar, maupun kode seperti barcode.

Fungsi Scanner

Adapun kegunaan dan fungsi mesin scanner ialah:

1. Mengarsipkan Dokumen dan Foto Lama

fungsi scanner
Kegunaan scanner sebagai alat arsip

Banyak teks dan foto penting yang rentan mengalami kerusakan karena usianya yang semakin tua. Dengan alat scan, kedua jenis dokumen tersebut bisa diarsipkan dalam wujud digital sehingga sejarah tak akan terhapus begitu saja.

2. Memudahkan Pengiriman dan Sharing Dokumen

Dokumen yang telah diarsipkan dengan alat scan bukan hanya bisa disimpan dalam folder-folder komputer. Dokumen tersebut juga bisa dikirimkan ataupun dibagikan ke orang lain.

Misalnya, pengiriman proposal, TDS (technical data sheet), hingga gambar hasil scan via email, fax, maupun media sosial. Dibanding proses pengiriman secara konvensional, pengiriman produk digital jelas lebih mudah dan cepat dilakukan.

3. Mendukung Kegiatan Akademik

fungsi scanner
Ilustrasi fungsi scanner memindai file

Salah satu fungsi utama scanner adalah kebermanfaatannya dalam bidang akademik. Mesin ini bisa membantu pelajar dan mahasiswa untuk men-scan catatan kuliah, buku, hingga gambar untuk dipelajari di laptop ataupun komputer. Selain itu, alat ini juga bisa digunakan untuk mengubah makalah hingga dokumen skripsi dalam wujud digital.

4. Menggandakan Dokumen

Alat scan memang bukan mesin fotokopi. Meski demikian, bersama dengan printer, mesin input ini juga bisa diandalkan dalam proses penggandaan dokumen. Anda tinggal mencetak saja dokumen yang sudah di-scan dengan mesin input ini menggunakan printer.

5. Memindai Barcode, QR Code, dan Kode lainnya

fungsi scanner
Ilustrasi fungsi scanner memindai barcode

Alat scan, khususnya yang diintegrasikan dalam berbagai smartphone, umumnya bisa digunakan untuk memindai QR code. Pemindaian tersebut bermanfaat untuk tujuan identifikasi hingga konfirmasi. Misalnya saat transaksi jual beli di mana aplikasi e-payment yang digunakan meminta konfrimasi pembayaran dengan scan QR code.

Fungsi serupa juga ditujukan pada alat scan barcode. Alat tersebut pada dasarnya bekerja dengan memecahkan kode pada barcode dan mengirimkan hasilnya ke komputer. Umumnya, alat scan barcode digunakan untuk mengetahui informasi suatu produk, seperti mengenai harganya.

6. Membangun Sebuah Model Digital

Saat ini telah berkembang mesin scanner 3D (3 dimensi). Mesin ini bisa digunakan membantu proses pemodelan 3D secara digital berdasarkan proses scanning pada objek 3D itu sendiri.

Penggunaan mesin ini memang masih terbatas. Umumnya alat tersebut baru digunakan untuk kebutuhan industri beskala besar dan kesehatan.

7. Membantu Analisis Objek 3D

Selain bisa digunakan untuk menghasilkan pemodelan tiga dimensi, alat scanning 3D juga bisa membantu proses analisis holistic dari objek yang di-scan tersebut. Proses analisis ini biasanya dilakukan dengan bantuan software khusus yang didesain untuk mendeteksi eror dan ketidaksesuaian.

8. Mengubah Klise Menjadi Gambar Digital

Beberapa alat scan seperti film scanner berfungsi mengubah klise (negative) menjadi gambar digital. Fungsi ini akan memudahkan mereka yang punya hobi fotografi atau bekerja dalam bidang tersebut. Dengan kegunaan ini, mereka bisa bekerja lebih cepat dan hemat.

9. Menjaga Keamanan

fungsi scanner untuk keamanan
Fungsi scanner untuk keamanan

Alat scan juga bisa membantu mewujudkan keamanan, khususnya pada fasilitas publik. Misalnya saja di bandara di mana sering diterapkan proses full body scanning.

Proses tersebut dijalankan dengan sebuah alat scan khusus yang bisa menunjukkan benda-benda yang dibawa oleh seseorang. Meski kadang menuai kritik terkait isu privasi, namun full body scanning cukup efektif digunakan untuk mencegah tindak kriminal.

10. Membantu Menganalisis Kondisi Kesehatan

Fungsi scanner juga bisa kita temukan dalam bidang medis. Misalnya saja pada CT-scan. Namun berbeda dengan proses scanning gambar biasa, CT scan memanfaatkan sinar khusus yang mampu memperlihatkan area-area yang tak terlihat dengan mata telanjang. Dengan hasil tersebut, tindakan medis yang tepat bisa ditentukan oleh dokter.

Tinggalkan komentar