Ini 6 Fungsi Manifold Gauge, Alat Wajib Untuk Teknisi AC!

Fungsi manifold gauge sangatlah vital bagi mereka yang bekerja dalam bidang servis alat elektronik, khususnya untuk AC. Tanpa alat ini, pekerjaan akan lebih sulit dilakukan.

Coba bayangkan bila seorang pelanggan datang ke tempat Anda dan mengatakan bahwa AC mobilnya tak berfungsi dengan baik. Tentu Anda tidak bisa mendiagnosis masalah tersebut secara tepat hanya dengan mengira-ngira.

Ilmu teknik bertumpu pada data-data di lapangan. Alat seperti manifold gauge pun menjadi salah satu perlengkapan vital yang harus digunakan untuk mengatasi masalah yang dikeluhkan.

Jack Erjavec dan Thompson dalam bukunya ‘Automotive Technology: A System Approach’ menjelaskan bahwa alat ini berguna untuk charging hingga mendiagnosis kondisi AC. Supaya lebih jelas, berikut ini rincian manfaat manifold gauge yang tak dapat diabaikan.

Apa Saja Fungsi Manifold Gauge?

Berikut fungsi manifold gauge yang sudah kami rangkum:

1. Mengecek Tekanan

fungsi manifold gauge
Mengukur tekanan. Image: olx.com

Terdapat 2 saluran dalam sistem AC yang bisa dibedakan menurut tekanannya. Yang pertama adalah saluran bertekanan tinggi yang ukurannya lebih kecil, dan yang kedua adalah saluran bertekanan rendah yang ukurannya lebih besar.

Anomali tekanan pada salah satu atau kedua saluran tidak seharusnya terjadi. Pembacaan tekanan pun perlu dilakukan saat maintenance atau ketika masalah mulai dikeluhkan. Manifold gauge yang didesain untuk membaca tekanan pada sistem, bisa digunakan untuk keperluan tersebut.

Langkah pengetesan dengan alat ini bisa dimulai dengan memasang selang merah pada bagian bertekanan tinggi dan selang biru pada bagian bertekanan rendah. Setelah itu, pembacaan dapat dilakukan untuk kemudian dicocokkan dengan standar yang ideal menurut produk AC tersebut.

2. Mendeteksi Adanya Kerusakan pada AC

Hasil pengecekan tekanan oleh manifold gauge bisa menjadi modal awal untuk deteksi kerusakan lebih lanjut. Contoh, ditemukan bahwa tekanan pada bagian high pressure tidak setinggi standarnya. Pun begitu tekanan pada low pressure justru terlalu tinggi dari standarnya.

Ketidakwajaran seperti ini bisa disebabkan karena masalah pada satu atau lebih komponen AC. Misalnya kerusakan pada bagian kompresor, kebocoran, kerusakan pada evaporator, hingga kerusakan pada dryer.

3. Menambah dan Mengurangi Refrigerant

fungsi manifold gauge
Membantu proses refrigerant

Selain untuk mendeteksi masalah pada AC, fungsi manifold gauge yang juga tak bisa diabaikan adalah kemampuannya untuk menambah ataupun mengurangi refrigerant. Sebagaimana yang kita tahu, refrigerant adalah bahan yang penting dalam proses pendinginan.

Refrigerant berfungsi untuk menyerap suhu panas sehingga temperatur turun. Jumlah refrigerant dalam sistem tidak boleh berlebihan ataupun terlalu sedikit. Refrigerant yang berlebihan bisa merusak kompresor, sedangkan yang terlau sedikit bisa menyebabkan sistem pendinginan tak bekerja dengan baik.

4. Menyedot Udara dan Kelembaban

Agar bisa bekerja dengan baik, sistem AC harus dalam kondisi vakum dan tanpa humiditas. Adanya kelembaban, misalnya, dapat menyebabkan masalah serius di mana sistem akan mengalami pembekuan.

Manifold gauge merupakan alat yang bisa digunakan untuk kebutuhan ini. Alat tersebut bisa diandalkan untuk memvakumkan dan menyedot kelembaban. Barulah setelah sistem benar-benar dalam kondisi vakum dan tidak lembab, refrigerant bisa dimasukkan.

5. Menjaga Kenyamanan

ac mobil
AC pada mobil. Image: pxfuel.com

Dengan fungsinya sebagai detektor kerusakan hingga charging sistem (memasukkan refrigeran), pada akhirnya manifold gauge berperan dalam mewujudkan kenyamanan pengguna. Ingat, fungsi AC sangat penting bagi kita yang tinggal di negara tropis.

Suhu yang panas dan udara lembab akibat kerusakan pada AC bisa membuat pengalaman berkendara menjadi mimpi buruk. Maintenance AC dengan alat ini pun menjadi kunci untuk kenyamanan yang didambakan.

6. Mencegah Kerugian Lebih Besar

Kerusakan yang lebih parah bisa terjadi bila masalah pada Air Conditioner tidak dideteksi sejak dini. Dus, sebagai detektor hingga alat vakum, manfaat manifold gauge pun mencakup kemampuannya menghindarkan seseorang dari kerugian finansial lebih besar.

Coba bayangkan, bila ternyata ada kebocoran kecil yang mulanya sudah terdeteksi lewat abnormalitas tekanan pada sistem. Namun Anda menyepelekan dan tidak melakukan pemeriksaan lanjut. Bukan tak mungkin, kebocoran akan semakin membesar dan ujung-ujungnya, Anda harus keluar uang lebih banyak untuk biaya servis.

Tak mau itu terjadi, bukan? Oleh sebab itu, selalu optimalkanlah semua fungsi manifold gauge yang dijelaskan di atas. Sebab pada akhirnya, alat ini benar-benar bisa membantu pengguna produk AC.

Tinggalkan komentar