Breaking News

Cara Memperbaiki Layar Laptop Bergaris

caramesin.com – 7 Cara Memperbaiki Layar Laptop Bergaris dan Kerusakan Lainnya,“Duh, kok layar laptop di rumah terus kedip-kedip ya?” Mungkin Anda sering menghadapi masalah ini dalam berbagai keadaan, tidak hanya di rumah tetapi di mana-mana.

Layar laptop memang menjadi bagian yang sangat penting karena tanpa kehadirannya Anda tidak bisa melihat setiap pekerjaan yang dilakukan di laptop.

Selain itu, part ini juga sering mengalami berbagai error, mulai dari flicker, lag, misfire.

Untuk menyiasati masalah tersebut, Anda diajak untuk mempelajari lebih dalam tentang “mata” laptop ini, berbagai jenis layar laptop dan berbagai jenis kerusakan yang umum terjadi, serta solusi efektif untuk mencegah hal tersebut terjadi lagi pada laptop Anda.

Jenis layar laptop

Selama ini ada berbagai jenis layar laptop yang banyak tersedia dari merek-merek ternama di dunia. Dari yang paling mahal hingga yang paling ekonomis, semua orang menggunakan sistem ini.

Jadi tipe apa layar laptop Anda? Masing-masing memiliki pro dan kontra. Berikut adalah beberapa

1.LCD

Liquid Crystal Display atau yang biasa disebut dengan LCD merupakan jenis layar laptop yang paling umum digunakan pada laptop seri sebelumnya, lebih tepatnya pada laptop versi awal hingga tahun 2009. Perlu Anda ketahui jika LCD adalah kumpulan molekul kimia cair yang dekat dengan arus listrik.

Oleh karena itu, molekul-molekul ini dapat menciptakan cahaya, yang merupakan sumber cahaya di layar laptop Anda. Secara tampilan, layar LCD terlihat tebal dengan slot kabel yang dilubangi.

Selain itu, layar laptop jenis ini membutuhkan daya yang lebih besar, sehingga layar ini harus terhubung ke inverter yang mampu membuatnya tetap menyala secara permanen.

Salah satu hal yang membuat laptop tidak menggunakan layar LCD setelah itu adalah konsumsi daya. Laptop hanya bekerja maksimal 2 jam.

  • Keuntungan dari layar LCD
  • harga suku cadang rendah
  • Resolusi gambar bagus
  • Kualitas gambar sangat tinggi.
  • Kekurangan layar LCD
  • Pemborosan listrik
  • Tidak ramah lingkungan
  • Radiasi layar dapat merusak mata.

2. LED

Jika LCD terlihat seperti kristal cair yang terbuat dari molekul kimia bermuatan listrik, dioda pemancar cahaya atau LED menggunakan molekul kimia dengan teknologi CCFL atau menggunakan lampu fluorescent yang memancarkan cahayanya sendiri. Layar laptop jenis ini dapat memancarkan cahaya tampak dan tidak terlihat, mirip dengan cahaya inframerah yang dapat digunakan untuk melihat dalam kegelapan total. Oleh karena itu, LED dapat menghasilkan tampilan yang lebih cerah dan stabil.

See also  PTC Adalah: Pengertian, Jenis, Karakteristik dan Aplikasinya

Cocok untuk mereka yang memiliki profesi yang berhubungan dengan ketajaman visual grafis. Layar LED Laptop merupakan layar generasi kedua yang digunakan sebagai komponen layar laptop setelah layar LCD tidak digunakan lagi.

Dibandingkan dengan LCD, LED mengkonsumsi lebih sedikit energi dan tidak memerlukan konverter. Oleh karena itu, laptop yang dirilis setelah tahun 2009 lebih hemat baterai dan dapat digunakan dalam waktu lama.

Secara fisik, tidak ada perbedaan yang signifikan antara LCD dan LED. Keduanya dikenal memiliki bentuk yang tebal. Perbedaannya terletak pada kabel inverter, yang tidak lagi Anda temukan di layar LED.

Terlepas dari perbedaan ini, keduanya sama-sama pandai memproyeksikan cahaya ke layar laptop. Namun, dalam perkembangannya, semakin banyak lampu LED tumbuh di sini.

Pada tahun 2013, Slim LED lahir, lampu LED yang lebih tipis dari pendahulunya.

Selain itu, jenis layar laptop ini lebih hemat energi dibandingkan dua jenis sebelumnya. Awalnya, Slim LED hanya digunakan di laptop kelas premium.

Namun, karena harga mulai turun, laptop kelas menengah juga mulai digunakan. Keuntungan:
Lebih hemat energi, layar lebih cerah, layar lebih tahan lama, lebih ramah lingkungan.
kekurangan
Bahannya lebih mahal dan lapisannya lebih tipis dan lebih sensitif terhadap sentuhan.
Ukuran layar laptop yang diketahui

Setelah Anda mengetahui berbagai jenis layar laptop yang biasa Anda gunakan sehari-hari, hal berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah berbagai ukuran layar laptop yang tersedia di pasaran.

Hal ini sangat penting untuk diketahui karena berdampak besar pada kinerja laptop yang Anda miliki atau beli.

Ukuran layar juga mempengaruhi kenyamanan Anda selama beraktivitas. Apalagi jika Anda duduk di depan layar laptop Anda. Beberapa ukuran layar tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.

1. Ukuran layar laptop 9-12 inci

Ukuran layar laptop 9-12 inci ini umumnya sama dengan netbook, yaitu jenis laptop kecil dengan harga terjangkau dengan daya tahan baterai yang umumnya pendek.

See also  Cara Kerja Sistem ABS Dan fungsi Nya

Laptop dengan ukuran layar 9 hingga 12 inci sangat cocok untuk berselancar dan aktivitas ringan lainnya.

2. Ukuran layar laptop 11-14 inci

Jika ukuran layar laptop sebelumnya milik netbook, maka ukuran layar laptop 11-14 inci milik ultrabook. Ini adalah kategori laptop baru di dunia.

Laptop ini tipis dan memiliki prosesor dan baterai yang kuat. Ini sangat mobile dan cocok untuk orang yang sering jauh dari sumber listrik.

3. Ukuran layar laptop 14 hingga 15 inci

Layar laptop dengan ukuran ini biasanya digunakan di laptop. Perhatikan juga bahwa laptop dengan ukuran ini biasanya dilengkapi dengan prosesor Intel dual-core, RAM yang cukup, dan media penyimpanan setidaknya 256 GB.

Laptop dengan ukuran layar ini sangat ideal untuk tugas-tugas kantor yang membutuhkan kenyamanan dan performa.

Selain itu, beberapa jenis laptop dengan ukuran layar mulai dari 14-15 inci juga didesain khusus untuk kebutuhan gaming dan multimedia.

Layar laptop 4,17 inci atau lebih besar
Ukuran layar laptop di atas 17 inch biasanya dimiliki oleh laptop yang tergolong tipe desktop replacement yang ditujukan sebagai pengganti PC portable. Laptop dengan ukuran layar ini biasanya berkinerja relatif baik.

Layar laptop ini sangat ideal untuk pengguna yang membutuhkan kinerja PC untuk tugas-tugas yang sangat mobile seperti pengeditan dan rendering video jarak jauh, dan desain jarak jauh.

Cara memperbaiki layar laptop yang rusak

Kini saatnya mengenal (get, get) teknologi masa kini yang berasal dari layar laptop. Jika sudah mengetahui detail jenis dan ukuran laptop, kerusakan yang biasa terjadi pada laptop cukup berbeda.

Jelas, masing-masing memiliki penyebab dan konsekuensi yang berbeda. Berikut adalah beberapa.

1. Perbaiki layar laptop yang berkedip

Layar laptop berkedip biasanya disebabkan oleh berbagai faktor seperti resolusi layar yang terlalu tinggi, daya yang tidak stabil, VGA yang bermasalah.

Tentu saja layar yang buram ini sangat mengganggu mata, apalagi jika digunakan dalam waktu yang lama. Laptop yang berkedip-kedip juga umumnya kurang memuaskan karena menampilkan gambar pada resolusi yang lebih rendah. Terutama ketika Anda membutuhkan grafik yang detail untuk kebutuhan desain dan pengeditan Anda. Untuk melakukan ini, pastikan dulu penyebab tampilan layar laptop berkedip.

See also  4 Jenis ODP (Optical Distribution Point) Serta Cara Pemasangannya

Jika penyebabnya ternyata resolusi yang terlalu tinggi, Anda bisa menurunkannya menggunakan pengaturan di Control Panel. Sedangkan jika masalahnya adalah catu daya yang tidak stabil, solusinya adalah dengan menggunakan stabilizer atau memperbaiki komponen yang terpasang di layar laptop.

Untuk masalah VGA, tidak ada pilihan lain selain membawanya ke service center karena VGA yang terpasang di laptop agak sulit dideteksi. 2. Memperbaiki garis layar laptop dan getaran karena kecerobohan
Layar laptop yang berkedip dan berkedip saat dihidupkan biasa terlihat pada laptop dengan layar yang masih menggunakan sistem LCD. Namun, jika hal ini juga terjadi pada tampilan LED, maka itu mungkin.

Hal ini biasanya disebabkan oleh laptop yang terus-menerus membuka dan menutup atau jatuh pada siku laptop. Akibatnya, layar terganggu karena kerusakan atau bagian yang lepas. Solusi utama untuk menghindarinya adalah dengan membongkar layar laptop untuk melihat apakah ada bagian yang lepas atau rusak. Jika longgar, dapat dibenarkan pada posisi semula.

Namun jika masalahnya lebih kompleks, sebaiknya segera bawa laptop ke bengkel terdekat.

3. Perbaiki goresan dan getaran pada layar laptop karena perangkat keras

Ciri utama dari layar laptop yang terdistorsi umumnya adalah tampilannya yang bergaris-garis dan lincah. Masalah seperti itu biasanya jarang terjadi, tetapi bisa sangat mengganggu ketika terjadi.

Dalam kebanyakan kasus, deformasi menyebabkan layar laptop bergetar karena kerusakan pada komponen perangkat keras laptop.

Misalnya, kabel output video longgar atau sistem operasi tidak diatur dengan benar. Jika Anda memiliki masalah dengan sistem operasi Anda, Anda dapat memeriksanya langsung dari BIOS.

Jika Anda puas dengan layar BIOS, Anda dapat menginstal ulang sistem operasi. Sementara itu, jika masalahnya terletak pada kabel output yang longgar, Anda harus membongkar layar.

4. Memperbaiki Layar Laptop Hitam (Blank Screen)

Juga dikenal sebagai layar laptop mati atau layar kosong atau layar laptop hi

Check Also

Cek Harga Dan Spesifikasi Laptop Acer Swift X (SFX14-41G) Dengan Performa Maksimal

Cek Harga Dan Spesifikasi Laptop Acer Swift X (SFX14-41G) Dengan Performa Maksimal

caramesin.com - Cek harga dan spesifikasi laptop Acer Swift X Maximum Performance (SFX14-41G). Ketika datang ke laptop, saya pasti mencari komputer yang ringan. Namun, performanya harus sangat tinggi dan Acer memperkenalkan SwiftX. Untuk Acer SwiftX (SFX14-41G) yang sudah memiliki line ID. Swift ini tipis, ringan, elegan dan memiliki karakter yang sangat bertenaga. Acer Swift X [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.